Comscore Tracker

7 Dokumenter di HBO Ini Diangkat dari Kasus Kriminal Populer

Menguak fakta-fakta tersembunyi!

Akhir-akhir ini, acara dokumenter, dalam bentuk film maupun serial, sedang menjadi tontonan favorit berbagai kalangan. Cara pemaparan kejadian dan fakta yang memikat inilah yang menjadikan dokumenter termasuk acara yang tak boleh terlewatkan.

Dari berbagai topik yang diangkat, topik yang paling menarik adalah kriminal. Dari berbagai kasus kriminal yang dijadikan dokumenter, 7 kasus kriminal populer ini paling menarik perhatian. Apa saja, ya?

1. Allen v. Farrow (2021)

https://www.youtube.com/embed/cKTOj7HnLbo

Menceritakan skandal yang menimpa sutradara, penulis, sekaligus aktor Woody Allen atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anaknya bersama Mia Farrow, Dylan. Selain itu, dia juga menjalani hubungan kontroversi dengan anak angkat Mia Farrow, Soon-Yi, yang berumur 35 tahun lebih muda.

Serial ini menampilkan potongan video dokumentasi keluarga Mia Farrow, rekaman saat persidangan yang dilaksanakan tahun 1992, hingga dokumen yang diajukan untuk persidangan.

Banyak orang yang tidak percaya dengan tuduhan kepada Allen karena Woody Allen termasuk orang yang dihormati di Hollywood, bahkan di dunia berkat prestasinya di dunia perfilman. Serial dengan 4 episode mendapat banyak perhatian karena menampilkan fakta-fakta yang tertutupi oleh pamornya seorang Woody Allen.

2. I'll Be Gone in the Dark (2020)

https://www.youtube.com/embed/6_EVR1fI68o

Bulan Juni 1976 hingga Mei 1978 adalah momen yang paling mengerikan bagi warga Sacramento, California. Pasalnya, seorang pria tak dikenal melakukan pemerkosaaan hingga pembunuhan. Kejadian ini mendorong seorang wanita bernama Michelle McNamara mengungkap siapa pelaku sebenarnya.

Hasil investigasinya terhadap The Golden State Killer ini pun dijadikan sebuah buku. Serial 6 episode ini juga mengubah persepsi orang terdekat Michelle terhadapnya.

3. The Inventor: Out For Blood In Silicon Valley (2019)

https://www.youtube.com/embed/wtDaP18OGfw

Berbeda dengan kasus sebelumnya, film berdurasi 2 jam ini membahas skandal di dunia kesehatan Amerika Serikat tahun 2015. Elizabeth Holmes adalah pemilik perusahaan teknologi alat pengambil darah.

Alat ini digadang-gadang menjadi teknologi paling mutakhir dalam dunia kesehatan karena kemampuannya menganalisis darah hanya dengan satu tetes. Dua tahun berjalan, perusahaannya mendapat banyak keluhan dan beberapa karyawannya pun mengungkapkan rahasia besar di balik perusahaan milik Elizabeth Holmes ini.

Baca Juga: 6 Film dan Serial Dokumenter Netflix Baru Rilis Maret 2021, Catat!

4. I Love You, Now Die: The Commonwealth Vs. Michelle Carter (2014)

https://www.youtube.com/embed/FNTz5ceNSuU

Pada Juli 2014, ditemukan jasad seorang laki-laki, Conrad Roy, di dalam mobil. Setelah diselidiki, berbagai macam bukti pun muncul. Dari semua bukti yang terkuak, semua tertuju pada seorang gadis, Michelle Carter, yang merupakan pacarnya.

Diketahui bahwa korban memang menderita depresi dan berniat untuk bunuh diri. Bukannya mencegah korban untuk bunuh diri, gadis ini mengirim pesan singkat yang mendukung rencananya. Apa yang sebenarnya terjadi antara mereka berdua akan terkuak di sini.

5. The Jinx: The Life and Deaths of Robert Durst (2015)

https://www.youtube.com/embed/8ZabDYB7ijM

Seorang miliarder bernama Robert Durst dituduh melakukan tiga pembunuhan dalam 30 tahun terakhir, namun selalu lolos dari jerat hukum. Robert Durst dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap istrinya tahun 1982, teman dekatnya tahun 2000, dan tetangganya tahun 2001.

Saat tim pembuat dokumenter ini menggali lebih dalam latar belakangnya dan orang-orang di balik kejadian ini, mereka akhirnya menemukan jalan keluar terhadap kasus ini berkat rekaman tak disengaja. Karena tayangan serial 6 episode ini, Robert Durst akhirnya ditangkap tahun 2015 atas tuduhan pembunuhan tingkat pertama.

6. The Mystery of D.B. Cooper (2020)

https://www.youtube.com/embed/diuo8_VfpRw

Pada tanggal 24 November 1971, terjadi pembajakan pesawat terbang jenis Boeing 727 yang melakukan penerbangan dari Portland menuju Seattle. Pelaku meminta uang tebusan 200.000 USD lalu melakukan terjun payung untuk kabur.

Pelaku yang dikenal sebagai D. B. Cooper ini sampai sekarang tidak ditemukan dan menjadi salah satu kasus pembajakan pesawat tak terpecahkan dalam sejarah penerbangan Amerika Serikat. Dokumenter ini akan membeberkan fakta-fakta menarik tentang D. B. Cooper, mulai dari identitasnya, investigasi, hingga dugaan yang muncul.

7. Murder On Middle Beach (2020)

https://www.youtube.com/embed/P2cLva3oiiM

Bulan Maret 2010, hari di mana Barbara Hamburg dijadwalkan menghadiri persidangan pengajuan tuntutan kepada mantan suaminya, ditemukan tewas di halaman rumahnya. Polisi menduga mantan suaminya yang melakukan pembunuhan ini, namun tak ada bukti.

Selang tiga tahun, anak Barbara Hamburg, Madison, mengumpulkan bukti supaya bisa menemukan siapa pelakunya. Semakin dalam menggali fakta tentang ibunya, dia menemukan ternyata sang ibu bergabung dalam suatu grup The Gifting Table tahun 2008 yang mungkin memiliki hubungan dengan kematiannya.

 

Itulah ketujuh kasus populer yang dijadikan film maupun serial di HBO. Jangan sampai terlewatkan, ya!

Baca Juga: Selain Game of Thrones, Ini 10 Rekomendasi Series dari HBO

Aku Adalah Photo Verified Writer Aku Adalah

Hanya manusia biasa yang menginginkan uang banyak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya