Comscore Tracker

Yuk, Ikutan Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition!

Film pemenang bisa diputar di Sundance Film Festival: Asia

XRM Media dan IDN Media dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian acara Sundance Film Festival. Disponsori oleh sebuah platform streaming dan kurator global film pendek, Argo, kompetisi ini dibuka untuk para insan perfilman Indonesia.

Kompetisi ini juga bertujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan memperkenalkan mereka ke kancah global. Tertarik ikutan? Simak caranya di bawah ini, yuk.

1. Kesempatan untuk insan perfilman Indonesia

Yuk, Ikutan Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition!Winston Utomo, CEO IDN Media (Dok. IDN Times)

Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition digelar untuk memberikan wadah dan panggung kompetisi untuk para penggiat film Indonesia.

Winston Utomo, CEO IDN Media, menyatakan, film pendek adalah salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya berupa film pendek ini memiliki tempat tersendiri di hati penikmat film.

"Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia," ujar Winston Utomo.

Bagi Michael Chow, Founder of XRM Media, film pendek merupakan bagian berkelanjutan dalam dunia perfilman.

“XRM Media merasa terhormat bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. XRM yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi  bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Oleh karenanya, XRM berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka pada akses menuju audiens global," katanya.

 

Baca Juga: Alasan IDN Media Hadirkan Sundance Film Festival: Asia di Indonesia

2. Ini dia deretan jurinya

Yuk, Ikutan Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition!Sutradara Film, Joko Anwar (IDN Times/Fiqih Damarjati)

Film pendek yang terkumpul melalui kompetisi ini akan dikurasi oleh dewan juri yang merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival.

Pemenang Jury Award berhak menerima hadiah uang tunai sebesar USD 2.000 yang disponsori oleh Argo. Nama yang tergabung sebagai dewan juri antara lain:

  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

“Di Sundance Film Festival, kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka seperti melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang tentu juga tak kalah antusias," ujar Mike Plante, Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival.

3. Cara berpartisipasi dan ketentuan kompetisi

Yuk, Ikutan Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition!Sundance Film Festival (Dok. IDN Times)

Film pendek yang memenangkan kompetisi ini akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September mendatang.

Selain itu, karya pemenang juga akan berkesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 serta mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.

“Argo sangat senang bisa turut mendukung hadirnya Sundance Film Festival: Asia 2021 dan mendukung para pembuat film pendek. Kami yakin misi kami untuk mendemokrasi distribusi film dengan menghadirkan karya-karya terpilih terbaik untuk audiens global sejalan dengan dukungan yang diberikan bagi potensi-potensi dalam komunitas film pendek," ujar CEO Argo, Arcadiy Golubovich.

Pendaftaran Short Film Competition ini akan dibuka hingga 9 Juli 2021 untuk Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Tidak ada batasan genre atau tema film yang bisa diikutsertakan, dengan ketentuan proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dan durasi film antara 3 hingga 20 menit.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, kamu bisa kunjungi halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

Nah, buat kamu para sineas muda Indonesia langsung ambil kesempatan ini dan tunjukkan karya film anak muda Indonesia itu keren-keren abis!

Baca Juga: Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya