Comscore Tracker

BTS dan 7 Grup KPop Ini Rilis Lagu dengan Lirik Bahasa Inggris di 2020

KPop semakin mendunia di 2020 ini! #HypeIDN #WaktunyaKorea

Popularitas BTS di dunia internasional memang sudah tidak diragukan lagi. Grup di bawah agensi Big Hit Entertainment ini telah banyak memecahkan rekor dan meraih penghargaan bergengsi di tingkat internasional.

Tunjukkan eksistensinya yang semakin mendunia, pada tahun 2020 ini BTS merilis lagu dengan lirik full Bahasa Inggris pertamanya berjudul "Dynamite". Penuh dengan prestasi, lagu "Dynamite" ini memperoleh banyak pencapaian seperti menjadi MV tercepat yang berhasil menyentuh 100 juta views dan juga menduduki posisi teratas di Hot 100 Billboard selama dua pekan. Gak heran ya, kalau lagu ini sampai dapat pujian dari Presiden Moon Jae In.

Nah, selain BTS, ternyata beberapa KPop grup di bawah ini juga merilis lagu dengan lirik full Bahasa Inggris di tahun 2020 ini, lho. Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini.

1. Stray Kids

https://www.youtube.com/embed/ra0FlN5NBG4

Stray Kids yang merupakan boy group asal JYP Entertainment ini merilis album Bahasa Inggris pertama mereka pada 14 Januari 2020. Bertajuk Step Out of Clé, album ini berisi dua lagu dengan lirik full Bahasa Inggris. Kedua lagu tersebut adalah "Double Knot" dan "Laventer" yang sebelumnya dirilis dalam Bahasa Korea.

2. Monsta X

https://www.youtube.com/embed/Nb5XPLxKtik

Monsta X juga merilis album bahasa Inggris pertama mereka tepat di hari valentine tahun ini. Dalam album berjudul All About Luv ini, Monsta X melakukan kolaborasi dengan musisi dunia seperti Pitbull, French Montana, Steve Aoki, dan Will.I.Am. Album ini terdiri dari 12 lagu yang semua liriknya menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga: Perfect-All Kill, 5 Pencapaian BTS dengan Dynamite, Sukses Besar!

3. (G)I-DLE

https://www.youtube.com/embed/HnvWJehjYQA

Girl group di bawah naungan Cube Entertainment ini telah merilis lagu Latata dengan tiga versi bahasa. Versi pertama yaitu dalam Bahasa Korea dirilis pada Mei 2018, versi kedua dalam bahasa Jepang pada Juli 2019 dan terakhir versi Bahasa Inggris dari lagu "Latata" dirilis pada Mei 2020.

Selain "Latata", pada tahun 2020 ini (G)I-DLE juga merilis satu lagu lain dengan lirik full bahasa Inggris yaitu "Oh My God".

4. DAY 6

https://www.youtube.com/embed/WehhSc1knYY

Band yang beranggotakan Sungjin, Jae, Young K, Wonpil, dan Dowoon ini merilis albumThe Book of Us : Demon  pada 11 Mei 2020 dengan 7 lagu. Salah satu lagunya yang berjudul "Zombie", dipilih menjadi tittle track album dan dirilis dalam 2 bahasa yaitu Korea dan Inggris. Bercerita tentang kehidupan yang monoton, setuju gak nih kalau lagu "Zombie" ini punya lirik yang sesuai banget sama keadaan kebanyakan orang sekarang ini?

5. DREAMCATHER

https://www.youtube.com/embed/F_2W8SW8iXA

Dreamcatcher baru saja merilis mini album bertajuk Dystopia: Lose Myself pada 17 Agustus 2020. Dalam mini album ini, Dreamcather memiliki satu lagu dengan lirik full bahasa Inggris berjudul "Can't Get You Out of My Mind". Sama seperti judulnya, lagu ini pasti akan selalu terngiang di kepalamu setelah kamu dengarkan, lho.

6. TWICE

https://www.youtube.com/embed/psKWf74wRi4

TWICE baru saja melakukan summer comeback dengan lagu "More & More" pada bulan Juni 2020 lalu. Selang dua bulan kemudian, tepatnya pada 21 Agustus 2020, TWICE memberikan kejutan kepada ONCE dengan merilis lagu "More & More" dalam versi Bahasa Inggris. Tak berbeda jauh dari versi Korea, versi bahasa Inggris ini juga tak kalah enak ketika didengarkan.

7. BTS

https://www.youtube.com/embed/gdZLi9oWNZg

BTS baru saja mengeluarkan lagu dengan lirik Bahasa Inggris penuh berjudul "Dynamite". Dirilis pada 21 Agustus 2020, lagu ini memiliki MV dengan konsep retro yang ceria dan penuh warna. Lewat lagu ini, BTS juga ingin menyampaikan pesan agar semua orang yang mendengarkan lagu ini bisa tetap semangat dan bahagia melewati masa yang sulit seperti sekarang ini. 

8. BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/vRXZj0DzXIA

Terakhir, ada Blackpink yang juga meramaikan musim panas ini dengan lagu berjudul "Ice Cream". Lagu yang dirilis pada 28 Agustus 2020 ini merupakan kolaborasi antara Blackpink dan Selena Gomez. Selain itu, Ariana Grande juga ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagu ini, lho.

Itulah tadi beberapa KPop Grup yang merilis lagunya dengan lirik Bahasa Inggris penuh di tahun 2020 ini. Dengan lirik full english, lagu-lagu dari beberapa grup di atas cocok banget nih, dijadikan rekomendasi buat kamu yang non-KPopers.

Baca Juga: Ice Cream Bareng BLACKPINK dan 9 Lagu Kolaborasi Terbaik Selena Gomez

Nur I Photo Verified Writer Nur I

masih belajar dan akan terus belajar untuk menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya