Comscore Tracker

7 Villain Marvel Paling Cerdas, Lebih Pintar dari Tony Stark!

Strateginya melawan para superhero patut diacungi jempol

Beberapa villain atau penjahat yang sering kita lihat dalam jagat Marvel Cinematic Universe (MCU) memiliki kecerdasan yang luar biasa.Tak heran para Avengers yang memiliki kekuatan hebat, bahkan orang cerdas seperti Tony Stark, sering kesulitan menghadapi mereka.

Tidak hanya pintar, beberapa dari mereka juga memiliki ideologi kuat untuk mengubah sesuatu. Hal itu yang justru membuat mereka memiliki semangat yang besar melawan para superhero.

Gak boleh diremehkan, berikut beberapa villain Marvel paling cerdas yang dianggap lebih pintar dari Tony Stark. Kelakuannya bikin kamu terheran-heran!

1. Ultron (Avengers: Age of Ultron) 

7 Villain Marvel Paling Cerdas, Lebih Pintar dari Tony Stark!Ultron. (Dok. Marvel/Avengers: Age of Ultron)

Ultron pada awalnya adalah sebuah AI (artificial intelligence) pintar yang dibuat oleh Tony Stark dan Bruce Banner. Ide awal membuat Ultron didasari dari mimpi Tony yang ingin membuat sebuah robot pintar untuk membantunya menyelamatkan dunia. Namun, pada akhirnya mimpi Tony tersebut berubah jadi mimpi buruk bagi manusia.

Ultron dengan cepat mempelajari peradaban manusia melalui internet membulatkan keputusan bahwa cara paling tepat untuk menyelamatkan dunia adalah kemusnahan manusia. Akhirnya, robot pintar yang mungkin melebihi penciptanya tersebut berubah menjadi villain menakutkan di Avengers: Age of Ultron (2015).

2. Agatha Harkness (WandaVision) 

7 Villain Marvel Paling Cerdas, Lebih Pintar dari Tony Stark!Agatha Harkness. (Dok. Marvel/WandaVision)

Penjahat utama dalam serial WandaVision (2021), Agatha Harkness, adalah penyihir yang hebat dan pintar. Ia memiliki bakat luar biasa dalam sihir dan berpengetahuan luas.

Salah satu bukti kecerdasannya dalam menjadi penjahat adalah berpura-pura sebagai tetangga yang baik bagi Wanda dan Vision dalam waktu lama. Ia sangat cerdik untuk mendapatkan kepercayaan Wanda dan Vision sembari menyesuaikan situasi.

Tak heran fans sangat suka dengannya. Bahkan Marvel membuatkan serial orisinalnya yang akan dirilis pada 2023 mendatang. Kecerdikan seperti inilah yang tidak dimiliki oleh Tony Stark, karena kita semua tahu pada akhirnya Tony adalah orang yang baik.

3. Loki (The Avengers) 

7 Villain Marvel Paling Cerdas, Lebih Pintar dari Tony Stark!Loki. (Dok. Marvel/The Avengers)

Fans MCU tau bahwa Loki sebenarnya adalah orang yang baik dan jadi antihero di serial terakhirnya. Loki sebenarnya juga pernah berbuat banyak kejahatan, terutama di film pertama The Avengers (2012). Perbuatanya menghancurkan New York dengan bala bantuan pasukan Thanos tentu tak bisa dimaafkan.

Dalam posisi menjadi seorang penjahat, Loki dapat dikategorikan sebagai salah satu penjahat terpintar di dalam MCU. Banyak bukti kuat untuk menyatakan hal ini, seperti membuat Avengers terpecah belah dengan mencuci otak mereka, menipu Thor dengan memalsukan kematiannya untuk merebut takhta Asgard dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 13 Bintang Utama Dari MCU Yang Jadi Pengisi Suara Untuk Film Animasi

4. Red Skull (Captain America: The First Avenger) 

7 Villain Marvel Paling Cerdas, Lebih Pintar dari Tony Stark!Red Skull. (Dok. Marvel/Captain America: The First Avengers)

Untuk mendominasi dunia serta menjadi ancaman besar bagi perdamaian, tentu membutuhkan kepintaran yang luar biasa. Itulah yang dimiliki Red Skull, sang pemimpin organisasi HYDRA.

Ia adalah penjahat yang kuat dan pintar. Kemampuannya dalam berpolitik membuatnya sangat ditakuti pada masa kejayaannya di film Captain America: The First Avengers (2011).

Banyak hal cerdik yang berhasil ia lakukan demi mendominasi dunia, mulai dari membuat pasukan dengan senjata super dari Tesseract, salah satu Infinity Stone yang dipakai Thanos, dan masih banyak lagi. Jika tidak ada Captain America, mungkin HYDRA akan berkuasa.

5. Zemo (Captain America: Civil War) 

7 Villain Marvel Paling Cerdas, Lebih Pintar dari Tony Stark!Zemo. (Dok. Marvel/Captain America: Civil War)

Membahas penjahat terpintar yang sangat menyusahkan bagi Avengers, Zemo mungkin jadi yang kedua setelah Thanos. Bagaimana tidak? Hanya orang ini yang bisa membuat Avengers terpecah belah hingga memutuskan bubar.

Dalam Captain America: Civil War (2016), Zemo termotivasi untuk membalas dendam kematian istrinya yang menjadi korban saat insiden Sokovia. Ia sangat pintar menemukan kelemahan fatal para Avengers, yaitu fakta bahwa orangtua Tony Stark sebenarnya dibunuh oleh Bucky.

6. Mysterio (Spider Man: Far From Homes) 

7 Villain Marvel Paling Cerdas, Lebih Pintar dari Tony Stark!Mysterio. (Dok. Marvel/Spider-Man: Far From Home)

Mysterio merupakan penjahat terpintar selanjutnya dalam MCU. Ia merupakan penjahat utama dalam Spider-Man: Far From Home (2019). Meskipun penjahat yang satu ini tidak pernah terlibat langsung dengan para Avengers, tetap saja ia patut ada dalam kategori ini.

Rencana Mysterio dalam memanfaatkan kenaifan Peter Parker yang masih muda sangat brilian. Rencana itu ia berhasil merebut teknologi super canggih milik mendiang Tony Stark. Meskipun pada akhirnya dikalahkan oleh Peter, tetapi Mysterio tetap tertawa di akhir film berkat keberhasilannya memfitnah Peter sebagai penjahat.

7. Thanos (Avengers: Infinity War) 

7 Villain Marvel Paling Cerdas, Lebih Pintar dari Tony Stark!Thanos. (Dok. Marvel/Avengers: Infinity Wars)

Kita semua pasti setuju bahwa Thanos adalah penjahat terkejam di dalam MCU Phase 3. Tidak hanya kejam, Thanos juga penjahat terpintar dengan ideologi dan rencana sempurna.

Kepintaran Thanos ini bahkan dipercaya melebihi dari Tony Stark. Salah satu momen percakapan Thanos dan Tony ketika mereka berhadapan di film Avengers: Infinity War (2018) adalah buktinya. Kala itu Thanos memberi tahu Tony kalau ia bukanlah satu-satunya yang dikutuk dengan kepintaran luar biasa.

Sang Iron Man bahkan sudah mewaspadai makhluk terkuat di planet Titan tersebut sejak lama. Alasan utama ia membuat robot berbahaya, seperti Ultron, tidak lain adalah karena Thanos.

Dari beberapa villain MCU di atas kita bisa mengetahui fakta menarik bahwa untuk menjadi seorang penjahat tidak cukup mengandalkan kekuatan saja. Kecerdasan dan ideologi yang kuat yang sebenarnya dibutuhkan. Terlepas dari semua itu, siapa lagi penjahat terpintar di MCU menurut kamu?

Baca Juga: 7 Superhero Marvel yang Punya versi Cowok dan Ceweknya, Ada She-Hulk

Ilham Maulana Photo Verified Writer Ilham Maulana

Penulis konten dan Hobies dalam dunia Anime, Film, Musik dan Olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya