Comscore Tracker

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangen

Nobar bareng temen tiap sore

Anime bergenre sports adalah salah satu genre paling diminati khususnya oleh anak laki-laki. Captain Tsubasa sebagai contohnya, saking populernya kadang anak-anak melakukan roleplay pada saat bermain bola bersama di lapangan. Entah berpura-pura menjadi tokoh karakter atau menirukan tendangan-tendangan pamungkas di animenya.

Pastinya, sekarang ini kebanyakan yang menonton anime-anime sports yang tayang di televisi di era kejayaan anime di Indonesia sudah tumbuh dewasa semua.

Sekedar untuk nostalgia inilah 10 anime olahraga yang pernah tayang di Indonesia, Check it out !

1. Captain Tsubasa

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangenramenparados.com

Captain Tsubasa menjadi yang paling terkenal jika membahas anime bergenre olahraga, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Jepang sendiri. Berkat kepopuleran anime ini nomor punggung 10 dijadikan angka keramat yang selalu jadi rebutan anak-anak. 

Antusias anak-anak dengan Captain Tsubasa juga membuat mereka meneriakkan signature move dari karakter-karakter yang ada di anime ini. Captain Tsubasa sudah ditayangkan sejak tahun 90an dan kemudian selalu ditayngkan semua versi nya di Indonesia. Yang terakhir Captain Tsubasa versi 2018 ditayangkan awal tahun 2019 ini di RCTI.

Siapa sih yang nggak hafal sama lagu wajibnya Captain Tsubasa, Dragon Screamer. Kamu dengerin lagunya di bawah ini.

https://www.youtube.com/embed/jUQWq_1U3NE

2. Eyeshield 21

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangenwww.youtube.com

Ditayangkan siang hari sepulang sekolah, Eyeshield 21 menjadi tontonan wajib. Eyeshield 21 menceritakan tim American football dari jepang, Demon Devil Bats untuk menjadi juara nasional.

Karakter utamanya adalah Sena, seorang siswa junior yang memiliki bakat berlari yang laur biasa tapi memiliki fisik lemah. Dia dipaksa kapten tim Hiruma untuk bergabung di timnya. Sena yang tidak ingin identitasntya diketahui lantas menggunakan visor/eyeshield dan menjadi bintang lapangan.

Apakah kamu salah satu dari sekian banyak anak-anak yang coba-coba main American Football karena terinspirasi anime ini ?

https://www.youtube.com/embed/AbUtHSZO9TQ

3. Gambare, Kickers !

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangenalchetron.com

Anime yang dimirip-mirpkan dengan Captain Tsubasa karena kemiripan karakternya. Anime ini pertama ditayangkan di Indosiar tahun 95-97 kemudian di rerun kembali di TPI (sekarang MNC TV) tahun 2003. 

Menceritakan Kakeru Daichi yang baru saja pindah ke SD Kitahara. Sekolah tersebut ternyata memeliki tim sepakbola dan kebetulan kekurangan striker. Kakeru yang sangat menyukai sepak bola kemudian mendaftar, berkat skill bermain bolanya yang hebat kakeru diterima menjadi anggota tim SD Kitahara yang dinamai Kickers. Kakeru bersama dengan tim barunya berambisi untuk memenangkan kejuaraan sepak bola antar sekolah.

https://www.youtube.com/embed/K32aORZVnjM

4. Idanten Jump

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangenidatenjump.fandom.com

Masih ingatkah kamu dengan anime balap sepeda yang super keren ? Anime ini menceritakan Sho Yamato, bocah yang sangat mengemari Mountain Bike (MTB) dan berulang kali ikut balapan MTB. Yamato memiliki sepeda kesayangan yang dinamakan "flame kaiser" buatan sang ayah yang juga adalah mantan juara MTB dunia.

Suatu hari Yamato dan kedua temanya Makoto dan Kakeru terdampar ke dunia yang dinamai Zona-X, disana mereka harus menjadi juara balap sepeda untuk bisa kembali pulang.

Jangan takut bosan nonton anime ini, karena balapan sepedanya dibuat sangat seru dengan unsur-unsur fantasi. Pokoknya bukan balapan sepeda biasa !

Baca Juga: 7 Hal Klise yang Hampir Selalu Ada di Setiap Anime, Sadar Gak?

https://www.youtube.com/embed/FnxCbcxgBbg

5. Hungry Heart: Wild Striker

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangenaminoapps.com

FYI pencipta anime Hungry Heart dan Captain Tsubasa diciptakan oleh mangaka yang sama, Yoichi Takahashi. Yoichi membuat mangan ini atas dasar dukunganya dengan timnas jepang yang sedang bertanding di piala dunia 2002.

menceritakan Kyosuke Kanou, anak berandalan yang punya hobi sepak bola. Kyosuke memang selalu ada dalam bayangan kakaknya Seisuke yang punya bakat sepak bola, bahkan Seisuke telah direkrut ke AC Milan setelah lulus sekolah. Kyosuke yang selalu benci dibandingkan dengan kakaknya lalu bergabung ke tim SMA Jyoyo dan membuktikan jika dirinya patut bersanding dengan Seisuke. 

https://www.youtube.com/embed/qjONq5kN6mE

6. Dragon League

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangenyoutube.com

Anime sepak bola yang lain dariapada yang lain, karena kebanyakan pemainya adalah dinosaurus dan naga. Dulunya anime ini pernah tayang di stasiun TV ANTV dan Spacetoon.

Anime ini menceritkan Tokio yang harus merubah ayahnya yang telah dirubah menjadi naga oleh Leon, seorang kapten sepak bola terkenal di kota Elevenia. Yang juga adalah negara dengan sepak bola paling maju. Tokio harus memasuki turnamen sepak bola dan mengalahkan Leon untuk bisa merubah ayahnya kembali.

Masih hafalkah lirik lagu opening versi Indonesia dari anime ini ?

https://www.youtube.com/embed/QWFMSPP_BLc

7. Slam Dunk

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangenwww.walmart.com

Sebelum Kuroko no Basuke mendominasi sebagai anime basket paling dikenal, Anak Indonesia terlebih dulu kenal dengan Slam Dunk, anime basket lawas yang super keren yang dulu jadi tontonan wajib di channel TV 7.

Seorang berandalan bernama Hanamichi Sakuragi yang naksir dengan Haruko Akagi yang suka banget dengan dunia basket. Sakuragi yang ingin menarik perhatian Haruko akhirnya ikut tim basket SMA sekolahnya. Walaupun awalnya hanya ingin menarik perhatian Haruko, Sakuragi perlahan menyukai permainan basket.

Yang jadi ciri khas anime ini gaya anime ini dibuat sangat keren, Hanamichi dan karakter-karakter pemain basket lain digambarkan sangat atletis dan wajahnya sangar. 

https://www.youtube.com/embed/iW4atnm_5h0

8. Inazuma Eleven

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangeninazumaelevenpedia.fandom.com

Tayang pada hari setiap hari minggu di Indosiar, salah satu penyebab utama anak-anak menolak bermain diluar rumah. Jika biasanya karakter utama dalam anime sepak bola adalah seorang striker yang jago mencetak banyak gol kemenangan, tidak dengan Inazuma Eleven ini. Mamoru sang karakter utama adalah seorang kiper, kiper yang sangat handal.

Anime ini memadukan genre sepak bola dengan unsur-unsur fantasy, mempertunjukkan setiap pertandingan sepak bola yang penuh dengan kemampuan-kemampuan unik. Setiap karakter di anime ini bahkan memiliki signature move yang super flashy dan keren, seperti Mamoru yang bisa memunculkan avatar raksasa dan mengelaurkan aura untuk meningkatkan kemampuan menangkapnya.

 

https://www.youtube.com/embed/FR2CxJHbiUo

9. Aoki Densetsu Shoot !

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangenwww.themoviedb.org

Aoki Densetsu Shoot atau yang dulu lebih dikenal dengan Shoot saja merupakan anime sepak bola yang dulu tayang pukul 6 pagi menggantikan Yu Yu Hakusho yang telah habis masa tayangnya. 

Anime ini berfokus pada perkembangan kemampuan sang karakter utama Toshihiko Tanaka yang ternyata adalah pemain kidal yang terus melatih kaki kirinya dibantu oleh sang kapten sekaligus idolanya Yoshikazu Kubo. Tanaka pun berevolusi pemain hebat yang diberi julukan "The Miracle Left".

https://www.youtube.com/embed/6H2vbdqCRTo

10. Ace no Nerae !

8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangenwww.zerochan.net

Kali ini adalah anime sport yang paling disukai oleh kaum perempuan. Menceritakan Hiromi Oka, seorang gadis SMA yang bermimpi menjadi pemain tennis professional. Dalam usaha meraih mimpinya.

Tidak hanya fokus pada keseruan pertandingan tennis saja, anime ini juga mengambarkan perjuangan Oka menghadapi masalah kelemahan mental, anxiety dan juga masalah akademis dan cinta. Hal tersebut akan benar-benar membuat kamu gembira melihat Oka melampaui itu semua dan meraih impianya.

Anime ini jadi tontonan favorit para cewek karena karakter utamanya adalah wanita dan juga ceritanya dibumbuhi romance khas anime Shoujo. Bulu tangkis sendiri dari dulu memang jadi olahraga favorit di Indonesia.

https://www.youtube.com/embed/TaIVP69zTtc

Setelah bernostalgia dengan anime-anime masa kecil di atas, jadi pengen olahraga bareng di lapangan kampung ya? Jika kamu punya anime favorit yang pengen dishare, kamu bisa tulis di kolom komentar.

Baca Juga: 5 Fakta Kalau 'Grave of The Fireflies' adalah Anime Paling Sedih

Mito Rudito Photo Verified Writer Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya