Comscore Tracker

7 Sentilan Bintang Emon di Channel Deddy Corbuzier, Jadi Sorotan

Kata Bintang Emon pejabat harusnya dikasih rating kayak ojol

Bintang Emon dikenal sebagai komika yang sering mengungkapkan keresahannya lewat komedi, dengan sentilan kepada sosok-sosok tertentu.

Di acara bertajuk Somasi di channel YouTube Deddy Corbuzier, Bintang kembali tampil dengan sentilan-sentilannya yang nyelekit. Apa saja yang dia bahas? Yuk, simak langsung.

1. Polisi kok bisa jadi Ketua PSSI?

7 Sentilan Bintang Emon di Channel Deddy Corbuzier, Jadi Sorotansentilan Bintang Emon (youtube.com/corbuzier)

Pada acara semacam open mic tersebut, Bintang Emon mengungkapkan beberapa keresahannya sebagai rakyat biasa. Pertama, ia heran kenapa seorang polisi bisa jadi Ketua PSSI yang bidangnya mengurus sepak bola.

Bintang Emon sebenarnya gak mempermasalahkan itu, karena sebelumnya juga ada tentara yang jadi Ketua PSSI. Kalau pemain sepak bola langsung jadi Kapolri, memangnya bisa?

"Cuma secara logika, Ismed Sofyan juga bisa jadi Kapolri, dong? Sebenernya pemain bola sama polisi itu sama, sama-sama suka nendang. Pemain bola nendang bola, kalau polisi nendang penjahat," ujar Bintang.

2. Rakyat jangan cuma bisa kritik doang

7 Sentilan Bintang Emon di Channel Deddy Corbuzier, Jadi Sorotansentilan Bintang Emon (youtube.com/corbuzier)

Keresahan lainnya yang komika ini rasakan adalah soal pernyataan tentang rakyat yang gak boleh cuma asal kritik doang. Bagi Bintang, rakyat biasa sudah seharusnya mengkritik pemerintah jika dirasa ada yang tidak benar. Memangnya bisa apa lagi?

"Ya, kita sebagai rakyat kan emang cuma bisa kritik doang. Emang lu bisa ikut rapat G20? Ya sudah, rakyat mah kritik biasa saja, gak usah ngerasa pusing, gak usah ngerasa paling berat sebagai pejabat. Maksud gua, yang maju jadi pejabat kan lu sendiri, kita gak minta," katanya.

3. Rakyat kalau mau kritik harus ada solusinya? Ribet!

7 Sentilan Bintang Emon di Channel Deddy Corbuzier, Jadi Sorotansentilan Bintang Emon (youtube.com/corbuzier)

Meneruskan soal topik kritik rakyat ke pejabat, Bintang mengungkapkan kalau ada lagi pernyataan yang menyebut rakyat harusnya punya solusi sebelum mengkritik.

Komika yang sebentar lagi naik pelaminan ini mengibaratkan soal kelangkaan minyak goreng. Ibunya yang cuma mau goreng kerupuk, masa harus punya solusi soal korupsi yang jadi biang kerok utama kelangkaan tersebut?

Baca Juga: 10 Momen Syahdu Lamaran Bintang Emon, Selangkah Menuju Sah!

4. Pejabat ibarat driver ojek online

7 Sentilan Bintang Emon di Channel Deddy Corbuzier, Jadi Sorotansentilan Bintang Emon (youtube.com/corbuzier)

Masih soal keresahannya terhadap pejabat, Bintang Emon bingung bagaimana rakyat biasa bisa memberi respons dan menilai kinerja para pejabat.

Ia mengandai-andai pejabat punya rating seperti yang dimiliki oleh driver ojek online. Jadi, rakyat bisa menilai dan memberi respons komentar terkait kinerja para pejabat tersebut.

"Kalau ke ojol kita bisa kasih rating. Kecuali ke pemerintah kita bisa kasih rating. Tanpa melihat driver-nya, cukup lihat kolom komentarnya kita bisa tahu itu siapa, karena keluhannya sama. Benar, gak?" kata Bintang.

"Misalnya ada yang komen, saya disupirin dengan driver ini dari 2019. Katanya sih, dia driver nomor 2 saat ini, tapi udah hampir 3 tahun menjabat saya gak tahu kerjanya apa aja. Itu driver, ya!" sentil Bintang Emon.

5. Artis yang jadi politikus

7 Sentilan Bintang Emon di Channel Deddy Corbuzier, Jadi Sorotansentilan Bintang Emon (instagram.com/bintangemon)

Keresahan lain yang mungkin juga dimiliki oleh orang lain, adalah soal artis yang terjun ke dunia politik.

Bintang gak merasa punya masalah jika mereka ada kemampuan berpolitik yang bagus. Masalahnya, ia merasa banyak artis yang terpilih menjadi wakil rakyat hanya berdasarkan popularitasnya saja.

"Gak kelihatan skill-nya, gak tahu kerjaannya juga apa. Jadi saran gua, jangan asal milih. Itu bukan saran gua doang ya, calegnya juga kasih saran asal lo tahu, 'jangan memilih aku~' udah dikasih tahu, lho!" ujar komika 26 tahun tersebut.

6. Gak hanya di depan kamera, artis juga bisa akting di panggung politik

7 Sentilan Bintang Emon di Channel Deddy Corbuzier, Jadi Sorotansentilan Bintang Emon (instagram.com/bintangemon)

Bintang Emon mewanti-wanti masyarakat agar tidak memilih artis sebagai politikus berdasarkan popularitasnya saja.

"Kenapa? Karena untuk ukuran artis, akting dan pura-pura itu basic. Lu hati-hati. Buat penyanyi juga, emang tugas wakil rakyat itu bersuara, cuman gak usah merdu, jadi lu gak usah ikut juga," tegas Bintang

7. Sumpah jabatan jangan pakai Alquran

https://www.youtube.com/embed/JWTWip4sOUE

Di Indonesia, lumrah halnya memakai Alquran untuk prosesi sumpah jabatan. Bintang Emon pun tak setuju dengan kebiasaan ini.

"Karena gua sedih ke Alquran-nya, takutnya dipakai sumpah ke orang yang sebenarnya gak takut sama Alquran. Kasusnya soalnya udah ada, Alquran dikorupsi. Alquran, lho, dikorupsi! Langsung dari Allah sebagai pedoman umat muslim, dikorupsi. Maksudnya, lu kalau mau korupsi yang lain banyak, kenapa Alquran?" sentil Bintang Emon.

Sentilan Bintang Emon terhadap keresahan yang dirasakannya memang nyelekit banget.

Baca Juga: 9 Dekorasi Lamaran Bintang Emon, Nuansa Merah dan Corak Pastel

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya