Comscore Tracker

5 Film Mencari Pelaku Pembunuhan dengan Internet

#IDNTimesHype Seru sekaligus bikin tegang!

Perkembangan teknologi yang saat ini semakin pesat, tidak mengecualikan dampaknya yang juga bisa berakhir negatif hingga kemungkinan terjadi kejahatan kriminal di dunia cyber. Namun, ada kalanya kemampuan teknologi khususnya internet yang semakin pesat juga memberikan manfaat tersendiri yang mungkin tidak pernah diduga-duga.

Di antaranya dimanfaatkan untuk bisa menemukan dalang kejahatan sebuah tindak kriminal, pembunuh berantai, dan jenis kejahatan lainnya yang mengerikan. Lima film di  bawah ini menggambarkan bagaimana melalui penelusuran internet, seorang pelaku kejahatan bisa ditemukan!

1. Seaching (2018)

https://www.youtube.com/embed/3Ro9ebQxEOY

Searching merupakan film dari tahun 2018 yang akan membuatmu tegang saat mulai menontonnya. Berdasarkan kisah nyata, mengenai seorang Ayah, David Kim (John Cho) yang mendapati putri semata wayangnya, Margot Kim (Michelle La) hilang tanpa jejak. Ia dilanda kebingungan saat polisi tak bisa langsung mempercayai jika putrinya mungkin diculik. 

David lalu mencoba menelusuri jejak hingga petunjuk yang mungkin bisa ditemukan dari keberadaan putrinya ini dengan menelusuri dunia maya. Menggunakan laptop putrinya, ia mencoba mencari tahu ada apa sebenarnya dengan sang putri dengan menelusuri setiap gerak-gerik jejak putrinya di dunia maya. Lewat penelusuran inilah ia akhirnya tahu sang putri tidak bahagia dan kini nyawa sedang dalam bahaya.

2. Why Did You Kill Me? (2021)

https://www.youtube.com/embed/QEXV8Rif8Vc

Ini adalah film dokumenter original Netflix  berdasarkan kejadian nyata. Baru saja tayang perdana pada bulan April lalu, film yang disutradarai oleh Fredrick Munk ini bercerita mengenai seorang Ibu bernama Belinda Lane yang harus kehilangan putri tersayangnya, Crystal Lane yang masih berusia 24 tahun akibat ditembak oleh orang tak dikenal saat sedang berada di dalam mobil bersama kekasihnya.

Tidak terima atas kematian sang putri, Belinda Lane berusaha melacak pelaku yang ia ketahui kemungkinan adalah anggota geng yang punya akun MySpace. Akhirnya, demi menemukan pelaku ia membuat akun MySpace palsu dengan menggunakan foto Crystal sebagai foto profil. Ia menjalankan akun tersebut dengan bantuan keponakannya. Hingga butuh 10 tahun lamanya bagi Belinda memperjuangkan keadilan bagi anaknya.

3. Don't F**K With Cats: Hunting An Internet Killer (2019)

https://www.youtube.com/embed/x41SMm-9-i4

Internet menjadi sangat kacau ketika seorang sosok misterius mengenakan hoodie berwarna hijau mengunggah sebuah video berisikan dirinya membunuh dua ekor kucing. Para warga internet pun begitu marah dengan tindakannya. Akhirnya sekelompok detektif amatir online berusaha untuk melacak pelaku pembunuh kucing ini.

Namun, pelaku yang memiliki gangguan mental ini justru terus terdorong secara berulang mengirim video kucing serupa yang lambat laun justru semakin membuat merinding. Hingga video terakhir yang diunggah mengguncang publik. Karena, kali ini korbannya manusia. Dari produser The Impostor and The Silk Road, ini berdasarkan kisah nyata tentang psikopat paling sadis yang populer di Kanada.

Baca Juga: 7 Film Indonesia yang Sukses Tayang di Cannes Film Festival, Berkelas!

4. Untraceable (2008)

https://www.youtube.com/embed/oIqnESZW0qc

Film tahun 2008 ini bercerita mengenai seorang detektif bersama Jennifer Marsh (Diane Lane) yang merupakan agen FBI bertugas di bagian Office Cyber. Ia menemukan situs aneh bernama killwithme.com, dimana dalam situs tersebut disiarkan secara langsung seekor anak kucing yang sedang terjebak pada sebuah perangkat menggunakan lem. Tak ada kejelasan apa maksud dari siaran streaming langsung tersebut.

Keesokan harinya, saat Jennifer kembali mengakses situs tersebut ia menemukan kucing yang terjebak itu sudah dalam keadaan mati. Ia pun melaporkannya pada atasannya. Namun, ternyata situs itu sulit diblok. Hingga isi video semakin mencekam. Karena, kali ini korbannya manusia.

Pelaku mempertontonkan langsung seorang manusia yang diberi jebakan serupa dan mengalami kematian perlahan. Semakin banyak orang yang mengakses situs ini maka semakin cepat juga korban mati. FBI pun butuh waktu lama untuk bisa melacak dimana pelaku yang menjalankan situs ini.

5. Spree (2020)

https://www.youtube.com/embed/cX7V6j7-9_o

Ketika menjadi terkenal melalui media sosial menjadi obsesi jahat seseorang. John Keery berperan sebagai Kurt, ia memiliki keinginan untuk bisa menjadi influencer terkenal dan memiliki banyak pengikut. Namun, ternyata itu tidak semudah kelihatannya, karena meski sudah mengikuti berbagai peraturan, pengikut instagramnya tak juga mengalami peningkatan.

John Keery lalu membuat rencana, dia mencoba memperlihatkan cara mematikan orang-orang dengan memanfaatkan pekerjaannya sebagai sopir. Ia akan menyiarkan secara langsung kematian dari para penumpangnya. Menjadi film thriller psikologis yang memperlihatkan secara kritis bagaimana seseorang rela melakukan apapun demi jumlah followers.

Itu dia deretan film bertemakan pembunuhan yang pelakunya berusaha diungkap dengan menelusuri dunia maya yang ternyata sangat luas dan bisa sangat mencekam sekaligus menegangkan. Wajib kamu tonton deh, buat para penikmat film thriller!

Baca Juga: Rekomendasi 9 Film Horor Terbaik Indonesia, Kamu Berani Nonton?

Nadhifa Salsabila Kurnia Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya