Comscore Tracker

5 Penulis Lirik asal Korea yang Gemar Menenangkan Fans Melalui Lagu 

Lirik yang ditulis bikin keder

Para pencinta musik Korea pastinya tahu kalau lagu-lagu yang diciptakan artis negeri tersebut mempunyai tema yang sangat variatif. Bukan cuma soal cinta-cintaan saja, tapi juga tidak jarang menyentuh berbagai aspek yang sifatnya 'dari diri sendiri untuk diri sendiri'.

Karena itulah, banyak lagu-lagu asal Korea Selatan begitu indah dan berkesan. Di balik banyaknya lagu-lagu indah tersebut, ada beberapa penulis lirik Korea yang gemar menenangkan fans lewat lagu. Ini dia mereka!

1. YoungK Day6

5 Penulis Lirik asal Korea yang Gemar Menenangkan Fans Melalui Lagu Instagram.com/from_youngk

Wajar saja jika banyak artis Korea yang menyatakan dirinya sebagai My Day, sebut saja Key SHINee, aktris Nam Ji Hyun, Cungha, Doyeon Weki Meki, dan sebagainya. Day6 memiliki lagu-lagu yang nadanya adiktif serta lirik yang sangat relatable, menyentuh, dan tanpa justifikasi.

Otak di balik lirik-lirik yang mendalam ini adalah YoungK, bassis, rapper, sekaligus vokalis dari Day6 sendiri. Dua contoh dari sekian banyak lagu Day6 yang punya lirik indah adalah "Yeppeoseo/You were Beautiful" dan salah satu rilis terbaru mereka, "Zombie".

2. IU

5 Penulis Lirik asal Korea yang Gemar Menenangkan Fans Melalui Lagu kpopmap.com

Dalam wawancaranya tahun lalu pada program Video Star milik MBC everyone1, penulis lirik super kondang, Kim Eana menyatakan bahwa IU telah mencapai 'another level' dalam menulis lirik. Seperti kita semua tahu, saat ini IU adalah solois wanita terbaik yang juga memproduksi lagu-lagunya sendiri.

Meski lagu-lagu yang ditulis oleh IU berasal dari pengalamannya sendiri, tapi juga amat berkaitan dengan fans. Hal ini karena baik IU dan fans berada dalam hal generasi yang berdekatan. Banyak sekali lagu-lagu IU yang seakan juga 'memanggil' fans yang punya pemikiran dan perasaan serupa, misalnya "Pallete", "Through the Night", atau "Twenty Three".

Baca Juga: 8 Makna Menyayat Hati di Balik Lirik 'Packman' dan 7 Lagu eaJ Project

3. BTS

5 Penulis Lirik asal Korea yang Gemar Menenangkan Fans Melalui Lagu Instagram.com/bts.bighitofficial

Masih dalam program yang sama, Kim Eana juga menyebutkan bahwa BTS adalah sebuah grup yang memiliki sinkronisasi luar biasa antar membernya. Ia mengatakan bahwa, ketika sebuah lagu ditulis oleh para member di dalam sebuah grup, potongan dari tiap member akan tetap terasa, tapi tidak pada BTS. 

Menurutnya, lirik yang ditulis oleh BTS berjalan dengan sangat halus dan natural. Alur yang sangat halus ini terang membuat lagu-lagu inspiratif dari BTS mampu menghidupkan jiwa pendengarnya mereka. 

4. Tablo

5 Penulis Lirik asal Korea yang Gemar Menenangkan Fans Melalui Lagu Instagram.com/blobyblo

Sebagai salah satu penulis lagu senior di dunia musik Korea, Tablo mempunyai cara penyampaian yang berbeda dalam mengangkat pesan lagu yang ia tulis. Ia menenangkan pendengar dengan lirik yang tampaknya depresif dan gelap, namun sebenarnya sangat konformis, comforting, dan realistis. 

Lirik-lirik dari yang ditulis oleh Tablo, tidak jarang merupakan refleksi dari atas apa yang dipandang tabu dan tidak dapat diungkapkan oleh kebanyakan orang. Lirik yang ditulis oleh Tablo juga mengandung apresiasi atas segala keletihan yang dirasakan manusia. Sehingga, pendengar dari musiknya dapat merasakan validasi ketika tidak ada yang mengakui keletihan mereka. 

5. Zico

5 Penulis Lirik asal Korea yang Gemar Menenangkan Fans Melalui Lagu Instagram.com/woozico0914

Tidak berlebihan jika Zico dapat dianggap sebagai salah satu artis tersukses Korea Selatan. Dan tidak hanya sekedar menciptakan lagu saja, Zico juga merupakan pencipta dari tren, sebut saja lagu "Any Song" yang nada dan gerakannya mengglobal beberapa waktu lalu.

Kepekaan Zico terhadap apa yang dia alami dan apa di sekitarnya juga tercermin dari  lagu-lagu yang ia ciptakan. Contohnya saja bisa kita lihat dalam lagu "Fear" yang ia tulis bersama Mino Winner semasa Show Me the Money 4 atau juga dalam lagu "Artist" yang ia ciptakan sebagai refleksi atas kehidupannya sebagai artis Korea Selatan.

Itulah kelima penulis lirik sekaligus komposer lagu asal Korea yang punya lagu-lagu mendalam dan dapat menenangkan fans. Pantas saja lagu-lagu mereka kerap mengglobal.

Baca Juga: Ada Zico, 5 Idol KPop Pria Ini Kerap Disebut Musisi Genius

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya