Comscore Tracker

17 Musisi Indie yang Akan Bikin Kamu Bangga Jadi Orang Indonesia

Semakin indie selera musik kamu, semakin keren kamu.

Pergerakan musik indie sudah cukup lama bergema di Indonesia dan berhasil menelurkan musisi-musisi dengan karya hebat dan kemampuan andal yang seringkali tidak terlalu dikenal di negeri sendiri. Indie sendiri merupakan kependekan dari independent, yang artinya mandiri. Maksudnya, para musisi-musisi indie mengerjakan semuanya secara mandiri, mulai dari proses pengerjaan lagu hingga pemasaran.

Ada begitu banyak musisi indie berkualitas di Indonesia yang sudah menghasilkan lagu-lagu yang tidak kamu ketahui dan bisa membuat kamu larut dan terpukau akan bakat-bakat mereka. Nah, beberapa karya musisi indie yang IDN Times kumpulkan ini dapat membangkitkan sisi nasionalisme di dalam dirimu untuk lebih menghargai karya negeri sendiri.

1. SORE

SORE merupakan band indie beraliran pop asal Jakarta dengan prestasi seperti penampilan yang sukses di Malaysia dan ranking teratas lima band yang wajib didengar versi TIME Asia. Semua personel band SORE ternyata kidal sehingga bermain musik dengan tangan kiri. Lagu Lihat milik SORE ini dijamin bisa bikin kamu adem dengan gaya musik jadul yang disepuh nuansa jazz ringan dengan suara saxophone yang mengiringi.

2. Payung Teduh

Payung Teduh merupukan empat pria alumni UI yang memiliki kekhasan bermusik dengan sentuhan pop keroncong jazz yang benar-benar membuai jiwa. Ini dia Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan, bakal bikin kamu ngerasa cantik dengan lirik ala puisinya.

3. White Shoes and the Couples Company

Pertama melesat ke puncak lewat soundtrack film Janji Joni yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Mariana Renata, band yang biasa disebut WSATCC ini merupakan senior di dunia musik indie tanah air. Dengan gaya khas tahun 70an dan vokal orisinil yang dijaga tetap bernuansa mendayu, lagu Senandung Maaf berikut ini cocok buat kamu yang pengen meminta maaf dengan nada yang lebih ceria.

4. Banda Neira

Bolehkah duo ini disebut band? Meski hanya terdiri dari dua orang, Banda Neira memiliki jenis musik yang menghipnotis dengan lirik yang  tidak biasa. Coba deh rasain Rindu milik duo Rara Sekar dan Ananda Badudu ini.

5. Mocca

Kebanyakan dari kamu pasti sudah kenal betul band yang satu ini. Berangkat dari label indie, Mocca menjadi salah satu band terbaik dengan aliran swing yang sukses mendulang fans hingga negeri Sakura karena beberapa lagu berbahasa Inggris-nya seperti I Remember.

6. The Trees and The Wild

Keunggulan The Trees and The Wild terletak pada kemurnian suara yang diproduksinya. Mengusung kebanyakan musik akustik, segala penampilan band ini memang membawa pendengar ke sensasi ada di tengah pepohonan dan padang liar yang menyejukkan. Buktinya ada pada salah satu lagu mereka yang berjudul Irish Girl ini.

7. Discus

Dari antara semua band yang sudah disebutkan, Discus merupakan band yang paling tidak dikenal di Indonesia karena aliran jazz progresif yang hanya diminati oleh sebagian kecil khalayak tanah air. Namun, keberanian mereka tampil beda menggiring mereka sampai negeri Paman Sam dan Benua Eropa, melebihi di negeri sendiri.

8. Bangkutaman

Band beranggotakan empat pria yang berasal dari Jogja ini sering membawakan lagu-lagu mereka yang banyak menyuarakan isu-isu yang dekat dengan dunia kita sehari-hari. Mengusung aliran British pop, Bangkutaman sudah cukup lama melanglangbuana di indie scene Indonesia.

Baca Juga: Tak Kalah dari Raisa dan Isyana, Ini 5 Musisi Indie Cantik Kebanggaan Indonesia!

9. Hightime Rebellion

Lead vocal band ini adalah wanita, diiringi dengan pemain musik yang semuanya adalah pria, menciptakan kombinasi seksi yang sedikit funk pop. Seru dan memorable!

10. Dialog Dini Hari

Dialog Dini Hari beranggotakan tiga pria yang masing-masing memegang alat musik utama gitar, bass dan drum. Simple, namun setiap lagu yang dibawakan mereka disebut-sebut oleh para penggemarnya mendamaikan jiwa. Coba deh dengerin lagu band yang semua personelnya kelahiran Denpasar ini.

11. Nadafiksi

Band asal Bandung ini memadukan suara-suara khas aliran jazz seperti contrabass, flute, jimbe, sadatana, dan guitar synthesizer. Karena pilihan suara-suara yang unik, lagu-lagu yang dihasilkan pun tidak begitu saja dapat kamu lewatkan!

12. Swimming Elephant

Folk goodness! Dalam lagu berjudul Sarah dalam video di atas, Swimming Elephant menunjukkan mengapa mereka adalah band indie yang layak diantisipasi karya-karyanya.

13. Aurette and The Polska Seeking Carnival

Aliran pop folk polka yang tidak terlalu banyak dikejar oleh band-band komersil Indonesia dengan apik diracik oleh Aurette and The Polska Seeking Carnival dari Jogja ini. Siapa yang nggak kangen suasana senja pada lagu dengan judul memorable I Love You More Than Pizza ini?

14. Answer Sheet

Kebanyakan, lagu yang diproduksi oleh Answer Sheet ini berbahasa Inggris, namun semuanya catchy dengan cita rasa pop yang malas, seakan sedang ada di dalam adegan film indie yang bernuansa sephia. Coba deh dengarkan lagu berjudul Stay Leave milik band ini.

15. Frau

Judul lagunya saja sudah sangat intens, apalagi vokal dari musisi yang musiknya punya efek “menghantui” ini. Dengarkan track berjudul Sepasang Kekasih yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa ini.

16. Stars and Rabbit

Band ini juga lebih layak disebut duo, namun vokal powerful milik mantan vokalis band EVO, Elda seakan membelah udara. Diiringi dengan petikan gitar tajam milik Adi Widodo yang sekaligus adalah pengaransemen setiap lagu-lagu folk apik yang mereka bawakan, Stars and Rabbit merupakan salah satu pemain di ranah indie yang terkuat.

17. Jirapah

Sedikit meminjam nuansa slow rock dipadu dengan sound-sound unik ala band Bombay Bicycle Club, Jirapah yang berpersonel utama Ken Jenie dan Mar Galo masing-masing pada gitar dan bass ini lebih dahulu besar di Brooklyn, New York. Kini setelah kembali ke Indonesia, band ini pun mengundang banyak penggemar spesifik yang mengagumi karya-karya mereka.

Nah, itu dia 17 musisi indie yang ada di Tanah Air, yang mana nih yang jadi favoritmu, guys? Share di comment box bawah ya!

Baca Juga: Sedang Jatuh Cinta? 10 Lagu Indie yang Romantis Ini akan Semakin Melengkapi Perasaanmu

Topic:

Berita Terkini Lainnya