Comscore Tracker

5 Film Hollywood Tentang Toxic Parenting yang Punya Pesan Moral

Bisa jadi pembelajaran juga nih! #IDNTimesHype

Keluarga adalah rumah pertama kali bagi anak untuk kembali dan berkeluh kesah. Orang tua juga menjadi salah satu tempat dan panutan bagi anak dalam kehidupan sehari-harinya. Namun kadangkala terdapat beberapa orang tua yang justru malah berperilaku kurang baik terhadap anak dan cenderung toxic.

Nah berikut ini ada beberapa film Hollywood tentang toxic parenting yang punya banyak pesan moral. Cek, yuk!

1. Matilda

https://www.youtube.com/embed/mwMmZ8dtWNM

Tayang pada tahun 1996, film Matilda mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Matilda yang terus-menerus mendapatkan perlakuan kasar dari orangtuanya. Padahal Matilda sangatlah cerdas dengan kemampuan telekinesisnya. Awalnya Matilda tidak diperbolehkan sekolah namun akhirnya diizinkan. Sekolah Matilda sangatlah kumuh tetapi di sanalah ia bertemu Honey guru baik hati yang akhirnya membuat orangtua Matilda sadar meskipun sudah terlambat. 

2. What Maisie Knew

https://www.youtube.com/embed/TuwFW0hkuL8

Mengabaikan anak dan bertengkar di depan anak termasuk salah satu contoh toxic parenting yang harus dihindari para orangtua. Nah di film What Maisie Knew kalian bisa menemukan kisah tersebut. Diceritakan, pasutri Beale dan Suzanna sedang menuju proses perceraian. Mereka tiap hari selalu memperebutkan hak asuh atas Maisie, anaknya. Padahal mereka tidak benar-benar menyayangi Maisie dan hanya menggunakan Maisie sebagai alat keegoisan pasangan tersebut. 

3. Mother

https://www.youtube.com/embed/vtTE_DBKpRY

Saat melihat judul filmnya, tentu saja kita bisa mengetahui cerita apa yang disuguhkan dalam film tersebut. Dikisahkan tentang seorang ibu bernama Akiko yang tidak benar-benar menjadi ibu yang baik. Ia tidak pernah merawat Shuhei dengan baik justru malah meninggalkannya sendirian di apartemen. Akiko bahkan memacari Ryo laki-laki yang sama toxicnya. Shuhei sangat patuh kepada ibunya Akiko meskipun tidak pernah diperlakukan layaknya anak.

Baca Juga: Buka-bukaan! 3 Sutradara Ini Beberkan Rahasia Film-film Fenomenalnya

4. Home Alone

https://www.youtube.com/embed/jEDaVHmw7r4

Dalam film Home Alone mengisahkan tentang Kevin yang ditinggal saudara dan orangtuanya berlibur. Sebenarnya orang tua Kevin mengira ia sudah ikut berlibur bersamanya karena tidak mengecek satu persatu anaknya. Mereka memang selalu menganggap Kevin sebagai anak nakal dan tidak pernah menerima penjelasannya. Meskipun begitu akhirnya orang tua dan saudara-saudara Kevin mencari segala cara agar bisa pulang.

5. Wall Street 2: Money Never Sleeps

https://www.youtube.com/embed/HcMFA2SHES4

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan mungkin bisa mewakili inti cerita dalam film ini. Wall Street 2: Money Never Sleeps berkisah mengenai Gordon Gekko pemain di Wall Street dan anaknya. Saat Gekko keluar dari penjara ia mencoba memperbaiki hubungannya dengan anaknya. Namun ternyata Gekko hanya memperalat anaknya kembali agar simpanan uangnya bisa cair. Hal itulah yang membuat sang anak semakin membenci Gekko dan menjauhi hal-hal yang berhubungan dengan ayahnya. 

Baca Juga: 5 Film Ini Masuk Nominasi Best Picture di Blue Dragon Film Awards 2020

Rista Novia Photo Verified Writer Rista Novia

@.@

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya