Comscore Tracker

5 Fakta Lagu "Lathi" Karya Weird Genius ft. Sara Fajira yang Viral

Gabungan dari berbagai unsur

Baru-baru ini muncul lagu yang semakin ramai jadi perbincangan di dunia maya hingga jadi viral. Lathi merupakan lagu karya Weird Genius yang digawangi oleh Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu. Dalam proyek ini, Weird Genius menggandeng rapper asal Surabaya, Sara Fajira. Sejak rilis pada 28 Februari 2020 lalu, Lathi kini sudah mencapai 25 juta viewers di channel YouTube dan meraih kesuksesan di Spotify dengan 7 juta streams.

Keunikan Lathi memang layak menarik perhatian banyak orang. Berikut ini beberapa fakta menarik dari lagu Lathi yang viral di jagad maya.

1. Lirik lagu ini merupakan gabungan dua bahasa

5 Fakta Lagu Lathi Karya Weird Genius ft. Sara Fajira yang Viralinstagram.com/weird.genius

Menilik dari judul lagu saja, tertangkap jelas bahwa ada unsur bahasa Jawa yang diusung di dalamnya. Menariknya, Lathi justru bukan lagu yang keseluruhan liriknya menggunakan bahasa Jawa. Lathi yang berarti ucapan, menggabungkan dua bahasa yaitu Inggris dan Jawa.

Dikemas dalam lirik berbahasa Inggris yang cukup dalam, nyatanya lirik bahasa Jawa ikut tampil sebagai kejutan dalam lagu ini. Dari fakta bahasa saja sudah jelas lagu ini akan langsung menjadi perbincangan penuh kekaguman dan kebanggaan.

2. Populer di TikTok karena unggahan beauty vlogger

Popularitas Lathi berawal dari aksi seorang beauty vlogger Indonesia, Jharna Bhagwani, yang mengunggah video tutorial makeup di media sosialnya. Wanita 17 tahun ini menuliskan kebanggaannya pada budaya Indonesia dengan menyertakan tagar #LathiChallenge. Mulai dari sini, Lathi semakin banyak menarik perhatian hingga menjadi viral.

Baca Juga: Viral di TikTok, Ini Lirik Lagu Lathi Milik Weird Genius & Sara Fajira

3. Mengangkat tema toxic relationship

5 Fakta Lagu Lathi Karya Weird Genius ft. Sara Fajira yang Viralinstagram.com/weird.genius

Jika mencermati keseluruhan liriknya, tampak jelas bahwa lagu ini mengusung kisah toxic relationship di dalamnya. Lathi bercerita tentang kebohongan dan ego dalam sebuah hubungan, termasuk tentang keberanian menghadapi hubungan tidak sehat. Berikut lirik lengkap lagu Lathi.

I was born a fool
Broken all the rules

Seeing all null
Denying all of the truth

Everything has changed
It all happened for a reason
Down from the first stage
It isn't something we fought for

Never wanted this kind of pain
Turned myself so cold and heartless
But one thing you should know

Pushing through the countless pain
And all I know that this love's a bless and curse

Everything has changed
It all happened for a reason
Down from the first stage
It isn't something we fought for

Never wanted this kind of pain
Turned myself so cold and heartless
But one thing you should know

'Kowe ra iso mlayu saka kesalahan
Ajining diri ana ing lathi'

4. Video klip lagu ini kental unsur tradisional

5 Fakta Lagu Lathi Karya Weird Genius ft. Sara Fajira yang Viralinstagram.com/weird.genius

Selain perpaduan dua bahasa yang tertangkap jelas, video Lathi juga terasa semakin istimewa. Video klip lagu ini menampilkan wayang serta tari tradisional Kuda Lumping lengkap dengan aksi memakan bola lampu dan menyemburkan api. Gak hanya tari tradisional, musik yang diusung pun menampilkan gabungan EDM atau Electric Dance Music dan unsur musik tradisional berupa gamelan. Unik, ya.

5. Jadi filter di tik tok

https://www.youtube.com/embed/TRIm_kMs9HI

Buat kalian yang hobi main tik tok pasti sudah gak asing dengan berbagai pilihan filter dan backsound yang disediakan oleh aplikasi yang satu ini. Menariknya, lagu Lathi juga sudah menjadi filter dan backsound resmi di aplikasi tik tok. Gak hanya itu, ternyata Lathi memiliki pencapaian pada posisi #4 di TikTok Global 20, lho. Makin bangga, ya dengan karya anak negeri ini.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik dari lagu Lathi karya Weird Genius. Buat yang belum tahu, ini dia video klipnya yang viral.

https://www.youtube.com/embed/8uy7G2JXVSA

Baca Juga: 10 Potret Sara Fajira, Penyanyi Lagu 'Lathi' yang Viral di Sosmed

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya