Comscore Tracker

Bikin Kagum, 5 Lagu KPop Ini Ternyata Menyinggung Isu Bullying

Ada lagu favorit kalian? #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Berbagai isu sosial sebenarnya sudah sering dibahas dalam berbagai lagu KPop. Tentunya, hal ini membuat banyak masalah di kehidupan nyata mendapatkan banyak perhatian. Bahkan, topik yang diangkat pun terkadang terang-terangan berupa sindiran.

Isu bullying atau penindasan rupanya sudah sering juga dibahas dalam beberapa lagu KPop, lho. Sama halnya seperti lima lagu di bawah ini. Semuanya mengangkat isu tentang bullying yang gak boleh kalian lewatkan untuk didengar.

1. BLACKPINK-You Never Know

https://www.youtube.com/embed/4Kk_iaaHd_Y

Lagu "You Never Know" yang berada pada album bertajuk The Album, nyatanya membahas tentang keterpurukan atas komentar jahat orang lain. Memiliki kesan galau, lagu ini pun membahas tentang perjuangan yang gak mungkin diketahui orang lain.

Kamu bakal menyadari betapa bullying dalam bentuk komentar jahat akan sangat mengusik ketenangan hidup orang lain lewat lagu ini. Lagu ini juga bisa membuat kamu lebih berhati-hati dalam berkomentar ke depannya.

2. RM BTS ft. Wale -Change

https://www.youtube.com/embed/9rAyprZdo7o

RM dan rapper Wale benar-benar menyinggung soal diskriminasi, rasis, hingga cyber bullying pada lagu ini. Isu sosial tersebut memang marak terjadi, sesuai realita, dan bahkan masih relevan untuk berbagai masalah saat ini.

Namun, ada pula harapan agar dunia dapat berubah lebib baik yang disebutkan dalam lirik lagu ini. Penuh makna dan asyik didengarkan, lagu ini nyatanya memang layak diapresiasi karena berani membahas kekacauan dunia. 

Baca Juga: 5 Lagu KPop dengan Pesan Ampuh tentang Masalah Sosial

3. NU'EST-Face

https://www.youtube.com/embed/gyXy0m-4bvE

Lagu "Face" ini merupakan lagu debut milik boy group NU'EST. Para member menyuarakan tentang banyak hal yang terjadi di kehidupan remaja. Menjadi isu sosial yang masih amat marak terjadi, lagu ini juga menyinggung tentang bullying dan diskriminasi di lingkungan sekolah.

Apalagi, liriknya membahas soal orang yang bersikap seenaknya terhadap orang lain. Menariknya, musik video bagi lagu ini memperlihatkan bullying yang sesuai dengan liriknya, lho.

4. BTS-21st Century Girl

https://www.youtube.com/embed/JKlFuOpPhrk

BTS rupanya menyinggung tentang standar kecantikan lewat lagu "21st Century Girl" yang rilis tahun 2016 lalu. Lagu ini seperti realita, di mana banyak orang suka seenaknya mengomentari penampilan orang lain, hanya karena gak sesuai dengan standar kecantikan selama ini.

Tentu, asal berkomentar dan membuat orang lain jadi nggak percaya diri termasuk tindakan bullying secara verbal. Bullying verbal masih dianggap sepele, padahal perlu menjadi perhatian dan termasuk isu yang nggak bisa dibiarkan.

5. B.A.P-What The Hell

https://www.youtube.com/embed/-jVlRwddvUA

B.A.P selalu bisa menyinggung isu sosial berdasarkan kejadian nyata yang terjadi, termasuk dalam lagu yang berjudul "What The Hell". Berada pada album Power, "What The Hell" menyinggung media dan polisi yang menutup-nutupi kejadian sebenarnya demi melindungi pelaku kriminal.

Lagu ini mendeskripsikan pula soal korban yang pada akhirnya nggak mendapatkan pertolongan, sebab dibiarkan begitu saja walaupun kasusnya berat. Lagu ini juga sesuai dengan kasus bullying yang biasa terjadi, di mana pelaku yang berkuasa kerap dilindungi hingga makin bersikap seenaknya sendiri. 

Tentu, lagu-lagu KPop di atas dengan berani menyuarakan isu bullying yang terkesan sensitif dan terjadi di berbagai lingkungan. Diharapkan pula banyak orang menjadi lebih peduli pada isu ini, karena bullying sama sekali tidak bisa dianggap sepele.

Baca Juga: 5 Lagu KPop Ini Punya Nada Tinggi Melengking, Yakin Bisa Cover? 

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya