Comscore Tracker

10 Lagu yang Membuat MAMAMOO Cocok Diberi Predikat “Ratu Konsep”

Mulai dari mellow hingga yang bikin goyang ada semua!  

Saat ini, sudah ada ratusan idol yang debut di industri KPop entah itu sebagai solois, duo, trio, kuartet, maupun grup yang beranggotakan belasan orang. Tapi, tak semua idol bisa mengusung konsep yang berbeda setiap kali melakukan comeback.

Berbicara tentang konsep, sepertinya kita bisa menyebut MAMAMOO sebagai ratunya. Mengapa demikian? Karena mereka selalu membuat lagu dengan ciri khas mereka sendiri, yakni dari sudut pandang seorang perempuan.

Mereka kerap terlibat secara langsung dalam penggarapan lagu-lagu yang akan mereka nyanyikan dan tak jarang mereka juga menuangkan ide terkait beragam konsep yang ingin mereka bawakan. Inilah sepuluh lagu yang akan menjadi buktinya.

1. Mr. Ambiguous

https://www.youtube.com/embed/Q7phF_WryuE

Mr. Ambiguous merupakan lagu debut MAMAMOO pada tahun 2014. Bak aktris musikal, Hwasa cs membawakan lagu yang easy listening ini dengan facial expression yang begitu apik dan juga kostum unik seperti dress monokrom bermotif garis-garis dan kotak-kotak, topi lebar, dan cincin kumis.

2. Um Oh Ah Yeh

https://www.youtube.com/embed/uGl3yljWUEI

Dengan konsep yang imut, MAMAMOO kali ini kembali dengan gaya musik yang fresh. Namun, jangan terlalu berharap supaya mereka melakukan aegyo sebab ketika menyanyikan lagu ceria ini mereka justru memperlihatkan gaya mereka masing-masing yang super kocak. Moonbyul dan Hwasa bahkan rela mengubah penampilan mereka seperti seorang laki-laki ketika membawakan lagu tersebut!

3. Taller Than You

https://www.youtube.com/embed/ApyijjOsgrA

Pernah melihat member satu grup yang saling mengejek lewat nyanyian? Jika belum, maka kamu wajib mengenal lagu MAMAMOO yang berjudul Taller Than You. Lagu ini berisi tentang bagaimana setiap membernya saling mengejek perihal tinggi badan, padahal rata-rata selisih yang mereka miliki hanya berkisar 1 cm.

Baca Juga: 10 Soundtrack Drama Korea yang Dinyanyikan Mamamoo, Adem Banget!

4. Decalcomanie

https://www.youtube.com/embed/rFp1zmytR6U

Kali ini MAMAMOO membuktikan kemampuan vokal mereka yang kian menguat lewat lagu Decalcomanie. Lagu yang mengisahkan tentang rasa bahagia ketika jatuh cinta ini mempunyai melodi yang unik dan sempat dipilih oleh Solar dkk sebagai lagu yang paling tepat untuk mewakili warna musik MAMAMOO.

5. AZE GAG

https://www.youtube.com/embed/jT4rX04sm6w

Selain julukan ratu konsep, MAMAMOO sepertinya juga cocok untuk disebut sebagai ratu lawak. Hal ini karena MAMAMOO membawa unsur daddy jokes alias lelucon bapak-bapak pada lagu mereka yang bertajuk AZE GAG. Lagu itu membuat MAMAMOO menuai banyak pujian karena dianggap sebagai genre yang baru.

6. Egotistic

https://www.youtube.com/embed/Yg0zAaczkLU

Beralih ke gaya yang lebih karismatik, MAMAMOO pun berani memasukkan lantunan musik latin pada lagu Egotistic. Lewat lagu ini, popularitas mereka kian meroket terutama di Korea Selatan selaku negara asal mereka.

7. Sleep In The Car

https://www.youtube.com/embed/YHJBlCUtqvU

Masih di era yang sama dengan lagu Egotistic, MAMAMOO rupanya juga menunjukkan kebolehan mereka untuk mengusung genre hip hop. Lewat lagu berjudul Sleep In The Car tepatnya. Lagu tersebut sangat catchy dan mudah dihafalkan. Kita akan mendengar cukup banyak bagian rap di lagu ini.

8. Wind Flower

https://www.youtube.com/embed/kmtRnUHC7JQ

Galau karena gak bisa move on dengan mantan? Coba dengarkan lagu Wind Flower MAMAMOO. Di lagu itu, setiap membernya tampil dengan make up yang dibuat acak-acakan, namun secara tidak langsung mereka juga ingin menyampaikan pesan bahwa seorang perempuan harus lebih tangguh di masa depan setelah sempat mengalami putus cinta.

9. gogobebe

https://www.youtube.com/embed/_dt7kULil7k

Gak kalah menarik, ada pula lagu gogobebe yang dirilis pada awal 2019. Lagu ini berisi ajakan kepada para perempuan untuk hidup sesuai kata hati tanpa memedulikan apa yang dikatakan oleh orang lain.

10. HIP

https://www.youtube.com/embed/BVDKhNGMSQ0

HIP adalah lagu MAMAMOO yang sangat hits pada akhir 2019. Berbeda dari lagu-lagu sebelumnya, MAMAMOO kali ini memperlihatkan semua pesona yang mereka miliki. Seolah menampar haters, mulai dari vokal, rap, dance, hingga producing lagu, semua benar-benar mereka tunjukkan dengan baik.

Tak tanggung-tanggung, lagu ini sampai menjadi pertanda pertama kalinya MAMAMOO memakai headset, sebab selama berkarier, MAMAMOO dikenal karena performance mereka yang menggunakan mikrofon genggam.

Itulah sepuluh lagu yang menggambarkan keunikan warna musik MAMAMOO. Setuju ‘kan kalau MAMAMOO memang cocok disebut sebagai ratu konsep?

Baca Juga: 6 Lagu MAMAMOO yang Dapat Membantumu Percaya Diri, Wajib Dengar! 

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya