Comscore Tracker

Belajar Budaya Baru dari 10 YouTuber Korea yang Fasih Bahasa Indonesia

#IDNTimesHype Sebelum ke Korea, bisa kepoin mereka dulu, nih

Korea Selatan dan Indonesia menjalin kerjasama bilateral yang cukup baik. Salah satu bukti nyatanya adalah rasa saling menghargai antara budaya masing-masing. Seperti Korean Wave yang diterima baik di Indonesia, serta bahasa Indonesia yang juga turut dipelajari oleh orang-orang Korea. 

Kamu bisa lihat pertukaran budaya tersebut pada deretan YouTuber Korea di bawah ini. Walaupun lahir dan besar di Korea, mereka mempelajari bahkan fasih dengan bahasa Indonesia, lho. 

1. DaeLee TV :: Daehoon & Julia

https://www.youtube.com/embed/mbXdoP9Nwnw

DaeLee adalah kanal milik Daehoon dan istrinya, Julia, yang merupakan orang Indonesia. Daehoon adalah warga negara Korea yang kini tinggal di Indonesia bersama ayahnya orang Korea asli, serta ibu tirinya, seorang warga negara Indonesia.

Daehoon bekerja sebagai koki restoran Korea di Jakarta yakni 88Korean Kitchen. Oleh karena pekerjaannya, banyak konten DaeLee yang membahas soal kuliner Indonesia dan Korea. 

2. Tom Cuss

https://www.youtube.com/embed/VdD_XZdT5wI

Tom Cuss adalah kanal milik orang Korea yang sedang tinggal di Indonesia. Tom sangat tertarik dengan makanan dan budaya Indonesia. Hal ini terlihat dari kontennya yang banyak membahas kuliner Indonesia menggunakan bahasa Indonesia. 

3. Sunnydahyein

https://www.youtube.com/embed/rOkHh_XHZ08

Karena besar di Indonesia, Sunny sangat fasih berbahasa Indonesia. Konten-konten Sunnydahyein banyak membahas mengenai fashion and beauty. Kini, Sunny sudah kembali ke Korea dan telah menikah. Namun, dirinya masih aktif menjadi penerjemah serta pembawa acara yang berhubungan dengan Korea dan Indonesia. 

4. Korea Reomit

https://www.youtube.com/embed/QAWSC1CcwMs

Pemilik nama Jang Hansol ini adalah warga negara Korea yang sudah lama tinggal di Indonesia. Bahkan, dirinya menempuh pendidikan hingga SMA di Indonesia.

Jang Hansol memiliki keunikan yakni bahasa Indonesia dengan logat Jawanya. Sebab, ia sempat tinggal lama di Jawa Timur tepatnya Malang.

Untuk perkontenan, Jang Hansol memiliki deretan konten menarik dan informatif. Salah satunya yang populer adalah Detektif Reomit. 

5. Han Yoo Ra [Little and BiG]

https://www.youtube.com/embed/ffuKB5_lWIQ

Yoora juga orang Korea yang tinggal lama di Indonesia, kurang lebih tiga belas tahun. Dalam berbagai macam kontennya, Yoora menggunakan bahasa Indonesia. Sekarang, Yoora berada di Korea dan beberapa kali muncul di acara TV. 

Baca Juga: 10 Kemesraan Sunny Dahye - Chris Okano, YouTuber Terseret Kontroversi

6. YUNA NUNA

https://www.youtube.com/embed/bRHSIWn6Zx4

Yuna adalah orang Korea yang sangat menyukai Indonesia dan budayanya. YouTuber satu ini fasih berbahasa Indonesia karena mengambil jurusan bahasa Indonesia ketika kuliah.

Pada kanal YouTube-nya, Yuna banyak menampilkan perbedaan dan kemiripan budaya Indonesia dengan Korea Selatan. Tidak jarang, Yuna mengundang teman-teman asal Korea untuk mencoba makanan Indonesia. 

7. Bandung Oppa 반둥오빠

https://www.youtube.com/embed/e99RfMH1hmc

Bandung Oppa juga orang Korea yang lancar berbahasa Indonesia. Karena sempat menetap lama di Banding, pemilik nama asli Han Jongdae ini mengadopsi nama kota tersebut sebagai kanal YouTube serta Instagram pribadinya. 

Jongdae juga aktif mengajar bahasa Korea melalui media sosial miliknya. Kamu yang mau belajar bahasa Korea, bisa langsung cek YouTube serta Instagram Bandung Oppa, ya!

8.  Priscilla Lee

https://www.youtube.com/embed/Qdmu9v090Ck

Priscila Lee adalah warga negara Korea yang lahir di Indonesia dan tinggal di Indonesia, sehingga dia serta anggota keluarganya fasih berbahasa Indonesia.

Pemilik nama asli Lee Yeeun ini sering membuat konten mengenai perbedaan Indonesia dan Korea, juga kehidupan sehari-hari bersama adiknya, Lee Yejin. Saking cintanya dengan Indonesia, ayah mereka memutuskan untuk pindah kewarganegaraan menjadi Indonesia, lho!

9. Bung Korea

https://www.youtube.com/embed/RcF3HCIs_T4

Bung Korea telah lama tinggal di Indonesia, tepatnya di Jakarta selama kurang lebih 20 tahun. Gak heran kalau bahasa Indonesia dia sangat fasih!

Dalam pembuatan konten, Bung Korea sering live streaming dan mengunggah vlog serta podcast di kanal YouTube-nya. Konten yang dibagikan juga gak kalah informatif seperti pengalaman dia selama hidup di Indonesia sebagai darah Korea. 

10.  JunChef

https://www.youtube.com/embed/iSFH8ZUyI1w

Sesuai dengan nama kanalnya, JunChef adalah orang Korea yang tinggal di Jakarta. Di Indonesia, dirinya adalah pemilik sekaligus koki dari 88Korean Kitchen yang terletak di Jakarta Selatan. 

Pemilik nama asli Jeon Byungjun ini begitu fasih menggunakan bahasa Indonesia. Tak hanya itu, Jun juga jatuh hati dengan kuliner di Indonesia yang beragam baginya. Konten utama dari JunChef adalah kuliner, seperti review makanan Indonesia, trik memasak yang simpel, hingga ASMR.

Banyak dari YouTuber Korea yang fasih berbahasa Indonesia tersebut mengagumi budaya dan kuliner Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, tentu kita merasa sangat bangga. Oleh karena itu, kita juga harus giat mempopulerkan budaya kita, ya.

Baca Juga: Terkenal di Indonesia, 10 Artis dan YouTuber Ini Berdarah Korea 

MONICA GRACIA Photo Verified Writer MONICA GRACIA

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya