Comscore Tracker

Perempuan Tanah Jahanam Jadi Wakil Indonesia di Oscar 2021

Perempuan Tanah Jahanam terpilih dari seleksi 59 film

Setelah sukses menyelenggarakan Oscar yang ke-93, Academy of Motion Picture Arts and Sciences mulai ancang-ancang mempersiapkan Oscar ke-94 pada 25 April 2021.

Komite Seleksi Oscar Indonesia telah menentukan Perempuan Tanah Jahanam yang akan jadi wakil Indonesia di Oscar 2021. Keputusan ini dibuat dan disampaikan komite pada Selasa (10/11/2020) lewat konferensi pers daring via Zoom.

"Berdasarkan keputusan Komite Seleksi Oscar Indonesia, sesuai regulasi Academy of Motion Picture Arts and Sciences, setelah dilakukan penilaian, komite menetapkan film berjudul Perempuan Tanah Jahanam menjadi wakil Indonesia sebagai film pilihan di kategori International Feature Film," kata Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia, Garin Nugroho.

1. Melakukan seleksi dari 59 film yang tayang di bioskop selama 2019

Perempuan Tanah Jahanam Jadi Wakil Indonesia di Oscar 2021dok. IDN Times

Menurut Garin Nugroho, pada 2019 ini setidaknya ada total sekitar 140 film yang ditayangkan di bioskop. Jumlah ini sebenarnya bisa lebih, namun karena terdampak pandemik COVID-19 yang membuat bioskop menutup layanannya, jumlahnya turun sebanyak 50 persen dari total film yang tayang pada tahun lalu

Dari 140 film tersebut, Komite Seleksi Oscar Indonesia menyeleksi sekitar 59 film yang sesuai dengan kriteria dan regulasi yang ditetapkan.

Baca Juga: Main Film Perempuan Tanah Jahanam, 10 Potret Memesona Asmara Abigail

2. Perempuan Tanah Jahanam disebut mampu merepresentasikan Indonesia

Perempuan Tanah Jahanam Jadi Wakil Indonesia di Oscar 2021Instagram.com/tanahjahanam

Adapun kualifikasi detail atas pemilihan film garapan Joko Anwar tersebut belum mau disebutkan oleh Garin Nugroho yang saat itu ditemani oleh Deddy Mizwar.

Namun, mereka mengatakan kalau film yang dibintangi Tara Basro ini mengangkat nilai-nilai lokal dan global, sehingga diprediksi mampu merepresentasikan Indonesia di ajang penghargaan film terbesar dunia tersebut.

"Ada yang menarik dalam film ini. Mulai dari unsur-unsur yang telah teruji dan latar belakang budaya terkait mistisme di Indonesia juga jadi faktor kuat dalam film ini," ujar Garin.

3. Semua genre film terbuka untuk diseleksi oleh komite

Perempuan Tanah Jahanam Jadi Wakil Indonesia di Oscar 2021Instagram.com/tanahjahanam

Genre horor memang menjadi primadona dunia perfilman Indonesia tahun-tahun belakangan ini. Meski agak segmented, tapi ada beberapa judul film genre horor yang cukup mencuri perhatian di festival bergengsi dunia dan juga tayang di bioskop luar negeri, salah satunya adalah Perempuan Tanah Jahanam.

Namun, Garin Nugroho mengungkapkan kalau tidak ada pembatasan genre pada seleksi film untuk mewakili Oscar ini. Ia menyebutkan cukup banyak juga negara lain yang memilih genre horor untuk mewakili negara mereka.

"Karena tidak ada yang namanya genre kelas 1 atau kelas 2. Yang diperlukan hanya pencapaian dan unsur-unsur filmnya," katanya.

4. Film Perempuan Tanah Jahanan mencetak rekor dengan memborong 17 nominasi Festival Film Indonesia (FFI)

Perempuan Tanah Jahanam Jadi Wakil Indonesia di Oscar 2021Instagram.com/tanahjahanam

Sebelumnya, film bergenre horor ini baru saja mencetak rekor dengan masuk dalam nominasi terbanyak sepanjang sejarah FFI.

Perempuan Tanah Jahanam memborong 17 kategori nominasi. Mulai dari Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Selanjutnya, film ini juga masuk dalam nominasi Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Busana Terbaik dan Penata Rias Terbaik.

Baca Juga: Tembus 1,5 Juta Penonton, 5 Adegan Perempuan Tanah Jahanam Terseram

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya