Comscore Tracker

5 Fakta UN1TY, Boy Group Lokal yang Gak Kalah Keren dari Idol KPop

Kualitasnya gak kaleng-kaleng #HypeIDN

Meski kini selera mayoritas anak muda untuk grup musik beralih pada grup idola asal Korea Selatan, musisi Indonesia juga gak mau ketinggalan membentuk kembali konsep boygroup asli buatan lokal. Di bawah naungan Famous All Stars, UN1TY hadir membawa warna baru bagi industri musik Tanah Air. Grup beranggotakan 8 cowok kece bersuara emas ini terbentuk dari ajang survival show

Genap setahun debut, UN1TY sudah menjelma sebagai idola baru yang punya basis penggemar militan yang disebut YouN1T. Selain itu, mereka juga sudah tampil di berbagai acara dan viewers MV yang mencapai jutaan.

Buat kamu yang baru kenal dan pengen kepoin profil boy group kece satu ini, simak beberapa fakta menarik tentang mereka berikut ini, yuk! 

1. Terbentuk dari Ajang Survival bernama 1ID Music

5 Fakta UN1TY, Boy Group Lokal yang Gak Kalah Keren dari Idol KPopInstagram.com/un1ty_official

Layaknya ajang survival di Korea sana, Famous All Stars pada 2019 lalu mengadakan survival reality show bernama 1ID Music. Program ini dicetuskan oleh Patrick Effendy, produser boyband dengan musiknya yang easy listening

Setelah melalui masa training, akhirnya terpilih 8 cowok kece yang debut sebagai boy group baru Indonesia dengan nama UN1TY. Mereka yang kini resmi menjadi member UN1TY merupakan orang-orang hebat yang berhasil melalui banyak tantangan saat masa kompetisi. 

2. Telah merilis 5 Single sejak debut

5 Fakta UN1TY, Boy Group Lokal yang Gak Kalah Keren dari Idol KPopInstagram.com/un1ty_official

Fajri dkk resmi debut pada 9 Desember 2019 dengan meluncurkan single album, yakni "Coba Cintaku" dan "Satu". Kemudian pada tahun ini, mereka telah merilis 3 single lagi, yakni "Pangeran Tidur", "Terbunuh Sepi", dan "No Mellow". Setiap single yang dirilis masing-masing punya center atau member yang paling menonjol dan punya part nyanyi paling banyak. 

Jika kamu berpikir jika musik dan konsep UN1TY itu berbau kekoreaan, maka kamu keliru, lho. Sebab musik yang mereka bawakan sangat kental dengan vibe khas pop Indonesia. Warna musik mereka cenderung mirip dengan grup vokal lawas seperti M.E, Warna, AB Three, hingga Kahitna. Indonesia banget deh pokoknya! 

Baca Juga: 5 Boy Group Keren Asal Thailand, Gak Kalah Memikat dari Idol Korea

3. Delapan member UN1TY punya karakter vokal khas masing-masing

5 Fakta UN1TY, Boy Group Lokal yang Gak Kalah Keren dari Idol KPopInstagram.com/un1ty_official

UN1TY seperti boy group Indonesia pendahulunya tidak menentukan posisi paling khusus layaknya idol KPop. Secara umum, mereka terdiri atas 6 vokalis dan 2 rapper. 

  • Fajri : cowok kelahiran Cimahi, 20 Juli 2002 ini memiliki ciri khas vokal yang soft. Selain berbakat di bidang seni, ia juga seorang atlet basket, lho! 
  • Zweitson : Ia juga berposisi sebagai vokalis. Zweitson punya wajah yang cute lengkap dengan kacamatanya. Ia lahir pada 14 Desember 2002.
  • Farhan : anggota tertua ini seorang rapper dengan gayanya yang swag abis. Ia lahir pada 20 Maret 1996.
  • Shandy : Cowok yang juga jago dance dan beatbox ini juga seorang vokalis bersuara merdu. Ia lahir di Bukittinggi, 2 Agustus 1996.
  • Gilang : Cowok asal Makassar ini selain jago nge-rap, ia juga bisa nyanyi, dance, dan composed lagu. Ia lahir pada 15 November 1998.
  • Fenly : eks The Bangs ini punya ciri khas vokal powerfull juga skill dance yang oke punya. Ia lahir pada 6 Desember 1999.
  • Ricky : Ia juga punya ciri khas yakni berkacamata dengan vokal yang merdu abis. Ia lahir di Australia, 30 Desember 1998.
  • Fiki : Si bungsu yang pernah mengikuti ajang Idola Cilik ini jadi member tertinggi, lho! Cowok kelahiran 2003 ini juga punya vokal yang gak kalah merdu dari kakak-kakaknya. 

4. Punya prestasi di tangga musik dan jumlah views video musik jutaan

https://www.youtube.com/embed/XJqonq0HRIA
Single debut "Coba Cintaku" menduduki peringkat ke-43 Billboard Indonesia Top 100, Langit Musik Top 50 edisi Januari 2020 di posisi ke-19, dan peringkat atas di sejumlah radio. Selain itu, berhasil meraup 2 juta views untuk MV-nya di YouTube. Hingga kini, 4 MV selanjutnya menyusul masing-masing lebih dari 1 juta views, lho. 
 
UN1TY juga telah tampil di beberapa acara terkenal, seperti The Sultan, acara musik TVRI, hingga Telkomsel Silver Stream Fest 2020.

5. UN1TY aktif menghibur penggemarnya di media sosial

5 Fakta UN1TY, Boy Group Lokal yang Gak Kalah Keren dari Idol KPopInstagram.com/un1ty_official

Demi memanjakan YouN1T, mereka sangat aktif di sosial media, seperti Instagram dan YouTube. Melalui kanal 1ID Music, UN1TY rajin mengunggah konten hiburan yang bervariasi. Beberapa di antaranya #Un1tycam, cover lagu, dan dance practice. Bahkan bagi kamu yang penasaran dengan kegiatan mereka saat masih ikut survival, tersedia juga di kanal ini. 

Selain itu, kamu bisa ngikutin program #Un1tycam mereka secara eksklusif di aplikasi V LIVE. Keren banget, kan? 

Kehadiran UN1TY yang punya kualitas mumpuni baik dari segi vokal maupun dance ini tentu gak kalah kece dari idol Korea. Setelah mengetahui fakta mereka, kamu tertarik untuk jadi bagian YouN1T gak nih? Yuk, dukung terus industri musik Indonesia! 

Baca Juga: Bikin MV Pakai Handphone, 5 Cerita di Balik Lagu UN1TY 'NO MELLOW'

Mbak Endut Photo Verified Writer Mbak Endut

Mahasiswa, penulis lepas, YouN1T, dan Pemred di salah satu penerbit indie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya