Comscore Tracker

5 KDrama Ini Tunjukkan Pentingnya Cewek untuk Mandiri

Kemandirian adalah soal tumbuh dan bertahan hidup

Barangkali kamu sering terekspos kalimat, "Cewek di rumah aja.". Atau mungkin sering mendengar, "Ngapain cewek sekolah tinggi-tinggi dan punya karier bagus, nanti gak ada yang mau lho!". Ucapan toksik seperti itu hanya didapatkan cewek, tapi tidak untuk cowok. 

Sayangnya, ketidakadilan seperti ini masih banyak yang mengiyakan, baik oleh cowok maupun bahkan oleh cewek sendiri. Padahal, bagi cewek, menjadi mandiri itu sangat penting dan bisa jadi hal paling realistis demi bertahan hidup. 

Agar tahu di mana pentingnya, tonton 5 KDrama ini yang menunjukkan pentingnya cewek untuk mandiri!

1. When the Camellia Blooms

5 KDrama Ini Tunjukkan Pentingnya Cewek untuk Mandiridramabeans.com

Mandiri tidak berarti harus memiliki karier di perusahaan multinasional bonafit dan posisi kerja yang sudah tinggi. Dapat mengandalkan diri sendiri meskipun dengan karier yang sederhana seperti berwirausaha dengan sebuah tempat makan kecil juga merupakan hal yang sangat bagus.

Layaknya ditunjukkan dalam When the Camellia Blooms, Dong Baek (Gong Hyo Jin) memang hanya memiliki kedai biasa. Namun, kemandirian semacam ini membuatnya lebih leluasa bergerak, memberinya kesempatan untuk tumbuh hingga tua, hingga menopangnya agar mampu bertahan menghadapi bermacam masalah. 

2. Search WWW

5 KDrama Ini Tunjukkan Pentingnya Cewek untuk Mandiriforums.soompi.com

Search WWW adalah salah satu KDrama bertema wanita karier yang paling menarik. Dari para wanita dalam KDrama ini, setidaknya ada dua poin utama yang menunjukkan letak kenyamanan ketika seorang wanita dapat mandiri secara finansial. 

Pertama, mandiri secara finansial setidaknya membuat lebih mudah dalam melindungi dan merawat diri sendiri. Kedua, wanita yang bekerja bukan cuma bertujuan ekonomis saja, tapi juga tentang aktualisasi diri. Aktualisasi diri membuat seseorang merasa lebih puas dan bangga dengan diri dan hidupnya. 

3. Saimdang, Memoir of Colors

5 KDrama Ini Tunjukkan Pentingnya Cewek untuk Mandiridramabeans.com

Dalam Saimdang, Memoir of Colors, dengan tersirat disampaikan bahwa sejak zaman dahulu pun seharusnya kesempatan bekerja pada wanita dibuka sama luasnya seperti pada laki-laki. Dalam KDrama ini, urgensi dari dibukanya kesempatan ini ditunjukkan dari kisah Saimdang (Lee Young Ae) yang harus menanggung kebutuhan rumah tangganya.

Nasib yang tidak menyenangkan membawa Saimdang harus menikahi pria yang tak kompeten dalam bertanggung jawab atas ekonomi keluarga. Pada akhirnya, Saimdang lah yang mengambil alih seluruh tanggung jawab finansial keluarga. Andaikata Saimdang tidak terampil dan nekat bekerja, maka ia dan anak-anaknya hanya akan menjadi gelandangan. 

Baca Juga: Ringan Bikin Baper, 6 Alasan Kamu Harus Nonton KDrama 'Was It Love?'

4. My Unfamiliar Family

5 KDrama Ini Tunjukkan Pentingnya Cewek untuk MandiriInstagram.com/tvndrama.official

Ada salah satu dialog menarik dalam KDrama ini yang berbunyi, "Jika kamu ingin bekerja, maka kamu harus bekerja." Kalimat yang disampaikan oleh seorang suami pada istrinya ini menunjukkan bahwa laki-laki yang menghormati pasangannya sebagai individu, tidak akan menghalangi pasangannya untuk meraih pencapaian positif. 

Dalam KDrama ini pula, digambarkan bahwa kemandirian pada diri seorang perempuan akan menciptakan rasa aman hingga ia tua, bahkan ketika suatu saat ia dan pasangan harus berpisah. Mengetahui bahwa diri sendiri dapat diandalkan, tentu saja menciptakan kekuatan tersendiri di saat menghadapi masa-masa sulit. 

5. Itaewon Class

5 KDrama Ini Tunjukkan Pentingnya Cewek untuk Mandirikoreandramaland.com

Dalam Itaewon Class, semua karakter wanita yang digambarkan adalah sosok pekerja keras dan pengejar cita-cita. Dengan alasan mereka masing-masing, menjadikan diri sebagai sosok mandiri, juga mendorong diri mereka untuk tumbuh tidak hanya menjadi orang yang profesional, tapi juga dewasa.

Itulah pentingnya kemandirian demi kepribadian seseorang. Tidak hanya menciptakan lebih banyak kenyamanan secara material saja, tapi juga memperkaya kepribadian manapun.

Itulah kelima KDrama yang menunjukkan pentingnya cewek untuk mandiri. Kultur misoginis, patriarkis, seksis yang terlampau kolot harusnya ditinggalkan mulai sekarang dong, ya?

Baca Juga: 10 Peran Ikonik Song Ji Hyo di KDrama, Dokter hingga Produser! 

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya