Comscore Tracker

Resmi Jadi Direktur Eksekutif, 5 Jatuh Bangun Karier B.I eks iKON

Kim Hanbin yang tahan banting dan optimis #WaktunyaKorea

Nama Kim Hanbin atau B.I semakin besar ketika dirinya debut bersama iKON pada 15 September 2015 di bawah YG Entertainment. Meniti karier sejak umur belia, B.I sudah merasakan manis pahitnya dunia hiburan.

Mulai dari gagal debut berkali-kali sampai terjerat dugaan kasus narkoba, gak membuat B.I putus asa dan menyerah. Kini, ia kembali dengan prestasi yang mengagumkan. Simak 5 perjalanan karier B.I yang bikin berdecak kagum!

1. B.I memulai kariernya sejak umur 13 tahun!

https://www.youtube.com/embed/cYk15J_Im68

Sejak kecil B.I memang sudah tertarik pada musik dan rap. Di umur 13 tahun, ia bertemu dengan musisi hip-hop MC Mong yang saat itu sedang mencari rapper untuk lagunya Indian Boy. Melihat kemampuan B.I yang melebihi ekspektasi, MC Mong mengajaknya berkolaborasi dalam lagu Indian Boy yang rilis pada 2009.

Gak hanya itu, B.I juga muncul dalam video klip Horror Show milik MC Mong yang juga rilis pada 2009, lho. Ingin meniti karier di industri hiburan, ia kemudian menjadi trainee di YG Entertainment pada Januari 2011 ketika umurnya 15 tahun.

2. Jatuh bangun mengikuti program reality survival demi bisa debut

Resmi Jadi Direktur Eksekutif, 5 Jatuh Bangun Karier B.I eks iKONinstagram.com/hanbinieee96

Setelah lebih dari dua tahun menjalani masa pelatihan, B.I berpartisipasi dalam program reality survival Mnet WIN: Who Is Next sebagai kontestan di bawah Tim B. Setelah melalui tiga putaran pemilihan suara dari penonton, Tim B.I kalah dan membawanya kembali sebagai trainee.

Pantang menyerah, B.I kembali bersaing dalam program Mnet Show Me the Money 3. Sepanjang program ini berlangsung, B.I merilis single digital berjudul Be.I yang saat itu langsung menduduki puncak tangga lagu. Sayangnya, B.I hanya berhasil masuk sebagai 8 besar dan tereliminasi pada episode ke-7.

Kembali bangkit, pada Juni 2014 B.I kembali tampil dalam acara berjudul Mix & Match sebagai lanjutan dari program WIN: Who Is Next. Saat itu, B.I sudah ditetapkan sebagai member iKON dan siap debut bersama member lain.

Baca Juga: 5 Fakta Kim Hanbin Eks iKON Jadi Direktur Eksekutif IOK Company

3. Berhasil debut sebagai leader grup iKON

Resmi Jadi Direktur Eksekutif, 5 Jatuh Bangun Karier B.I eks iKONtwitter.com/riverflow1022

Mengalami jatuh bangun dalam berbagai reality survival, akhirnya B.I debut bersama Bobby, Jinhwan, Koo Junhoe, Yunhyeong, Donghyuk, dan Chanwoo sebagai grup iKON. Resmi debut pada 15 September 2015, B.I memiliki posisi sebagai leader, lead rapper, lead dancer, vokalis, dan center dalam grup.

Memiliki segudang talenta, B.I juga berbakat dalam membuat lagu, nih. Gak hanya menulis lagu untuk iKON, ia juga menulis lagu untuk idol lain. Tahu gak, sih kalau laguWhistle yang hits dibawakan oleh BLACKPINK itu liriknya ditulis oleh B.I, lho. Keren banget, ya!

4. Terlibat skandal narkoba yang menggoyahkan kariernya

Resmi Jadi Direktur Eksekutif, 5 Jatuh Bangun Karier B.I eks iKONinstagram.com/hanbinieee96

Pada 12 Juni 2019, B.I membuat heboh industri hiburan KPop dengan skandal narkoba yang menjeratnya. Dilansir dari soompi.com, Dispatch melaporkan B.I terjerat kasus tuduhan pembelian narkoba yang dilakukan pada tahun 2016. 

Meskipun hasil tes menyatakan dirinya negatif menggunakan narkoba, B.I tetap memutuskan untuk keluar dari iKON dan YG Entertainment. Tak berhenti berkarya, ia tetap membuat demo lagu dan mengunggahnya ke akun Souncloud yang membuat penggemarnya heboh. Selain itu, B.I juga diketahui telah banyak melakukan kegiatan donasi.

5. Resmi jadi direktur eksekutif muda

Resmi Jadi Direktur Eksekutif, 5 Jatuh Bangun Karier B.I eks iKONallkpop.com

Lama tak terdengar kabarnya, kini B.I membawa kabar gembira untuk para penggemarnya. Pada 28 September 2020, B.I secara resmi ditunjuk sebagai direktur eksekutif Perusahaan IOK. Keputusan ini diambil berdasarkan rapat pemegang saham ke-21 Perusahaan IOK. Bak tokoh dalam KDrama, B.I resmi menjadi direktur eksekutif muda!

Itu dia 5 perjalanan karier B.I yang membuktikan dirinya tahan banting. Menghadapi berbagai rintangan membuat B.I gak berhenti untuk berjuang dan tetap semangat. Semoga perjalanan karier B.I ini bisa menginspirasi kita untuk gak mudah menyerah, ya. Selamat dan sukses terus Kim Hanbin!

Baca Juga: 9 Potret Selfie B.I eks iKON yang Memukau Abis, Bikin Kangen! 

Topic:

  • Olivia Sabat
  • Zahrotustianah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya