Comscore Tracker

Horor Seram sampai Inspiratif, 6 Film Thailand Ini Angkat Kisah Nyata

Film Thailand kisah nyata, inspiratif sampai bikin merinding

Cerita dalam film biasanya merupakan kisah fiksi yang dibuat oleh penulis naskah dan sutradara. Namun, gak jarang juga terdapat film yang diangkat dari kisah nyata, lho. Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini biasanya memiliki daya tarik tersendiri, karena ceritanya benar-benar pernah terjadi dan lebih dekat dengan kehidupan.

Nah, untuk kamu pencinta film Thailand, sudah tahu belum kalau 6 film Thailand ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata, lho. Penasaran ada film apa saja, langsung cek di bawah ini, ya!

1. Ladda Land (2011)

https://www.youtube.com/embed/9a6aoRI2eO8

Ladda Land merupakan film yang diangkat berdasarkan kisah nyata dari sebuah desa terbengkalai bernama Ladda Land yang terletak di Chiang Mai, Thailand. Film ini menceritakan serangkaian kisah teror rumah berhantu yang dialami oleh Thee dan keluarganya yang baru pindah ke komplek perumahan Ladda Land.

Komplek ini sebenarnya adalah tempat tinggal orang-orang dengan catatan kriminal. Mulai dari kekerasan dalam rumah tangga, penyiksaan, sampai pembunuhan. Sepintas memang tidak ada yang aneh atau menyeramkan dari komplek rumah baru mereka.

Namun, seiring berjalannya waktu, anak dan istri Thee mulai menyadari keanehan yang justru terletak pada para tetangganya yang diyakini merupakan arwah penasaran. Apakah keluarga Thee mampu bertahan menghadapi semua teror berhantu ini? Kalau penasaran, yuk tonton filmnya!

2. Samchuk (2009)

https://www.youtube.com/embed/vm9n-qsdjgQ

Berlatar di sentral distrik Thailand, Samchuk, film ini diambil berdasarkan kisah nyata, lho. Dirilis pada tahun 2009, Samchuk mengisahkan tentang tekad seorang guru untuk menghentikan tujuh remaja sekolah yang kecanduan narkoba.

Mengangkat kehidupan di pedesaan kecil, film ini juga menceritakan permasalahan hidup yang menjadi alasan ketujuh remaja ini menggunakan narkoba. Gak hanya mengangkat tema kenakalan remaja, film ini juga menyajikan kisah persahabatan, keluarga, dan percintaan yang menguras emosi.

Penuh makna dan menginspirasi, film ini rekomen banget untuk ditonton.

3. The Iron Ladies (2001)

https://www.youtube.com/embed/ijp4RKLeEL0

The Iron Ladies mengangkat kisah tim voli laki-laki yang memenangkan kejuaraan nasional tahun 1996. Namun, yang membuat tim voli ini spesial adalah para atlet yang merupakan transgender dan memiliki ketertarikan seksual sesama jenis.

Kisah ini bermula ketika Mon dan Jung mendapat penolakan dari tim voli papan atas karena penampilan mereka yang dianggap sangat 'gay.' Setelah jatuh bangun dilecehkan dan mendapat diskriminasi, Mon dan Jung berhasil membentuk tim yang seluruhnya berasal dari komunitas LGBT dan berhasil memenangkan kejuaraan putra nasional Thailand.

Menggambarkan keberagaman gender dalam sudut pandang yang positif, The Iron Ladies membuka pemikiran baru nih mengenai komunitas LGBT. Wajib ditonton untuk menambah wawasan dan jadi lebih open minded!

Baca Juga: Ada 'Bad Genius', 10 Film Thailand Produksi GDH yang Wajib Kamu Tonton

4. Beautiful Boxer (2003)

https://www.youtube.com/embed/6orM84owB7M

Beautiful Boxer merupakan film yang mengangkat cerita kehidupan petinju transgender asal Thailand Parinya Charoenphol atau yang dikenal juga dengan Nong Toom. Film ini menceritakan konflik antara identitas Parinya yang feminim dan olahraga tinju yang dinilai sebagai olahraga maskulin.

Ia dihadapkan dengan berbagai pergumulan ketika berusaha untuk mengungkapkan dirinya yang sebenarnya di ring tinju. Penampilannya yang feminim dengan makeup di atas ring tinju tentu menuai pro-kontra dari berbagai pihak. 

Gak hanya itu, Parinya juga menghadapi keputusan sulit ketika keinginan untuk memenuhi impian transeksualnya dapat berisiko menggantikan statusnya sebagai juara tinju. Kira-kira pilihan apa ya yang diambil Parinya? 

5. Pee Mak (2013)

https://www.youtube.com/embed/B9xbj_UK1pc

Pasti kamu sudah gak asing lagi dengan film horor komedi satu ini. Diperankan oleh Mario Maurer, film ini mengambil latar abad ke-19 ketika terjadi perang antara negeri Siam dan negeri asing. Mak yang diperankan Mario Maurer pun menjadi salah satu prajurit yang ikut berperang.

Ketika ia kembali pulang bersama empat temannya, tersebar rumor bahwa istri dan anak Mak telah meninggal dunia. Namun, rumor ini sangat berbeda dengan apa yang dialami Mak dan membuat penonton menebak-nebak apakah istri Mak masih hidup atau sudah meninggal.

Dipercaya masyarakat setempat, cerita ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi antara tahun 1851 hingga 1868, lho. Meski mengandung unsur komedi, film ini tetap bikin bulu kuduk merinding.

6. The Billionaire (2011)

https://www.youtube.com/embed/HxbeZ6WjLCU

Pernah makan camilan rumput laut kering Tae Kae Noi? Nah, film ini dibuat berdasarkan kisah inspiratif Itthipat Peeradechapan atau Top Itthipat, pengusaha muda di balik camilan hits ini.

The Billionaire dibuka dengan gambaran jiwa kewirausahaan Top yang berhasil mengumpulkan banyak uang dari hasil menjual senjata langka dalam game online. Gak bertahan lama, game tersebut diblokir karena dianggap melakukan perdagangan ilegal secara online.

Dari sinilah perjuangan Top dimulai. Di tengah keterpurukannya, Top justru mampu menemukan ide untuk membuat jajanan rumput laut. Namun, temuannya ini tentu gak berjalan mulus dan memerlukan banyak pengorbanan serta kegigihan. Menggambarkan proses jatuh bangun yang realistis, film ini menginspirasi dan rekomen banget untuk ditonton.

Nah, itu dia keenam film Thailand yang ceritanya diangkat dari kisah nyata. Mulai dari kisah horor sampai menginspirasi, film apa saja nih yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 6 Drama Thailand Misteri yang Tak Masuk Akal dan Bikin Penasaran

Topic:

  • Olivia Sabat
  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya