Comscore Tracker

Menafsirkan Makna & Melihat Warna Album BTS, Map of the Soul: 7 

#ReviewAlbum Hasil kolaborasi BTS dan musisi internasional

Butuh waktu hampir dua tahun bagi Army menantikan album studio BTS terbaru setelah Love Yourself: Tear yang dirilis pada tahun 2018 lalu. Meski begitu penantian Army rasanya terbayar setelah album Map of the Soul: 7 resmi rilis pada hari ini.

Angka 7 dalam album memiliki banyak makna, mulai dari mewakili jumlah 7 member BTS, 7 tahun perjalanan BTS debut sejak tahun 2013, juga menjadi album studio mereka yang ketujuh. Track list dalam album ini berisi 4 lagu yang sebelumnya telah dirilis dalam EP album Map of the Soul: Persona, dan 16 track lainnya. Lalu seperti apakah album BTS kali ini? Simak reviewnya.

1. Masih penuh misteri dan teori yang membuat Army berpikir keras

Menafsirkan Makna & Melihat Warna Album BTS, Map of the Soul: 7 Instagram.com/bts.bighitofficial

Seperti dalam video klip BTS lainnya, melalui MV Shadow spesial penampilan Suga yang dirilis pada 9 Januari lalu, BTS seakan menyampaikan kritik secara implicit dengan beberapa scene dalam comeback trailer tersebut. Bukan BTS namanya jika tidak menyelipkan pesan khusus atau yang Army kerap sebut sebagai teori terpendam.

Dalam lagu yang diproduseri oleh Yeonjin Kim (OUI) ini, mengandung lirik yang menyampaikan mimipi-mimpi Suga yang sangat terasa hidup. Tak heran, lagu berdurasi 4:20 ini RM dan Suga turut berkontribusi dalam penulisan liriknya sehingga sentuhan emosi, pesan, dan warna khas RM dan Suga sangat jelas terasa.

2. Tarian yang mengingatkan kita dengan konsep awal BTS

Menafsirkan Makna & Melihat Warna Album BTS, Map of the Soul: 7 Teenvogue.com

Big Hit Entertainment resmi merilis MV ‘ON’ Kinetic Manifesto Film : Come Prima pada 21 Februari 2020. Video berdurasi 4 menit 49 detik ini mengingatkan kita dengan video klip Not Today di mana member BTS berada di tengah area terbuka yang sangat luas dengan pasukan dancer.

Jauh berbeda dengan warna pada lagu Idol, kesan garang sangat ditonjolkan oleh BTS namun juga berbeda dengan konsep We are Bulletproof: Pt.2 ataupun NO meskipun sama-sama garang.

Namun, ada yang unik dalam musik ON, di mana terdapat loncatan tempo musik yang cukup kontras, loncatan tersebut menandakan perubahan tempo dance yang semakin cepat dengan intesitas tarian yang semakin sulit. Lagu ON sukses mengobati rasa rindu Army terhadap konsep BTS yang sangat manly.

3. Gradasi warna musik dalam setiap single performance

Menafsirkan Makna & Melihat Warna Album BTS, Map of the Soul: 7 Instagram.com/bts.bighitofficial

Warna yang dihadirkan dalam album kali ini sangat bervariasi mulai dari gelap hingga cerah. Berbagai warna tersebut diwakilkan dalam setiap single performance setiap track mulai dari Persona yang dibawakan RM, Shadow milik Suga, Filter dari Jimin, Inner Child yang dinyanyikan V, My Time milik Jungkook, Moon yang dinyanyikan oleh Jin serta Ego milik J-Hope yang telah dirilis pada 2 Februari lalu.

Track Filter milik Jimin yang diawali dengan petikan gitar dan disambut dengan suara seksinya memberi nuansa yang segar pada lagu ini. Musik yang easy listening membuat lagu ini memiliki potensi besar sebagai track favorit dalam album Map of the Soul: 7.

Dalam sebuah film atau drama pasti ada momen di mana pemeran utama menemukan harapan baru dan menaiki kendaraan sambil menikmati semilir angin kemudian tersenyum, scene ini pasti ditemani dengan soundtrack bahagia dan semangat. Nah suasana seperti itulah yang tepat untuk menggambarkan lagu Moon milik Jin. Track dengan panjang 3 menit 29 detik ini memiliki lirik yang sederhana sangat cocok dengan karakter Jin yang ceria dan ekspresif.

Jika kamu sebelumnya memprediksi V BTS akan membawakan lagu dengan warna yang mirip dengan Singularity, maka kali ini prediksi kamu salah. Seakan ingin membuat nuansa yang baru secara totalitas, tak ada nuansa musik yang gelap di lagu Inner Child.

Begitu juga dengan My Time milik Jungkook. Jika sebelumnya sang maknae membawakan lagu dengan jenis musik future bass dalam lagu Euphoria, suara Jungkook dalam My Time mengingatkan kita dengan musik R&B khas Neyo dan Usher.

Baca Juga: Bak Rio Motret, 10 Potret Menawan Jungkook BTS dengan Kameranya

4. Ugh VS 00:00 (Zero O'Clock)

Menafsirkan Makna & Melihat Warna Album BTS, Map of the Soul: 7 Instagram.com/bts.bighitofficial

Map of the Soul: 7 juga menyajikan track spesial khusus vocal line dan rapper line yakni Ugh dan 00:00 (Zero O'Clock) di mana mulai dari lirik dan jenis musik dari kedua lagu tersebut amat sangat berbeda namun dengan satu pesan sama yakni ironi kehidupan. Ugh menyampaikan pesan di mana dunia memiliki banyak alasan untuk manusia menjadi marah karena orang-orang sudah mulai lelah dengan kebohongan. “The truth is false, lies can be true”, sepenggal lirik dalam Ugh yang sangat kuat.

Jika musik Ugh membawa kita ke dalam suasana bak masuk ke dalam club underground, 00:00 (Zero O'Clock)  memiliki tempo lebih lambat membuat kita menikmati setiap part yang dinyanyikan dengan suara merdu V, Jungkook, Jin dan Jimin. Lagu ini pas banget kamu dengarkan untuk menemani perjalanan pulang bekerja ataupun sekolah. Pasang headset kamu saat di kereta ataupun mobil dan mendengarkannya sambil terpejam, membuat 00:00 (Zero O'Clock) semakin sempurna! Tak heran Yoona SNSD bahkan sampai memuji lagu ini melalui Instagram miliknya.

5. Sentuhan musisi internasional dalam track album Map of the Soul: 7

Menafsirkan Makna & Melihat Warna Album BTS, Map of the Soul: 7 Instagram.com/bts.bighitofficial

Album kali ini bisa dibilang menjadi album yang paling spesial bagi BTS karena berbagai nama besar ikut andil dalam terciptanya Map of the Soul: 7. Mulai dari Ed Sheeran dalam lagu Make It Right, Troye Sivan untuk Louder Than the Bombs, hingga kolaborasi BTS Sia dalam ON, menjadi alasan kuat album ini sangat dinantikan. Setiap lagu tersebut memiliki sentuhan yang sangat besar dari musisi yang terlibat, seperti Louder Than the Bombs yang kental dengan imej Troye Sivan yang seksi dengan ketukan musik yang khas. Kamu akan dimanjakan dengan suara seksi semua member BTS. 

6. Penuh surprise tak terduga

Menafsirkan Makna & Melihat Warna Album BTS, Map of the Soul: 7 Soompi.com

Banyak kejutan yang hadir dalam album kali ini, salah satunya track We are Bulletproof : the Eternal. Jauh berbeda dengan warna musik dalam We are Bulletproof Pt. 1 dan We are Bulletproof Pt. 2, memiliki tempo lambat dengan lirik yang sangat dalam menggambarkan 7 tahun perjalanan mereka bersama Army dengan 7 anggota. Lagu yang pastinya bakal bikin hati ambyar apabila melihat BTS membawakannya saat konser. Seperti judulnya, lagu ini seakan berisi harapan agar BTS dan Army dapat abadi. 

Setiap track dalam album Map of the Soul : 7 ini merupakan hasil kerja keras dari setiap pihak yang terlibat dan patut diapresiasi ya guys. Nah lagu mana nih yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Tunjukkan Warna Musik Berbeda, Ini Lirik Lagu Terbaru BTS ON

Topic:

  • Nurhalimah R Barus
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya