Comscore Tracker

10 Musisi Ternama yang Pernah Kolaborasi Bareng Ariana Grande, Hits!

Langganan Billboard Hot 100, lho!

Usai meniti karier di industri pertelevisian sejak 2008, Ariana Grande mulai melebarkan sayapnya ke dunia tarik suara. Lagu-lagu yang ia bawakan sukses merajai pasar dan mendominasi tangga lagu internasional.

Penyanyi kelahiran 1993 ini telah merilis enam album, Positions menjadi yang teranyar. Di setiap albumnya, pemilik suara sopran ini tak melewatkan kesempatan untuk berduet dengan musisi ternama. Mulai dari rapper hingga solois, simak 10 musisi yang pernah berkolaborasi dengan Ariana Grande sejak awal debut.

1. Mac Miller  

https://www.youtube.com/embed/_sV0S8qWSy0

Mendiang Mac Miller menjadi rapper pertama yang Ariana ajak kolaborasi di album debutnya Yours Trully. Keduanya membawakan "The Way" yang menceritakan sepasang kekasih dimabuk cinta.

"The Way" hadir dengan melodi yang ceria dan funky. Usai perilisannya, single utama Ariana ini menempati peringkat ke-9 di tangga lagu Billboard Hot 100.

2. Big Sean 

https://www.youtube.com/embed/fhcpubAVdmc

Tak hanya Mac Miller, pemilik produk kecantikan R.E.M. Beauty ini juga menggandeng rapper Big Sean dalam Yours Trully. "Right There" mengusung genre R&B 90-an dengan iringan drum dan trompet.

"Right There" berkisah tentang ungkapan rasa cinta dan pengorbanan demi sang kekasih. Lagu yang didapuk sebagai sekuel dari "The Way" ini mendapat tanggapan positif dari kritikus musik yang memujinya sebagai throwback musik Mariah Carey pada 90-an.

3. Nathan Sykes 

https://www.youtube.com/embed/b87dBaL4qI0

Suara emas Ariana Grande berpadu indah dengan Nathan Skyes dalam "Almost Is Never Enough," soundtrack film “The Mortal Instruments: City Of Bones." Nathan merupakan anggota boy band asal Inggris, The Wanted.

Lagu balad ini mengisahkan pasangan yang memutuskan hubungan karena menyadari usaha yang mereka lakukan untuk mempertahankan cinta tidak cukup kuat. Cocok banget buat kamu dengerin saat galau, nih.

4. Iggy Azalea  

https://www.youtube.com/embed/iS1g8G_njx8

Pada 2013, Ariana menggandeng rapper asal Australia, Iggy Azalea, yang saat itu tengah naik daun. Mereka membawakan "Problem" sebagai single utama dalam album kedua Ariana, My Everything.

Lagu bergenre dance pop dengan sentuhan R&B ini bercerita tentang ketakutan untuk menjalin kembali hubungan yang telah kandas. "Problem" debut di peringkat ke-3 di tangga lagu Billboard Hot 100 dengan 438 ribu kopi penjualan di minggu pertama.

5. Nicki Minaj 

https://www.youtube.com/embed/SXiSVQZLje8

"Side to Side" menjadi kolaborasi pertama Ariana bersama Nicki Minaj di albumnya yang ketiga, Dangerous Woman. Keduanya telah menjalin pertemanan sejak 2013 dan melakukan kolaborasi sebelumnya di album Nicki, The Pinkprint.

Saking populernya, video klip "Side to Side" memperoleh nominasi di 2017 MTV Video Music Awards untuk kategori Best Choreography. Lagu bernuansa pop reggae dengan kombinasi R&B ini pas banget buat menaikkan suasana hati kamu.

Baca Juga: Ada Don't Look Up, 5 Film dan Serial Terbaik Ariana Grande

6. Justin Bieber  

https://www.youtube.com/embed/pE49WK-oNjU

Di awal masa pandemik, Ariana dan Justin Bieber merilis "Stuck with U" di bawah naungan SB Projects. Lagu balad pop retro ini menggambarkan rasa syukur untuk bisa menghabiskan waktu dengan orang terkasih.

Perpaduan suara falseto Justin dan nada tinggi Ariana menciptakan vibes yang lambat, manis, dan penuh kasih. Lagu romantis ini wajib masuk di playlist pernikahanmu.

Seluruh keuntungan dari penjualan "Stuck with U" disumbangkan ke First Responders Children's Foundation untuk mendanai beasiswa anak-anak tenaga kesehatan yang terdampak pandemik. Salut!

7. Doja Cat  

https://www.youtube.com/embed/Lj4-SIa9bbk

Doja Cat membawa angin segar dalam album keenam Ariana, Positions. Lewat "motive," keduanya mencari tahu alasan atau motif di balik ketertarikan pasangan mereka.

Melodi yang catchy dan upbeat menyelimuti lagu dance-pop ini dari awal hingga akhir. Harmonisasi vokal Ariana yang ringan dan tempo rap Doja yang cepat menghadirkan momen dinamis penuh keceriaan.   

8. The Weeknd  

https://www.youtube.com/embed/dvndP8di-Uw

The Weeknd kembali menghiasi Positions usai sebelumnya sempat berkolaborasi bersama Ariana lewat "Love Me Harder." Kali ini, mereka membawakan "off the table," lagu balad R&B tentang upaya move on dan kembali menjalin asmara usai akhir yang tragis.

Lagu ini dieksekusi dengan sempurna. Ariana menyanyikan nada-nada tinggi dengan sangat mudah diiringi adlibs yang menggetarkan hati dari The Weeknd. Keduanya saling melengkapi dan tidak pernah mengecewakan.

9. Ty Dolla $ign 

https://www.youtube.com/embed/LBBZeJhteRE

Ty Dolla $ign menjadi musisi ketiga yang digandeng penyanyi keturunan Italia ini dalam Positions. Sebagai track ketujuh, "safety net" menandakan kolaborasi pertama Ariana dan Ty.

Lagu bernuansa slow R&B ini berisi tentang keinginan untuk kembali menjalin komitmen meski khawatir akan berakhir terluka tanpa jaring pengaman. Kelembutan suara Ariana dan vokal Ty yang menenangkan berpadu dengan apik.

10. Kid Cudi 

https://www.youtube.com/embed/BnyvDBGojoQ

Untuk kali kedua, Ariana kembali berduet dalam soundtrack film. Berpasangan dengan Kid Cudi, ia membawakan soundtrack film Don’t Look Up. Uniknya, keduanya ikut membintangi film komedi satir ini bersama Leonardo diCaprio dan Jennifer Lawrence.

Lewat lagu balad bertajuk "Just Look Up," Ariana dan Cudi memperingatkan orang-orang akan waktu yang terus berjalan menuju akhir dunia. Pemeran Cat Valentine dalam serial Victorious ini ternyata melakukan improvisasi saat pertama kali menyanyikan lagu ini, lho!

Kolaborasi Ariana dengan musisi lain semakin memperkaya karya musiknya. Pelantun "7 rings" ini selalu mencoba tampil beda dan tak segan untuk bereksperimen. Gak sabar menanti duet hits lainnya di albumnya mendatang.

Baca Juga: 9 Ide Pose Estetik ala Ariana Grande, Girly dan Instagramable Banget!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya