Comscore Tracker

5 KDrama dengan Akhir yang Antimainstream, Gak Melulu Happy Ending

 Akhir ceritanya antiklise 

Banyak KDrama dengan rating sangat memuaskan dan mendapat banyak pujian di tengah penayangan, namun malah cukup mengecewakan ketika drama tersebut menginjak episode berakhir. Tidak jarang juga fans jadi jenuh atau memprotes jika akhir drama menjadi terlalu klise.

Memang, KDrama yang bagus tidak harus diakhiri dengan cara sangat menggembirakan. Terkadang, justru akhir yang realistis dan kasual malah memberi kesan lebih menarik. Salah satu contohnya ada dalam 5 KDrama ini, akhir cerita mereka antimainstream!

1. Big (2012)

5 KDrama dengan Akhir yang Antimainstream, Gak Melulu Happy Endingasianwiki.com

KDrama tentang kisah cinta Seo Yoon Jae (Gong Yoo) dan tunangannya, Gil Da Ran (Lee Min Jung) ini sudah membuat patah hati di episode pertama. Namun, pada episode setelahnya hingga hampir akhir drama, penonton akan disajikan kisah keduanya yang heartwarming. Yoon Jae awalnya terlibat kecelakaan dan ia tertukar jiwa dengan seorang murid SMA bernama Kang Gyung Joon (Shin Won Ho).

Pada akhirnya, ia tetap menjalin hubungan dengan Da Ran meski dalam tubuh Gyung Joon. Sayangnya, akhir drama ini tetap membuat penonton bertanya-tanya. Apakah pasca kejadian misterius yang dialami Da Ran, tunangannya berhasil bertukar tubuh kembali atau tidak.

2. My Mister (2018)

5 KDrama dengan Akhir yang Antimainstream, Gak Melulu Happy Endinghancinema.net

Sangat tidak banyak KDrama yang menghadirkan kisah cinta platonik. Mungkin yang paling terkenal adalah My Mister. Terlepas dari kritik yang didapat KDrama ini, tidak bisa ditolak bahwa banyak pesan kehidupan juga dalam drama ini.

Sebagai penonton, kita mungkin juga mengira bahwa Lee Ji An (IU) mungkin akan berakhir dengan Park Dong Hun (Lee Sun Kyun). Namun, ternyata tidak demikian, Dong Hun tetap bertahan dengan rumah tangganya meski tidak jelas seperti apa.

Dan lebih penting, dibandingkan sebuah akhir yang terkesan final, masing-masing tokoh utama di sini justru dikesankan memiliki proses perkembangan diri yang masih akan berlanjut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi KDrama yang Memiliki Sad Ending, Awas Nangis Bombay!

3. Signal (2016)

5 KDrama dengan Akhir yang Antimainstream, Gak Melulu Happy Endingimdb.com

Signal adalah KDrama time travel yang paling penuh teka-teki, hingga batas antara waktu lampau dan sekarang terasa sangat tipis dan blur. Meski diakhiri dengan kabar yang baik dari para tokoh utama, tetap saja pertanyaan utama tentang keberadaan detektif Lee Jae Han (Cho Jin Woong) tidak terjawab.

Menit-menit episode terakhir drama ini pun sangat kasual, tidak dibumbui unsur klise dari drama detektif, di mana salah satu tokoh utama meninggal, terluka, atau naik jabatan.

Terlebih lagi, akhir dari Signal juga memberi harapan pada penonton tentang adanya seri kedua, serta masih terhubungnya ketiga detektif utama yaitu Lee Jae Han, Cha Soo Hyun, dan Park Hae Young, terlepas dari perbedaan dimensi mereka.

4. Hotel del Luna (2019)

5 KDrama dengan Akhir yang Antimainstream, Gak Melulu Happy Endingimdb.com

Kita tidak bisa mengatakan apakah Hotel del Luna memiliki akhir bahagia atau sedih. Lebih masuk akal jika kita menyebut drama ini memiliki akhir yang realistis. Penonton tidak benar-benar dibiarkan sedih atas berpisahnya kedua tokoh utama, dikarenakan perbedaan dunia.

Namun, penonton justru dibuat puas dengan kedewasaan cinta Jang Man Wol (IU) dan Gu Chan Sung (Yeo Jin Goo) dalam menerima takdir. Porsi antara akhir yang realistis dan happy ending dibuat sangat pas dalam drama ini.

Tidak semua tokoh mendapat akhir happy ending klise ala KDrama asmara pada umumnya, namun tiap tokoh diberi perpisahan cerita dengan penuh makna.

5. Trap (2019)

5 KDrama dengan Akhir yang Antimainstream, Gak Melulu Happy Endingnews.chosun.com

Bisa jadi, Trap adalah KDrama dengan akhir yang sangat mengejutkan. Seperti judul drama ini sendiri, penonton dijebak dengan plot twist besar-besaran pada akhir drama. Hampir hingga akhir episode, penonton ditipu dengan tokoh utamanya sendiri.

KDrama hanya dengan 7 episode ini juga tidak akan membuatmu 100% lega dengan hukuman yang didapat si tokoh kriminal. Alih-alih dipenjara atau meninggal, si tokoh kriminal melarikan diri dengan pembusukan sel di tubuhnya.

Sedangkan si protagonis sendiri, ia tidak bisa benar-benar menjalani hidup dengan tenang, karena ia juga menderita pembusukan sel yang diakibatkan si penjahat ketika proses penangkapan.

Itu dia beberapa KDrama yang akhir ceritanya antimainstream dan hampir tidak punya unsur klise. Alih-alih membuat semua tokoh protagonis happy ending, 5 KDrama di atas memberikan alternatif lain yang tidak kalah memuaskan.

Baca Juga: 9 Drama Korea dengan Plot Twist Mengesankan, Endingnya Gak Terduga!

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya