Comscore Tracker

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!

Sering memecahkan Guinness World Records lho!

Popularitas BTS di dunia saat ini memang tak perlu ditanyakan lagi. Bahkan posisinya saat ini bisa dibilang merupakan grup KPop nomor 1 di dunia. Meski bukan grup KPop pertama yang berhasil dikenal dunia, BTS berhasil banyak meraih dan memecahkan rekor-rekor dunia. Tentunya tak mudah untuk mendapatkan itu semua dan berada di posisi saat ini, apalagi setiap tahunnya banyak grup-grup KPop berbakat yang terus bermunculan.

Lalu apa saja, sih pencapaian yang berhasil diraih oleh grup kebanggan ARMY ini? Yuk, simak langsung sepuluh pencapaian terbaik BTS di kancah musik dunia sepanjang kariernya.

1. Menjadi grup KPop pertama yang tampil di acara penghargaan bergengsi di Amerika

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!youtube.com/Kookies And Cream

BTS berhasil menjadi grup KPop pertama yang tampil di acara penghargaan musik paling bergengsi di Amerika. Di tahun 2017, BTS melakukan debut di televisi Amerika melalui acara American Music Awards dengan membawakan lagu DNA dan kembali tampil di acara tersebut di tahun 2018 dengan membawakan lagu Fake Love.

Lalu, di tahun 2018 BTS juga menjadi grup KPop pertama yang tampil di acara Billboard Music Awards dengan membawakan lagu Fake Love.

Tak hanya itu, setelah penampilannya di acara penghargaan, akhirnya BTS menjadi perbincangan hangat di Twitter dan berhasil memecahkan Guinness World Record karena mendapatkan cuitan terbanyak di Twitter.

2. Menjadi grup KPop pertama yang mendapatkan penghargaan di Billboard Music Awards

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!soompi.com

Di tahun 2017, BTS berhasil menjadi grup KPop pertama yang berhasil memenangkan penghargaan di Billboard Music Awards sebagai "Top Social Artist" yang mematahkan posisi Justin Bieber yang telah memenangkan penghargaan ini selama enam tahun berturut-turut.

Di tahun 2018, BTS kembali meraih penghargaan yang sama. Dan di tahun 2019, BTS masih tetap memenangkan penghargaan "Top Social Artist" dan "Top Duo/Group" di Billboard Music Awards.

3. Artis Korea pertama yang meraih No. 1 di Billboard 200 albums chart

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!soompi.com

Pada tahun 2018, BTS merilis album Love Yourself: Tear yang berhasil memuncaki tangga lagu Billboard 200. Hal ini tentunya menjadi album KPop pertama yang berhasil mencapai posisi tersebut.

Baca Juga: 6 Kolaborasi Sukses yang Warnai Perjalanan BTS Sepanjang 2019

4. Artis Korea pertama yang menduduki posisi No. 1 di tangga Billboard Artist 100

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!billboard.com

Seminggu setelah perilisan album Love Yourself: Tear di tahun 2018, BTS menduduki posisi No. 1 yang sebelumnya ada di posisi No. 4 di tangga Billboard Artist 100.

5. Grup Korea pertama yang memiliki 3 album No. 1 di Billboard 200 dalam kurun waktu kurang dari setahun

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!billboard.com

BTS menjadi grup KPop pertama yang berhasil menduduki posisi No. 1 di Billboard 200 untuk 3 album sekaligus, yakni Love Yourself: Tear, Love Yourself: Answer, dan Map of the Soul: Persona.

Hal ini ternyata mencetak sejarah baru di dunia musik, pasalnya BTS berhasil merebut posisi The Beatles yang juga memiliki 3 album No. 1 di Billboard 200. Saat itu The Beatles berhasil meraihnya dalam 11 bulan satu minggu, sedangkan BTS berhasil meraih dalam kurun waktu 11 bulan kurang 6 hari.

6. Artis Korea pertama yang menerima setifikat platinum dan emas dari RIAA

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!soompi.com

Pada tahun 2017,  RIAA (Recording Industry Association of America) mengakui lagu Mic Drop sebagai single pertama mereka yang memperoleh sertifikasi platinum, mengakumulasi 1 juta unit bersertifikat. Di hari yang sama, RIAA juga mengumumkan Love Yourself: Answer sebagai album pertama BTS yang mendapatkan sertifikasi emas, tercatat dengan setengah juta unit bersertifikasi.

7. Peraih MV paling banyak ditonton di YouTube dalam 24 jam

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!youtube.com/Big Hit Labels

Pada bulan April 2019, BTS merilis MV Boy With Luv yang berhasil ditonton 74,6 juta kali di YouTube dalam kurun waktu 24 jam. Bahkan MV ini berhasil memecahkan rekor sebagai video tercepat meraih 100 juta penonton di YouTube hanya dalam waktu dua hari.

8. Artis Korea pertama yang mencapai 285 juta kali diputar di Spotify

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!channels.vlive.tv

Pada bulan Oktober 2019, Forbes melaporkan bahwa lagu BTS berjudul Boy With Luv berhasil diputar di Spotify hampir 285 juta kali. Hal ini tentu menjadi rekor sebagai lagu KPop yang paling banyak diputar.

9. Grup Kpop pertama yang memberikan pidato di sidang PBB

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!cleo.com.sg

Prestasi yang diraih BTS ternyata tak hanya sekadar di dunia musik. Pada tahun 2019, BTS kembali mengukir sejarah KPop karena menjadi musisi Korea atau grup KPop pertama yang mendapatkan kesempatan untuk berpidato di sidang PBB. Sang leader, Kim Nam Joon pun berhasil memukau jutaan orang dengan pidatonya yang mengampanyekan untuk mencintai diri sendiri.

10. Artis Asia pertama yang tampil di Grammy Awards

10 Pencapaian Terbaik BTS di Kancah Musik Dunia, The Legend of KPop!newsweek.com

Pada tanggal 26 Januari 2020, BTS tampil mengisi acara untuk pertama kalinya di acara bergengsi Amerika, yakni Grammy Awards 2020. Ini menjadi sejarah baru grup KPop pertama yang berhasil tampil di acara tersebut.

Itu dia 10 pencapaian terbaik yang diraih oleh BTS di kancah musik dunia sepanjang kariernya. Semoga tahun ini dan seterusnya BTS bisa terus mencetak prestasi yang membanggakan, ya! 

Baca Juga: 10 Aksi Panggung BTS Nyanyikan Old Town Road di Grammy Awards 2020

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya