Comscore Tracker

6 Lagu KPop yang Menyinggung Soal Standar Kecantikan, Sudah Tahu? 

Tertarik dengerin, gak, nih? 

Lagu-lagu KPop memiliki lirik yang beragam, sehingga tak membosankan untuk mencari tahu soal makna lagu-lagu KPop sebenarnya. Terlebih, telah banyak lagu KPop yang kini membuat pendengarnya merasa terhubung. Ada pula lagu yang dipenuhi sindiran, dengan lirik yang tajam dan mengibaratkan banyak hal.

Mungkin, keberagaman itulah yang membuat lagu KPop begitu disukai, sebab tak hanya menyinggung perkara cinta saja. Di bawah ini, ada beberapa lagu KPop yang menyinggung soal standar kecantikan. Penasaran apa saja? Yuk, simak! 

1. Ugly - 2NE1

https://www.youtube.com/embed/z4GbJCnd8xI

2NE1 memang terkenal mempunyai lagu-lagu yang menunjukkan kekuatan wanita. Namun, salah satu lagu mereka, Ugly, memiliki lirik yang menggambarkan rasa rendah diri. Berbanding terbalik dengan musiknya yang bernuansa rock, lirik lagu ini mendeskripsikan rasa jengkel pada diri sendiri karena selalu merasa kurang. Juga, mendadak iri terhadap orang yang dianggap jauh lebih menarik. 

Perasaan rendah diri itu sebetulnya wajar. Apalagi standar kecantikan saat ini rasanya makin tak masuk akal. Tak heran apabila banyak wanita yang merasa jelek hanya karena tak dapat memenuhi standar kecantikan saat ini.

Duh, mending segera mengubah pandangan terhadap standar kecantikan, biar lebih percaya diri dan tak asal menilai orang lain jelek. Sama-sama saling menghargai lebih baik, yakin pula bahwa setiap orang punya pesonanya masing-masing. 

2. Yes I Am - MAMAMOO

https://www.youtube.com/embed/hDhr5zxts10

Lagu ini terkesan adiktif, liriknya dipenuhi makna positif. Menggambarkan soal kepercayaan diri tiap anggota MAMAMOO, juga hal-hal menarik yang membuat mereka percaya diri. MAMAMOO mengajak pendengar lagu ini lebih menampilkan gaya yang apa adanya, tanpa perlu memikirkan standar orang lain.

Bahkan walaupun gayamu terkesan terlampau klasik atau biasa sekalipun bagai orang lain. Pun, walaupun kamu memiliki pipi yang tidak tirus, kamu harus tetap bangga karena itu warisan dari orangtuamu. 

Baca Juga: Sering Di-cover, Ini 8 Lagu KPop Legendaris Akhir Abad 20 yang Ikonik

3. Just Right - GOT7

https://www.youtube.com/embed/vrdk3IGcau8

GOT7 berhasil menyampaikan pesan positif melalui lagu ini. Liriknya sesuai dengan musiknya yang asyik didengarkan. Terkesan menghibur, lagu ini menyampaikan kepada wanita untuk percaya terhadap kecantikan diri sendiri tanpa perlu banyak mengubah hal-hal yang sudah ada. Meskipun mungkin banyak orang yang seolah mengungkap ada bagian darimu yang kurang atau tampak tak menarik. 

Musik videonya pun sangat menarik untuk ditonton. Ada seorang remaja yang mematut dirinya di cermin pada musik video itu, ia tampak ingin mengubah beberapa bagian dari wajahnya. Namun, anggota GOT7 langsung muncul dan membuat remaja itu jadi lebih percaya diri. Boleh kamu tonton, deh! 

4. Black Happiness - Yoon Mirae

https://www.youtube.com/embed/ws9KI_KLWEs

Yoon Mirae dengan berani mengungkapkan kebencian orang-orang terhadap orang berkulit gelap selama ini. Orang berkulit cerah selalu dianggap jauh lebih menarik, makanya, masih banyak wanita yang rela membayar mahal demi mencerahkan kulit.

Hal ini biasanya dilakukan agar tak mendapatkan cibiran lagi, demi mengikuti standar yang sudah ada. Namun, Yoon Mirae secara berani menyatakan pada akhir lagunya bahwa tiap wanita perlu menjadi lebih kuat dan percaya pada diri sendiri. 

5. Beautiful - Amber

https://www.youtube.com/embed/ETTmFOHG4rs

Amber merupakan selebriti Korea yang berani tampil beda. Ia sosok wanita yang kerap tampil dengan gaya yang terkesan seperti lelaki. Tak heran, ia mendapatkan begitu banyak komentar kebencian. 

Namun, melalui lagu ini, Amber mendeskripsikan betapa ia ingin bersinar dengan penampilannya yang apa adanya. Di bagian rap, Amber menyatakan perlu menahan rasa sakit hati saat menghadapi komentar jahat dan lebih berani menunjukkan dirinya yang sebenarnya demi mimpinya.

Tak perlu sesuai standar, kamu juga pasti dapat bersinar dengan gayamu yang apa adanya. Perlu menjadi sosok yang pantang menyerah. 

6. No - CLC

https://www.youtube.com/embed/2YL0JbWcE8U

Lagu ini membuat CLC meraih lebih banyak perhatian. Lagu ini memiliki nuansa dansa yang kuat, serta suara bass yang mendominasi. Liriknya begitu tegas, menyinggung soal materialisme yang dianggap sebagai konsep kecantikan bagi perempuan.

Secara blak-blakan, CLC menolak barang-barang yang dianggap harus dimiliki perempuan agar tampak menarik lewat liriknya juga musik videonya. Barang seperti aksesoris, tas tangan, serta lipstik merah dianggap barang yang perlu dimiliki, juga menjadi standar bagi perempuan. CLC menolak hal macam itu, lebih memilih mengenakan hal-hal yang disukai. Tak peduli juga akan kekhawatiran orang lain mengenai gaya yang apa adanya. 

Nah, itulah 6 lagu KPop yang menyinggung soal standar kecantikan. Kamu suka yang mana, nih? Apakah kamu merasa terhubung dengan lagu-lagu tersebut? Jangan lupa untuk tetap mencintai dirimu yang apa adanya, ya.

Tak perlu terlampau memikirkan standar kecantikan yang menuntut terus tampil sempurna saat ini. 

Baca Juga: 5 Lagu KPop Ini Bikin Kamu Makin Mencintai Diri Sendiri, Yuk Dengerin!

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

Winner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya