Comscore Tracker

5 Lagu Rock yang Berjaya di Era 2000-an, Ada Favoritmu?

Lagu mana yang kalian suka?

Pada era 90-an hingga 2000-an, musik rock sangatlah berjaya setelah bermunculan beberapa grup band yang mengusung genre ini. Lagu-lagu rock pada kala itu seringkali menghiasi media-media yang ada pada waktu itu seperti televisi dan radio.

Tingginya apresiasi terhadap musik rock kala itu memberikan semangat tersendiri bagi band rock untuk berkarya sehingga pada era 2000-an, lagu-lagu rock semakin menunjukkan eksistensinya di jagad musik Indonesia. Berikut adalah lagu-lagu rock yang berjaya pada era 2000-an.

1. "Pelangi" - Boomerang

https://www.youtube.com/embed/vmQSI-cPWgE

Lagu ini terdapat dalam album kedelapan Boomerang, yang berjudul Xtravaganza. Album yang dirilis pada tahun 2000 ini menjagokan lagu 'Pelangi' sebagai hits single dari grup band yang dulunya bernama Lost Angels ini. Lagu ini berhasil mengguncang skema musik rock Indonesia setelah video klipnya ditayangkan di MTV kala itu. Hingga saat ini, lagu 'Pelangi' ini masih sangat disukai oleh anak-anak muda.

2. "Pelangi di Matamu" - Jamrud

https://www.youtube.com/embed/7nDmanZ9xnI

Membicarakan musik rock rasanya tidak lengkap jika tidak membicarakan lagu yang satu ini. Lagu "Pelangi di Matamu" ini merupakan lagu yang sangat populer pada permulaan era 2000-an.

Lagu yang digubah oleh Azis M.S ini terdapat dalam album keempat dari grup band yang pada awalnya bernama Jamrock ini. Lagu ini juga pernah dijadikan soundtrack sinetron yang berjudul Pelangi di Matamu. Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun pernah menyanyikan lagu ini di beberapa kesempatan saat menjabat sebagai presiden.

3. "Kau Pikir Kaulah Segalanya" - Edane

https://www.youtube.com/embed/zob8dw_CZnQ

Setelah keluar dari God Bless pada tahun 1997, Eet Sjahranie kembali memperkuat Edane, grup band yang dibentuknya bersama Ecky Lamoh pada tahun 1991. Setelah merilis album Borneo pada tahun 1996, Edane kembali menggebrak industri musik Indonesia dengan merilis album 170 Volts pada tahun 2002.

Album ini menghasilkan lagu yang cukup populer, berjudul "Kau Pikir Kaulah Segalanya". Lagu ini semakin menancapkan popularitas Edane di belantika musik Indonesia apalagi video klip lagu ini sering diputar di jaringan televisi MTV Indonesia.

Baca Juga: 5 Lagu dari ONE OK ROCK Tentang Kehidupan, Bikin Mikir Ulang

4. "Kedamaian" - Saint Loco feat. Astrid

https://www.youtube.com/embed/RkCIQWK-OB4

Memasuki tahun 2006, musik rock mulai diwarnai oleh grup band pendatang baru, Saint Loco. Grup band yang musiknya berkiblat ke Linkin Park ini merilis album keduanya yang berjudul Vision For Transition dengan "Kedamaian" dan "Terapi Energi" sebagai lagu utama dalam album ini.

Lagu "Kedamaian" dinyanyikan bersama penyanyi pendatang baru, Astrid Sartiasari. Lagu ini pun sering diputar di radio seluruh Indonesia pada penghujung tahun 2006 hingga permulaan tahun 2007.

5. "Rocker Juga Manusia" - Seurieus

https://www.youtube.com/embed/F4JQB-9G_mM

Sebelum Candil dikenal sebagai pemain film, Candil adalah vokalis dari grup band yang bernama Seurieus. Grup band asal Bandung ini mulai dikenal pada tahun 2004 lewat lagu "Rocker Juga Manusia".

Lagu ini terdapat dalam album keduanya Seurieus yang berjudul sama dengan judul lagu hits ini. Lagu ini semakin melambungkan nama Seurieus di belantika musik Indonesia dan bersaing dengan grup band asal Bandung lainnya, Peterpan (yang saat ini berganti nama menjadi NOAH).

Itulah lagu-lagu rock yang berjaya pada era 2000-an. Saat ini, musik rock sudah jarang menggema di radio maupun televisi. Meski begitu, grup band pengusung musik rock masih tetap menunjukkan eksistensinya di dunia musik dengan mengadakan konser di seluruh Indonesia.

Nurrahman Fadholi Photo Verified Writer Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya