Comscore Tracker

Rayakan Hari Ibu, 10 Rekomendasi Lagu untuk Ibu yang Sarat Makna!

Bisa kamu nyanyikan saat hari ibu nanti!

Tanggal 22 Desember tiap tahunnya selalu terasa spesial, peringatan hari ibu jadi alasannya. Di sinilah, kita merenung kembali atas perjuangan seorang ibu dari mengandung, melahirkan, menyusui hingga merawat kita sampai sekarang melalui perjuangan yang amat begitu berat.

Tak banyak yang dapat kita berikan, namun satu yang pasti. Semua anak selalu ingin memberikan kebahagiaan untuk ibu tersayang. Gak heran banyak musisi tanah air yang juga mencurahkan cintanya lewat  sebuah lagu untuk perjuangan seorang ibu. Tentunya lagu tersebut sarat akan makna, tentang pengorbanan ibu. Entah itu ibuku, ibumu, maupun ibu mereka.

Untuk itu, 10 rekomendasi lagu tentang ibu bisa kamu nyanyikan saat hari ibu nanti. 

1. Potret-Bunda

https://www.youtube.com/embed/IVjdPSqF0j0

Kata mereka diriku selalu dimanja
Kata mereka diriku selalu ditimang
Oh, bunda ada dan tiada
Dirimu 'kan selalu ada di dalam hatiku

Setiap momen hari ibu rasanya kurang lengkap, jika lagu Bunda milik Melly Goeslow ini tak didengarkan. Melodinya yang pop banget, jadi salah satu alasan lagu kepunyaan grup Potret ini masih populer hingga kini.

2. Iwan Fals-Ibu

https://www.youtube.com/embed/RuvZDrXWJIk

Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
Lewati rintang untuk aku anakmu
Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki
Penuh darah penuh nanah

Dari penggalan liriknya saja, lagu yang dinyanyikan oleh Iwan Fals ini memberikan gambaran perjuangan seorang ibu yang rela melakukan apa saja untuk anaknya. Apalagi dibarengi dengan menonton video klipnya, kamu bisa saja menitikkan air mata saat mendengarkannya lho.

Setiap liriknya mengandung arti yang mendalam, membuat lagu ibu menjadi single hits dari album 1910 (dibaca sembilan belas-sepuluh) yang dirilis resmi tahun 1988.

3. Ada Band-Pesona potretmu

https://www.youtube.com/embed/Z6n55Qn6EHI

Pesonamu masih jelas kurasa hingga kini
Menemani hingga ku dewasa
Derai airmata dan pengorbananmu takkan tergantikan
Terima kasih ibu

Perjuangan dan pengorbanan ibu dari kecil hingga kita dewasa memang amat begitu besar. Sosoknya yang penuh kasih, merawat dan mengajarkan kita semua hal dalam hidup.

Dari parasnya yang muda hingga tua renta, kita selalu jadi anak kecilnya yang selalu disayang dan ditimang. Begitulah makna yang dipetik dari lagu yang dinyanyikan band legendaris Ada Band ini. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Membuat Ibu Merasa Spesial dan Bahagia di Hari Ibu

4. Ungu band-Doa untuk ibu

https://www.youtube.com/embed/PP0q8bJ9FRY

Oh ibu, terima kasih
Untuk kasih sayang yang tak pernah usai
Tulus cintamu
Takkan mampu untuk terbalaskan

Dinyanyikan apik oleh Pasha Ungu dengan suara khasnya, lagu ini rasanya sangat cocok untuk didengarkan saat hari ibu. Liriknya yang penuh makna, dengan melodi dan iringan musik dari band Ungu menjadikan lagu yang resmi dirilis pada 2010 tersebut, hingga kini tetap menuai popularitas tinggi di semua kalangan. 

5. Kenny- Cinta untuk Mama

https://www.youtube.com/embed/GMsM1nujOhw

Hanya ini ku nyanyikan
senandung dari hatiku untuk mama
hanya sebuah lagu sederhana
lagu cintaku untuk mama

Dibawakan oleh penyanyi cilik Kenny, lagu cinta untuk mama emang paling pas dinyanyikan saat hari ibu, apalagi dengan iringan gitar. Rasa terima kasih pada mama yang telah merawat dan menjagamu dengan penuh cinta, dapat kamu ungkapkan lewat lagu ini. 

6. Erie Suzan-Muara Kasih Bunda

https://www.youtube.com/embed/RdNcYJEhxPQ

Maafkan diriku bunda
Kadang tak sengaja ku membuat
Relung hatimu terluka
Kuingin kau tau bunda
Betapa ku mencintaimu lebih dari segalanya
Kumohon restu dalam langkahku

Siapa, sih yang gak tau dengan lagu muara kasih bunda milik Erie Suzan ini? Rasanya semua orang hafal di luar kepala lirik lagunya. Dengan sentuhan musik suling khas dangdut, dan liriknya yang mudah dimengerti.

Gak heran deh, banyak musisi tanah air sering menyanyikan lagu ini untuk mencurahkan rasa cintanya untuk sang ibunda. Kamu sudah pernah nyanyikan untuk ibunda di rumah?

7. Armada Band-Doa Ibu

https://www.youtube.com/embed/I3BPgq0qpak

Apakah 'ku mampu membalas
Semua yang telah kau beri dengan ikhlas?
Nyawa pun rela 'kan kttlepas
(Oh, ibu)
(Oh, ibu)

Dalam albumnya yang berjudul Maju Terus Pantang Mundur lagu Doa Ibu sukses curi perhatian. Rilis bersamaan dengan lagu Asal Kau Bahagia, lagu ini berhasil memberikan warna baru bagi band yang digawangi oleh Rizal cs. 

8. Sulis-Ibu

https://www.youtube.com/embed/sCTt08_6LRk

Ibu perisai hidupku
Pertaruhkan nyawa bagiku
Cintamu terangi jalanku
Tanpamu tiadalah aku

Dirilis pada tahun 2017, lagu ini pun menuai popularitas tinggi pada masanya. Lagu yang dibawakan dengan suara merdu oleh Sulis ini berhasil membuat para pendengar tersedu-sedu dengan liriknya yang menyentuh.

9. Haddad Alwi feauturing Farhan-Ibu

https://www.youtube.com/embed/VROWRh_6JL8

Kaulah ibuku cinta kasihku
Terima kasihku takkan pernah terhenti
Kau bagai matahari yang selalu bersinar
Sinari hidupku dengan kehangatanmu

Lagu yang dinyanyikan oleh Haddad Alwi ini memang easy listening banget, gak heran deh pada 2018 lalu lagu ini meledak di pasaran. Hingga kini suara manis Haddad Alwi selalu didendangkan setiap hari ibu.

10. Raisa-Lagu Untukmu

https://www.youtube.com/embed/q2PR9Ci8HNA

Pulang ke pelukanmu
Tenteramnya telinga yang mendengar
Tanpa menghakimi
Secangkir kopi hangat
Yang kita hirup berdua
Gurauan dalam petuahmu
Ibu, ibu, ibu, aku rindu

Lagu milik Raisa ini memang sangat cocok untuk dinyanyikan untuk ibu tersayang, liriknya yang ngena banget bikin kamu terngiang-ngiang sama melodinya. Apalagi istri dari aktor Hamish Daud ini telah resmi menjadi ibu dari Zalina Raine Wyllie. Jadi sudah merasakan jadi anak sekaligus ibu nih. 

Hingga akhir hayatnya, kita selalu jadi prioritas utamanya. Terima kasih ibu telah memberiku kehidupan yang indah. Kasihmu takkan pernah terganti sampai nanti. Selamat hati ibu untuk ibu di seluruh dunia. Kalian semua hebat!

Baca Juga: 5 Resep Menu Rumahan Ini Bisa Kamu Masak untuk Menyambut Hari Ibu

S H Photo Verified Writer S H

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya