Comscore Tracker

Ikonik, 5 Geng Ibu-ibu dalam Drama Korea Ini Tak Terlupakan

 Ada yang belum kamu tonton? 

Serial drama Korea selalu menarik untuk diikuti. Tak melulu berkat para karakter utama, sebuah serial juga bisa melekat di ingatan para penonton karena hal-hal lain yang menarik untuk dikenang, salah satunya sekumpulan perempuan ikonik yang biasanya menjadi pelengkap cerita.

Terlepas dari keberadaan mereka yang menjadi pelengkap maupun pusat cerita, sekumpulan perempuan ini juga membawa pesan-pesan tersendiri yang bisa diambil baik buruknya oleh para penonton. Berikut 5 drama Korea yang memiliki geng ibu-ibu yang ikonik.

1. Reply 1988

Ikonik, 5 Geng Ibu-ibu dalam Drama Korea Ini Tak Terlupakandramabeans.com

Drama keluarga yang populer pada tahun 2015 ini menceritakan tentang kehidupan lima keluarga di wilayah Ssangmundong. Mengangkat kisah tentang persahabatan lima orang remaja di masa tahun 1988, drama ini dikemas dengan penuh kehangatan dan bikin susah move on, lho.

Terlepas dari cerita persahabatan Deok Sun dan kawan-kawan, salah satu hal yang menarik dari drama ini adalah geng para perempuan yang terdiri dari karakter ibu-ibu dalam Reply 1988. Perkumpulan para ibu ini terdiri dari Ibu Sun Woo, Ibu Deok Sun, dan Ibu Jung Hwan.
 
Cerita-cerita yang disajikan pun melekat dengan kehidupan sehari-hari para ibu di lingkungan desa atau perkampungan. Mereka bercengkerama di depan rumah ketika anak-anak pergi sekolah dan suami bekerja, saling memberikan makanan, maupun bertukar keluh kesah satu sama lain.

Bukan hanya penggambaran sebagai seorang ibu, geng para perempuan ini juga mengisahkan hubungan mereka sebagai teman dan juga tetangga.

2. Sky Castle

Ikonik, 5 Geng Ibu-ibu dalam Drama Korea Ini Tak Terlupakanthestar.com

Jika para ibu-ibu di Reply 1988 penuh dengan kesederhanaan dan lingkungan yang hangat, maka hal itu tidak akan kamu temukan dalam geng para ibu di Sky Castle. Sky Castle juga merupakan drama keluarga, namun fokus utama cerita lebih kepada pendidikan anak-anak mereka.
 
Geng perempuan dalam drama Sky Castle terdiri dari empat orang. Mereka tinggal di lingkungan mewah nan elite. Para ibu dalam drama ini menjadi pusat cerita. Han Seo Jin, No Seung Hye, dan Jin Jin Hee sudah akrab sejak lama.
 
Tak lama setelah kematian salah satu teman mereka, keluarga Lee Soo Im datang ke lingkungan tersebut. No Seung Hye dan Jin Jin Hee cukup mudah bergaul dengan Lee Soo Im, tapi tidak dengan Han Seo Jin. Mereka berdua saling mengenal di masa lalu dan punya kenangan yang tidak cukup baik.

Geng perempuan yang merupakan para ibu rumah tangga ini mengemas cerita tentang bagaimana peran seorang ibu rumah tangga dalam mengurus pendidikan anak-anak mereka.

Baca Juga: 10 Drama Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019, Ada Sky Castle & Kingdom!

3. When The Camellia Blooms 

Ikonik, 5 Geng Ibu-ibu dalam Drama Korea Ini Tak Terlupakandramabeans.com

Menampilkan aktris Gong Hyo Jin, When The Camellia Blooms menceritakan tentang kehidupan rumit seorang ibu tunggal bernama Dong Baek yang harus mencari nafkah untuk menghidupi anaknya. Dia datang ke Ongsan, menyewa sebuah gedung dan membuka bar bernama Camellia. Kehadiran Dong Baek di Ongsan menjadi perbincangan masyarakat sekitar, terutama kaum perempuan di lingkungan tersebut.
 
Para perempuan yang digambarkan dalam When The Camellia Blooms bisa menjadi refleksi kehidupan masyarakat sekarang. Dalam serial ini, mereka membicarakan Dong Baek yang menjadi seorang ibu tunggal dengan pandangan-pandangan yang negatif. Mereka juga menaruh rasa tidak nyaman ketika wanita itu memilih membuka bar dan membuat suami para ibu-ibu sangat betah berlama-lama berada di bar tersebut.
 
Namun, pandangan-pandangan negatif tersebut bergeser menjadi rasa iba ketika mereka mengetahui bahwa Dong Baek diusik oleh pengusil yang masih menjadi buron pembunuh berantai. Geng perempuan Ongsan ini bahkan melakukan patroli demi membantu menjaga keamanan Dong Baek.

4. Crash Landing on You 

Ikonik, 5 Geng Ibu-ibu dalam Drama Korea Ini Tak Terlupakandramabeans.com

Drama ini mengusung kisah cinta beda negara. Yoon Se Ri terdampar di Korea Utara dan disembunyikan oleh Ri Jeong Hyuk. Jeong Hyuk menyelamatkan Se Ri dengan mengakuinya sebagai tunangannya ketika perempuan itu hampir ditangkap oleh petugas. 
 
Selama di Korea Utara, Se Ri mengenal geng ibu-ibu yang tinggal di lingkungan rumah militer bersama Ri Jeong Hyuk. Awalnya hubungan mereka sedikit buruk, namun berkat kepiawaian Se Ri dalam menaklukkan hati para ibu-ibu Korea Utara tersebut, mereka justru menjadi teman.

Para perempuan yang terdiri dari ibu-ibu ini memberi gambaran sedikit kehidupan di pedesaan Korea Utara yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Tingkah seru mereka membuat Yoon Se Ri rindu ketika ia akhirnya bisa kembali ke Korea Selatan.

Sebagai tanda pertemanan dan bukti bahwa ia tidak melupakan para ibu-ibu dari Korea Utara tersebut, dia membuat kosmetik yang memiliki gambar ilustrasi wajah dari masing-masing mereka.

5. The World of The Married 

Ikonik, 5 Geng Ibu-ibu dalam Drama Korea Ini Tak Terlupakanasianwiki.com

Drama keluarga berikutnya adalah The World of The Married. Menceritakan dunia pernikahan dan kehidupan setelah perceraian, serial satu ini diminati banyak penonton hingga meraih rating yang tinggi.
 
Kisah rumit pernikahan Ji Sun Woo dan Lee Tae Oh dikemas dengan latar cerita di Kota Gosan. Di kota ini, ada sebuah asosiasi wanita yang terdiri dari wanita-wanita kaya yang menetap di wilayah Gosan.

Geng perempuan yang tergabung dalam asosiasi ini tak bisa digolongkan sebagai pertemanan yang sehat. Beberapa dari anggotanya bisa saling berkumpul untuk membicarakan keburukan anggota lain. Dalam pertemuan pun, adegan saling sindir atau pendapat-pendapat tidak menyenangkan biasa terjadi. 

Mana geng perempuan yang tidak terlupakan buat kamu?

Baca Juga: 10 Adu Gaya Pertemanan Geng Reply 1988 Vs Hospital Playlist, Goals!

Mufida Hana Photo Verified Writer Mufida Hana

Instagram/Twitter : @mufidafm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya