Comscore Tracker

5 Girl Group Jepang yang Kualitasnya Gak Kalah Saing Sama KPop

Lagu-lagunya wajib masuk playlist-mu, nih!

Musik menjadi hal yang tidak dapat dilepaskan bagi kalangan milenial saat ini. Selain sebagai media hiburan, musik juga bahkan seolah menjadi kebutuhan pokok keseharian generasi milenial.

Hampir di setiap waktu luang, ribuan atau bahkan jutaan orang memilih untuk mendengarkan musik untuk menemaninya. Bahkan ada juga orang yang mampu membagi fokusnya dengan mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas kesehariannya.

Lagu-lagu yang berasal dari Negeri Ginseng, Korea Selatan belakangan ini menjadi trend di kalangan milenial. Meski lagu-lagunya berbahasa asing, namun lagu dari boy group atau girl group Korea selalu sukses rebut perhatian.

Namun, tahukah kamu bahwa negara Jepang juga memiliki sejumlah girl group yang kualitas musiknya gak kalah saing dengan Kpop? Jika belum, berikut ini ada lima girl group yang lagu-lagunya wajib masuk ke playlist-mu. Keep reading!

1. =LOVE

5 Girl Group Jepang yang Kualitasnya Gak Kalah Saing Sama KPop=LOVE (youtube.com/=LOVE)

=LOVE (dibaca: equal love) juga dikenal dengan nama Ikorabu merupakan girl group yang diproduseri oleh Sashihara Rino yang merupakan alumni dari HKT48 dan AKB48. Sashihara Rino memutuskan membuat girl group-nya sendiri setelah lulus dari grup yang membesarkan namanya.

=Love baru memulai debut pada bulan September 2017 dengan 12 orang member. Dua tahun pasca terbentuk, =LOVE mendirikan sister group yang juga berpusat di Jepang, yaitu ≠Me (dibaca: not equal me) pada tahun 2019.

Hingga 2020, =Love tercatat telah memiliki delapan single hits. Terbaru, =Love merilis single dengan judul Seishun 'Subliminal' pada tanggal 24 Oktober lalu. Apakah kamu sudah mendengarnya?

2. FAKY

5 Girl Group Jepang yang Kualitasnya Gak Kalah Saing Sama KPopFAKY (instagram.com/fakyjp)

FAKY merupakan girl group bentukan agensi Avex yang ikut meramaikan industri musik Jepang sejak 2013. Terdiri dari lima orang personel, tapi tidak semuanya bertahan hingga saat ini. Dari lima member yang debut pada tahun 2013, tiga di antaranya sudah hengkang dari grup.

Mikako dan Lil' Fang merupakan member original FAKY sejak 2013 yang masih bertahan hingga saat ini. Kemudian Akina masuk pada tahun 2016, disusul oleh Hina dan Taki yang baru masuk pada tahun 2019. 

Selama 7 tahun berkarya, FAKY telah merilis sejumlah single dan album. Di antaranya ada Antidote, Half Moon, New Age, dan masih banyak lagi. Agar lebih mengenal dengan lagu-lagu dari FAKY kamu bisa menemukannya di YouTube ataupun di platform musik daring. Lagu-lagunya easy listening, lho!

3. Banzai Japan

5 Girl Group Jepang yang Kualitasnya Gak Kalah Saing Sama KPopBanzai Japan (instagram.com/banzaijapan)

Mendengar nama grupnya saja sudah sangat Jepang sekali, ya. Banzai Japan pertama kali dibentuk pada tahun 2014 di bawah naungan agensi Cospanic Entertainment. Lagu-lagu yang dibawakan oleh Banzai Japan bergenre pop dengan nuansa Jepang yang kental.

Sejumlah single yang pernah dirilis Banzai Japan seperti Yamato Nadeshiku no Hi ga Nobouru dan Kiyoku Tadashiku Utsukushiku sukses melambungkan nama grup ini. Bagi kamu pecinta musik Jepang bisa coba dengarkan lagu dari Banzai Japan, siapa tahu ada yang nyantol.

Baca Juga: 10 Lagu JPop dengan MV Paling Estetik, Mana Favoritmu?

4. AKB48

5 Girl Group Jepang yang Kualitasnya Gak Kalah Saing Sama KPopAKB48 (instagram.com/akb48)

AKB48 dibentuk pada tahun 2005 oleh Yasushi Akimoto yang bertindak sebagai produser grup ini. AKB48 juga telah memiliki banyak sister group yang tersebar di Asia seperti SKE48, NMB48, HKT48, NGT48, dan STU48 yang berpusat di berbagai kota di Jepang. Kemudian ada JKT48 di Indonesia, BNK48 dan CGM48 di Thailand, MNL48 di Filipina, SGO48 di Vietnam, AKB48 team SH di Tiongkok, dan AKB48 team TP di Taiwan.

AKB48 mulai menunjukkan taringnya pada tahun 2010. Sejumlah lagu-lagunya seperti Heavy Rotation dan Beginner meraup keuntungan besar di pasar musik. Musik video lagu Heavy Rotation bahkan berhasil ditonton lebih dari 162 juta kali di YouTube. Hingga tahun 2020, AKB48 telah merilis 57 single. Terbaru, telah dirilis pada bulai Mei yang lalu dengan judul Shitsuren Arigatou. Sudah dengarkan lagunya?

5. Nogizaka46

5 Girl Group Jepang yang Kualitasnya Gak Kalah Saing Sama KPopNogizaka46 (twitter.com/nogizaka46)

Nogizaka46 diproduseri oleh Yasushi Akimoto yang juga merupakan produser dari AKB48. Namun, Nogizaka46 bukanlah sister group dari AKB48 seperti NMB48, SKE48 ataupun STU48. Nogizaka46 lebih dianggap 'rival' bagi AKB48.

Nogizaka46 juga memiliki sister group layaknya AKB48, di antaranya adalah Hinatazaka46 dan Sakurazaka46 yang sama-sama berpusat di Jepang. Penjualan CD single dari grup ini selalu sukses terjual di pasar musik. Sebut saja Sing Out, Sayonara no Imi, dan Influencer yang penjualannya meledak di pasaran dan mengantarkan nama Nogizaka46 semakin tenar di Jepang.

Lima grup wanita Jepang di atas punya kualitas musik yang bagus dan gak kalah saing sama Kpop juga, lho. Lagu-lagunya bisa menemani aktivitas sehari-harimu. Semoga bermanfaat!

Zam Zam Photo Verified Writer Zam Zam

Masa depan tidak akan seburuk itu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya