Comscore Tracker

5 Film Horor 80-an Terbaik, Dijamin Bikin Gabisa Tidur!

Merinding banget!

Film bergenre horor banyak digemari orang pecinta segala sesuatu yang memicu adrenalin. Mulai dari efek suara, musik, dan sinematografi yang mendukung, bisa bikin film horor makin menyeramkan. 

Dari tahun ke tahun, film horor mengalami banyak perkembangan, seiring dengan majunya teknologi. Musik atau sinematografinya juga mengalami perkembangan. Namun, sebagian orang tetap merindukan tipe film horor dari masa lampau, seperti di tahun 1980-an.

Yuk, lihat apa aja sih film horor terbaik di tahun 80-an yang bikin merinding!

1. The Shining (1980)

https://www.youtube.com/embed/CMbI7DmLCNI

The Shining (1980) merupakan film hasil adaptasi novel Stephen King. Ceritanya mengenai seorang laki-laki yang menjadi penjaga hotel selama musim dingin berlangsung. Ia membawa keluarganya untuk tinggal sementara di hotel tersebut.

Dulunya, ada seorang penjaga hotel musim dingin yang membunuh seluruh keluarganya. Saat Jack Nicholson bersama keluarga berada di hotel tersebut, secara perlahan muncul keanehan.

Menariknya, film ini tidak menekankan pada banyaknya kemunculan hantu, tapi atmosfer mencekam yang secara perlahan dibangun.

2. A Nightmare on Elm Street (1984)

https://www.youtube.com/embed/dCVh4lBfW-c

Film yang disutradarai oleh Wes Craven ini bercerita soal bagaimana mimpi buruk bisa membunuhmu. Di film ini lahir tokoh horor ternama, Freddy Krueger yang digambarkan punya wajah terbakar dengan tangan dilapisi sarung tangan pisau. Ia akan membunuhmu di saat kamu sedang tertidur. 

Horor klasik ini dibintangi oleh John Saxon, Ronee Blakley, hingga Johnny Depp. Ceritanya yang sangat mencekam, dijamin bisa bikin kamu ketakutan. Bahkan, kamu juga akan terbawa ceritanya, sehingga tidak bisa tidur. 

Baca Juga: 5 Film Horor Seri Whispering Corridors yang Cocok Ditonton Weekend

3. The Thing (1982)

https://www.youtube.com/embed/ySvzHdtCiWE

Berbeda dengan kedua film sebelumnya, The Thing (1982) membawa genre horor science fiction. Ceritanya berawal dari satu kelompok peneliti Norwegia yang menemukan pesawat luar angkasa di Antartika. Tidak hanya pesawat yang ditemukan, melainkan juga sosok alien.

Horornya, alien tersebut suka menirukan sosok yang akan dimangsa. Hal ini yang bikin ceritanya semakin menarik, karena kamu harus menebak-nebak mana manusia dan bukan. 

4. Friday The 13th (1980)

https://www.youtube.com/embed/Xqqej9T2gqI

Tokoh horor yang muncul di film Friday the 13th (1980) juga sangat terkenal, Jason Voorhes. Film horor slasher ini bercerita mengenai pembalasan dendam Jason terhadap orang yang dianggap bertanggung jawab atas kematiannya. Jason sendiri adalah anak yang tenggelam di danau beberapa tahun lampau. 

Meskipun hanya mendapatkan rating 6,5 dari IMDb, tokoh Jason sangat dikenal sampai saat ini. Bahkan, muncul franchise film yang berjudul Freddy vs. Jason (2003), untuk tokoh horor slasher terkenal di masa itu.

5. Child's Play (1988)

https://www.youtube.com/embed/BhU0cCXYqw0

Siapa tidak mengenal Chucky, sebuah boneka menyeramkan yang bisa membunuh orang. Boneka yang tampak lucu tersebut, ternyata telah dirasuki oleh pembunuh berantai bernama Charless Lee Ray. Ia berusaha untuk memindahkan jiwanya dari boneka ke tubuh manusia.

Karakter Chucky tidak kalah ikonik dengan tokoh lainnya di film horor tahun 80-an. Bahkan, Chucky punya delapan franchise film. Semuanya cukup menyeramkan untuk ditonton, dijamin kamu akan kesulitan tidur. 

Nah, kamu udah pernah nonton horor klasik tahun 80-an yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Film Terlaris Sutradara James Wan, Penggemar Film Horor, Merapat!

Prila Sherly Photo Verified Writer Prila Sherly

@prilasher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You