Comscore Tracker

5 Musisi Baru Perempuan yang Paling Mencuri Perhatian di Tahun 2019

Adakah penyanyi favoritmu di sini?

Tahun 2019 diramaikan oleh wajah-wajah baru di industri musik dunia. Sebagian besar adalah perempuan yang 'meledak' berkat karyanya yang mengagumkan. Musisi perempuan ini berangkat dari genre yang berbeda-beda, mulai dari electropop, indiepop, R&B, hiphop, dan lain sebagainya.

Lantas, siapa saja musisi perempuan yang paling mencuri perhatian di tahun 2019? Apa yang membuat publik menggemari mereka? Simak jawabannya di sini!

1. Camila Cabello

5 Musisi Baru Perempuan yang Paling Mencuri Perhatian di Tahun 2019wallpapersmug.com

Saat dirilis pada 21 Juni 2019, lagu Señorita sontak 'meledak' di pasaran. Rasanya, hampir semua tempat berlomba-lomba memutar lagu ini, mulai dari stasiun radio, kafe, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Lagu ini dibawakan oleh Camila Cabello, penyanyi berdarah Kuba-Amerika bersama rekan duetnya, Shawn Mendes.

Sebenarnya, Camila Cabello bukan sosok yang asing di industri musik. Dulu, ia mengawali karir sebagai anggota girl group Fifth Harmony. Namun, akhirnya ia memantapkan diri sebagai solois. Di tahun 2019, ia merilis single berjudul Liar yang telah ditonton sebanyak 65 juta kali dan Shameless yang ditonton sebanyak 73 juta kali di YouTube.

2. Grace VanderWaal

5 Musisi Baru Perempuan yang Paling Mencuri Perhatian di Tahun 2019yahoo.com

Tahun ini, Grace VanderWaal belum genap berusia 16 tahun. Tetapi, kemampuan olah vokalnya yang unik serta iringan ukulele yang khas membuatnya disukai oleh publik. Ia mengawali kariernya dengan membuat cover lagu di YouTube. Lalu, ia memenangkan America's Got Talent di tahun 2016.

Selanjutnya, pada Desember 2016, ia merilis EP pertamanya yang berjudul Perfectly Imperfect dan disusul dengan album Just the Beginning pada November 2017. Sempat vakum, ia merilis EP kedua, Letters Vol 1 pada November 2019. Beberapa orang menyebut Grace VanderWaal memiliki vokal yang sama dengan Sia.

Baca Juga: 15 Artis dan Musisi Ini Namanya Gak Cuma Bersinar di Dunia, Tapi Juga di Luar Angkasa

3. Billie Eilish

5 Musisi Baru Perempuan yang Paling Mencuri Perhatian di Tahun 2019celebritynetworth.com

Kita semua sepakat kalau tahun 2019 adalah tahun milik Billie Eilish. Ia melejit berkat lagu Bad Guy yang sempat menduduki urutan teratas di Billboard Hot 100. Billie Eilish sering dibandingkan dengan Lorde dan Lana del Rey karena memiliki beberapa kemiripan. Namun, Billie Eilish menyebut bahwa musik hiphop adalah pengaruh terbesarnya.

Yang tak kalah populer adalah video klip All the Good Girls Go to Hell yang telah ditonton sebanyak 88 juta kali dan Wish You Were Gay yang ditonton sebanyak 66 juta kali di YouTube.

Berkat karyanya, Billie Eilish masuk dalam nominasi Grammy di berbagai kategori, seperti Album of the Year, Song of the Year, dan Best New Artist. Keren!

4. Normani

5 Musisi Baru Perempuan yang Paling Mencuri Perhatian di Tahun 2019essence.com

Sama seperti Camila Cabello, Normani adalah anggota girl group Fifth Harmony. Ia sempat berduet dengan Khalid di tahun 2018 dalam lagu Love Lies. Normani juga pernah berkolaborasi dengan Calvin Harris dalam EP berjudul Normani x Calvin Harris. Tak hanya itu, ia juga pernah berduet dengan Sam Smith di lagu Dancing with a Stranger.

Selain berkolaborasi dengan musisi lain, ia juga tenar berkat lagu-lagunya. Seperti di lagu Motivation yang telah ditonton sebanyak 71 juta kali di YouTube dan menjadi hit Top 40.

Menurut pengakuannya, Normani terinspirasi oleh musisi perempuan lain seperti Beyoncé, Alicia Keys, Mariah Carey, Aaliyah, hingga Janet Jackson. Mantap!

5. Ella Mai

5 Musisi Baru Perempuan yang Paling Mencuri Perhatian di Tahun 2019thepageant.com

Terakhir, ada Ella Mai, penyanyi dan penulis lagu asal Inggris. Sebenarnya, ia mulai berkarier di bidang musik sejak tahun 2014, namun mengalami masa kejayaan di tahun 2018 sampai sekarang. Penyanyi dengan genre R&B, hiphop dan pop ini mulai dikenal berkat lagu berjudul Boo'd Up dan menuai popularitas sejak saat itu. 

Tak tanggung-tanggung, video klip Boo'd Up telah ditonton sebanyak 396 juta kali di YouTube! Begitu pula dengan video klip berjudul "Trip" yang telah ditonton sebanyak 90 juta kali di YouTube. Penyanyi keturunan Jamaika ini berhasil memenangkan Billboard Music Awards di kategori Top R&B Artist dan Top Female R&B Artist.

Nah, itulah 5 musisi perempuan baru yang namanya sedang naik daun di tahun 2019. Apakah ada musisi favoritmu di dalam daftar ini?

Baca Juga: 17 Musisi Indie yang Akan Bikin Kamu Bangga Jadi Orang Indonesia

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya