Comscore Tracker

Keren! 5 Film dengan Biaya Produksi Rendah Ini Menembus Box Office Lho

Kalian sudah nonton belum?

Proses pembuatan film oleh pihak produksi dapat menghabiskan biaya yang bervariasi dari kisaran sedikit hingga banyak. Biasanya pembuatan film yang menggunakan efek CGI dan special effects lainnya yang akan memakan biaya pembuatan film yang besar. Nah pembuatan film dengan berbagai efek tersebut tentunya bertujuan agar filmnya bisa sukses besar dan menembus box office.

Namun terkadang, bukan hanya film dengan biaya ber-budget tinggi yang dapat menembus box office. Namun juga ada beberapa film dengan biaya ber-budget rendah lho.

Kalian pasti penasaran kan film ber-budget rendah apa sajakah yang dapat masuk box office? Yuk, cek langsung ulasannya di bawah ini ya!

1. Napoleon Dynamite - 2004

https://www.youtube.com/embed/ZHDi_AnqwN4

Film Napoleon Dynamite ini bercerita mengenai dua orang remaja yang bernama Napoleon dan Pedro yang berusaha memenangkan pemilihan di sekolahnya. Mereka berdua merupakan murid yang dikucilkan di sekolah yang harus bersaing dengan calon lain yang berasal dari murid paling populer.

Film bergenre komedi ini berbiaya rendah yaitu sebesar 400 ribu dollar. Walaupun begitu, film ini dapat meraih keuntungan sebesar 46 juta dollar dan masuk box office. Keren banget deh!

2. Welcome to the Dollhouse - 1995

https://www.youtube.com/embed/5U0QG3L6XsE

Salah satu film yang tayang pada tahun 1995 ini juga termasuk film berbudget rendah yang dapat tembus box office lho.

Film Welcome to the Dollhouse ini berkisah mengenai seorang gadis yang selalu diolok-olok oleh temannya bernama Dawn Wiener. Tak hanya itu, ia juga mempunyai guru yang terus menekannya serta keluarganya tidak pernah mendukung aktivitasnya.

Film ini bermodalkan biaya sebesar 800 ribu dollar dan meraih untung sebesar 4 juta dollar. Rating film ini juga mencapai 7,5 IMDb serta meraih banyak penghargaan lho.

Baca Juga: 7 Film Fantasi Adaptasi Novel yang Sukses Tembus Box Office Hollywood

3. Wendy and Lucy - 2008

https://www.youtube.com/embed/pASs3rerRCY

Film Wendy and Lucy yang tayang pada tahun 2008 ini menceritakan mengenai seorang perempuan bernama Wendy yang pergi ke Alaska dengan anjing miliknya yang bernama Lucy. Tetapi Wendy harus kehilangan anjingnya tersebut karena suatu hal.

Saat Wendy mencoba mencari Lucy, ternyata Lucy sudah tinggal dengan pemilik yang baru.

Film besutan sutradara Kelly Reichardt ini diproduksi hanya dengan modal 300 ribu dollar. Film ini juga mampu menembus box office dan mendapatkan keuntungan yang besar yaitu sebanyak 1,4 juta dollar.

4. My Left Foot: The Story of Christy Brown - 1989

https://www.youtube.com/embed/Y7fEJmH9ls4

Film yang tayang pada tahun 1989 ini bercerita mengenai pria yang terkena cerebral palsy yaitu semacam gangguan gerakan tubuh dikarenakan lumpuhnya otak. Pria tersebut hanya dapat bertopang hidup dengan bantuan kaki kirinya dan berprofesi sebagai pelukis sekaligus penulis.

Film yang juga merupakan biografi ini hanya bermodalkan biaya sebesar 700 ribu dollar. Meskipun bermodalkan biaya rendah, film ini dapat menghasilkan keuntungan 14 juta dollar karena menembus box office.

Film yang dibintangi  Daniel Day-Lewis dan Brenda Fricker ini memperoleh rating 7,9 IMDb dan meraih berbagai penghargaan.

5. Half Nelson - 2006

https://www.youtube.com/embed/_BHPM956cYY

Satu lagi nih film yang menghabiskan biaya produksi rendah namun dapat menembus box office, apalagi kalau bukan film Half Nelson yang rilis tahun 2006?

Film ini menceritakan tentang Els Dunne yang merupakan guru muda yang sangat berkharisma dan berbakat sehingga disukai oleh murid-muridnya. Namun ternyata Dunne adalah pecandu narkoba.

Film ini berhasil menembus box office hanya dengan 700 ribu dollar dan meraih keuntungan sebesar 4 juta dollar. Bahkan pemeran utamanya yaitu Ryan Gosling memperoleh nominasi Piala Oscar kategori Aktor Terbaik. Keren!

Nah itulah beberapa ulasan mengenai film apa sajakah yang menghabiskan biaya rendah tetapi dapat menembus box office. Tentu saja film-film di atas dapat kalian tonton saat ada waktu senggang. Benar gak?

Baca Juga: 5 Film Superhero Paling Ditunggu-tunggu di Tahun 2019, Mana Favoritmu?

Rista Novia Photo Verified Writer Rista Novia

@.@ ta_novia_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya