Comscore Tracker

5 Anime Bergenre Dark Comedy, Selera Humor yang Sadis!

Tertawa di atas penderitaan karakter

Dark comedy atau komedi gelap merupakan sebuah genre komedi yang membuat lelucon tentang subjek sensitif seperti bullying, kekerasan fisik, shaming, pembunuhan dan hal-hal tabu lain yang dianggap serius di kehidupan nyata.

Nyatanya, komedi gelap cukup disukai karena jokes-nya yang lebih frontal dan berani. Apalagi jika penonton mengerti konteks yang disinggung. Dark comedy telah berkembang menjadi genre film, serial TV dan juga anime. Anime salah satu yang paling populer mengusung genre komedi gelap ini. Tentu saja karena mudahnya membuat animasi daripada melakukan syuting yang dipenuhi berbagai batasan.

Berikut ini adalah rekomendasi 5 anime dark comedy paling 'lucu', Check it out !

1. Welcome to N.H.K!

https://www.youtube.com/embed/RQP5dLeBEII

Welcome to NHK awalnya merupakan sebuah light novel karya penulis Tatsuhiko Takimoto yang kemudian di adaptasi menjadi anime berjumlah 24 episode yang mulai tayang tahun 2006. Anime berfokus pada kehidupan kaum hikikomori, hikikomori  merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang menarik diri dari kehidupan sosial dan menghabiskan sebagian besar waktunya mengunci diri di kamar sambil bermain Internet. Atau istilah gaulnya 'Nolep'.

Sang karakter utama Katsuhiro Sato adalah hikikomori yang merupakan DO-an Universitas yang telah menganggur selama 4 tahun. Dia memiliki delusi bahwa hidupnya yang ngenes itu merupakan konspirasi dari suatu lembaga yang dia sebut N.H.K. Namun dia kemudian bertemu dengan seorang gadis misterius bernama Misaki yang menawarkan bantuan untuk melepaskan Sato dari kehidupan nolep nya. 

Anime ini punya jokes banyak yang lucu namun kadang juga terkesan dark dengan adegan-adegan slapstick yang sadis namun terlihat konyol. Anime juga banyak mengandung swearing  sebagai lelucon. Satu lagi, anime ini mengambarkan sebuah upaya bunuh diri dalam konteks umum bahkan sebagai jokes.

2. Hozuki's Coolheadedness

https://www.youtube.com/embed/01sIxAFUEtw

Anime yang sudah berjalan selam 2 season ini merupakan adaptasi dari manga karya Natsumi Eguchi yang menceritakan kehidupan para penghuni neraka yang entah bagaimana tidak jauh beda dari dunia manusia. Anime ini banyak mengambil referensi dari mitologi dan cerita rakyat terutama dari Jepang.

Anime berfokus pada kehidupan sehari-hari dari Hoozuki wakil dari Lord Enma sang penguasa nereka. Hoozuki adalah iblis yang santai namun punya sifat sadis. Neraka dikelola seperti sebuah perusahaan namun sayangnya Hoozuki merupakan bos terburuk dari yang terburuk. 

Ber-setting di neraka tentu saja lelucon yang dibawakan dalam anime ini berupa dark comedy. Entah dari tingkah Hoozuki yang tanpa ampun menyiksa para manusia yang masuk neraka hingga aksi balas dendamnya pada penduduk yang telah mengorbankanya sebagai tumbal karena meminta hujan. Semua adegan yang seharusnya serius tersebut dibikin komedi.

3. Bludgeoning Angel Dokuro-chan

https://www.youtube.com/embed/Pxo6tZ0ZSPQ

Anime adaptasi dari light novel bernama Bokusatsu Tenshi Dokuro-chan  merupakan short anime yang tayang pertama tahun 2005 dan disusul season keduanya 2 tahun kemudian. Bludgeoning Angel Dokuro-chan bisa dikatakan anime yang paling mendeskripsikan genre dark comedy.

Menceritakan seorang siswa SMA bernama Sakura Kusakabe yang dimasa depan akan melakukan sebuah kejahatan besar yang akan mengancam kepunahan umat manusia. Oleh karena itu dikirimlah seorang dewi dari masa depan untuk membunuhnya. Namun sang dewi yang bernama Dokuro mengambil inisiatif lain yakni mencegahnya untuk memulai tindak kriminalnya di masa depan.

Setiap si Sakura bikin kesalahan atau melakukan tindak mencurigakan, Dokuro akan menghantam kepala Sakura dengan gadanya sampai tewas lalu menghidupkanya kembali dengan sihirnya. Hal tersebut merupakan running joke yang kadang bikin ketawa terbahak-bahak atau malah bikin cringe. Yang jelas humor utama yang ditawarkan adalah penyiksanaan Dokuro kepada Sakura.

Baca Juga: 5 Episode Terbaik dalam Anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood

4. Zan Sayonara Zetsubou Sensei

https://www.youtube.com/embed/jyE9L7xeJvA

Zan Sayonara Zetsubou Sensei  atau dapat diartikan 'Goodbye, Mr. Despair'  adalah anime bergenre dark comedy. Anime satir yang satu ini juga mengkritik kondisi politik, media masa dan kehidupan sosial masyarakat Jepang. Selain mendapatkan adaptasi anime, manga karya Koji Kometa ini juga mendapatkan adaptasi OVA.

Nozomu Itoshiki adalah guru dianggap aneh oleh seluruh sekolah, dia merupakan wali kelas dari 2-F yang juga terkenal aneh. Nozomu punya motif gila yakni ingin mengajarkan muridnya aspek negatif dari kehidupan sosial. Namun malah selalu dapat masalah karenanya. Semakin lama hidup Nozomu semakin bertambah rumit dan gila.

Anime ini punya selera humor yang beda. Anime ini banyak menceritakan cerita konyol tentang sikap manusia dalam menghadapi berbagai hal kehidupan secara berlebihan. Digambarkan oleh siswa-siswi dari Nozomu. Seperti overoptimistic yang tidak tahu konsekusensi suatu hal dan seorang perfeksionis yang bahkan rela berbuat di luar nalar.

5. Gugure! Kokkuri-san

https://www.youtube.com/embed/Kktj7HRIQi0

Anime ini merupakan adaptasi dari manga humor 4 panel karya dari komikus Midori Endo. Anime komedi ini menceritakan kehidupan seorang roh yang mecoba mengasuh anak manusia.

Menceritakan Kohina Ichimatsu yang dihantui oleh roh rubah bernama Kokkuri setelah melanggar aturan bermain permianan mistis. Namun bukanya menakut-nakuti Kohina, Kokkuri malah freak out  melihat kehidupan Kohina yang serba soliter. Akhirnya Kokkuri malah ingin menjadi orang tua asuh Kohina.

Anime ini punya banyak momen humor gelap seperti saat Kokkuri yang mencoba bunuh diri saat melihata keadaan Kohina, serta beberapa adegan sadis yang dibawakan secara komikal untuk hiburan para penonton.

 meskipun sering menuai kontroversi genre dark comedy tidak dapat dipungkiri adalah sumber humor yang berpotensi dan kini telah berkembang dalam media hiburan. Apakah anime di atas berhasil membuat kamu tertawa terbahak-bahak ? jika iya berarti kamu punya selera humor yang extraordinary !

Baca Juga: 5 Anime Terbaik yang Pernah Ada Menurut Rating MyAnimeList

Mito Rudito Photo Verified Writer Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan. Lebih asik lagi jika ditemani kacang..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya