Comscore Tracker

14 Rekomendasi KDrama tentang Dunia Kuliah, Kangen Ngampus!

Ada yang sudah kamu tonton? #WaktunyaKorea #IDNTimesHYPE

Masa kuliah selalu didambakan dan juga dirindukan. Masa tersebut adalah masa seseorang yang mulai beranjak dan berpikir dirinya sudah dewasa, namun di saat yang sama masih ingin bersenang-senang layaknya anak-anak bersama sahabat atau dengan kata lain masa mencari jati diri.

Buat kamu yang masih mahasiswa, tentu rindu dengan suasana kampus setelah lama dengan pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19. Namun, sejumlah drama  Korea tentang masa kuliah ini bisa mengurangi rasa kangenmu dengan suasana kampus. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

1. Heartstring (2011) 

https://www.youtube.com/embed/PToJR5nfEQ4

Bergenre komedi, Heartstring mengisahkan para mahasiswa jurusan musik meraih mimpinya. Lee Shin yang diperankan oleh Jung Yong Hwa adalah seorang mahasiswa jurusan musik modern sekaligus member dari band The Stupid.

Dikenal dingin dan cuek, Lee Shin juga merupakan tipe orang yang tidak memiliki minat selain musik. Namun, ia berubah setelah bertemu dengan mahasiswi jurusan musik tradisional yang bermain gayageum bernama Lee Gyu Won (diperankan oleh Park Shin Hye).

Drama MBC ini juga merupakan reuni antara Jung Yong Hwa dan Park Shin Hye yang sebelumnya beradu akting di drama You’re Beautiful pada tahun 2009 silam. Namun, Jung Yong Hwa harus merelakan Park Shin Hye bersama Jang Geun Suk.

2. Reply 1994 (2013) 

https://www.youtube.com/embed/USwh764Ul-M

Salah satu drama seri yang terkenal, Reply 1994 mengisahkan sekelompok mahasiswa rantau yang menempati rumah kos bersama di Seoul. Rumah kos tersebut milik Sung Dong Il dan Lee Il Hwa yang memiliki anak perempuan bernama Sung Na Jung (Go Ah Ra). Seperti seri lainnya, drama ini memiliki alur maju mundur yang membuat penonton terjebak dengan karakter yang akan menjadi suami Sung Na Jung.

Selain ketiganya, drama yang disutradarai Lee Won Ho ini diramaikan oleh kehadiran Jung Woo, Yoo Yeon Suk, Kim Sung Kyun, Son Ho Joon, Baro, dan Min Do Hee.

3. Twenty Again (2015) 

https://www.youtube.com/embed/4_rB0DBNCTE

Berjumlah 16 episode, Twenty Again bercerita tentang seorng wanita berusia 38 tahun bernama Ha No Ra (diperankan oleh Choi Ji Woo) yang meutuskan untuk belajar sebagai mahasiswi berusia 20 tahun.

Namun, Ha No Ra tak sengaja berkuliah di universitas yang sama dengan anaknya yang diperankan oleh Kim Min Jae. Ha No Ra juga dipertemukan kembali dengan Cha Hyun Suk (diperankan oleh Lee Sang Yoon) yang merupakan seorang dosen sekaligus teman lama yang menyukai Ha No Ra sejak masih muda.

Son Na Eun Apink pun hadir sebagai pacar Kim Min Jae bernama Oh Hye Mi dan Choi Won Young sebagai suami dari Choi Ji Woo.

Baca Juga: 7 Second Couple Drama Korea yang Sukses Bikin Gemas Penonton

4. Cheese in the Trap (2016) 

https://www.youtube.com/embed/t32L06_mjKM

Cheese in the Trap mengisahkan senior dan junior bernama Yoo Jung (diperankan oleh Park Hae Jin) dan Hong Seol (diperankan oleh Kim Go Eun), mahasiswa cerdas yang menempuh pendidikan di jurusan dan universitas yang sama.

Hong Seol dikenal sebagai sosok yang pekerja keras. Sementara Yoo Jung adalah mahasiswa populer yang menyembunyikan sifat aslinya, yaitu memanipulasi orang-orang agar menuruti perkataannya dan menyingkirkan orang yang tak disukainya.

Tak hanya keduanya, drama yang menyuguhkan romance-comedy ini juga menghadirkan bintang Korea, seperti Seo Kang Jun, Lee Sung Kyung, dan Nam Joo Hyuk.

5. Age of Youth (2016) 

https://www.youtube.com/embed/Id928TM9j3A

Memiliki 2 season, Age of Youth menyuguhkan cerita persahabatan mahasiswi yang tinggal bersama di rumah sewa. Mereka memiliki masalah hidup dan rahasianya masing-masing dengan karakter dan latar belakang yang berbeda. Mahasiswi tersebut diperankan oleh Han Ye Ri, Han Seung Yeon, Park Eun Bin, Ryu Hwa Young, dan Park Hye Soo.

Setahun setelahnya, musim 2 dari Age of Youth tayang dengan perubahan pemain, yaitu Ji Woo menggantikan Park Hye Soo yang sebelumnya memerankan karakter Yoo Eun Jae dan munculnya karakter baru yang diperankan oleh Choi Ah Ra.

6. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016) 

https://www.youtube.com/embed/AMIStQUvc7s

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo bercerita tentang perjuangan para mahasiswa yang juga seorang atlet dalam mencapai mimpinya di Universitas Olahraga. Lee Sung Kyung berperan sebagai atlet angkat besi bernama Kim Bok Joo yang telah menunjukkan bakatnya sejak kecil, sementara Nam Joo Hyuk merupakan seorang atlet renang bernama Jung Joon Hyung yang memiliki trauma setelah didiskualifikasi di ajang internasional pertamanya.

Kyung Soo Jin dan Lee Ja Yoon pun didapuk sebagai second lead dari drama yang mengangkat tema olahraga tersebut. Kyung Soo Jin berperan sebagai seorang pesenam yang juga mantan Joon Hyung dan Lee Jae Yoon menjadi kakak Joon Hyung sekaligus seorang dokter.

7. Love Playlist (2017) 

https://www.youtube.com/embed/qP8Ku6VJ0Vk

Salah satu web drama populer, Love Playlist menceritakan kisah persahabatan dan percintaan yang terjadi antara 4 mahasiswa bernama Lee Hyun Seung (Kim Hyung Suk), Han Jae In (Lee Yoo Jin), Kim Min Woo (Choi Hee Seung), dan Kwak Joon Mo (Im Hwi Jin).

Kisah tersebut berawal dari satu-satunya perempuan di kelompok tersebut, yakni Jae In yang diam-diam menyukai Hun Seung. Namun, ia tahu jika cintanya bertepuk sebelah tangan karena Hyun Seung telah memiliki seorang pacar.

Pada musim keempat, Kim Sae Ron pun ikut serta membintangi Love Playlist sebagai karakter yang bernama Seo Ji Min.

8. Go Baek Couple (2017) 

https://www.youtube.com/embed/85yyNh0LHX8

Drama yang diadaptasi dari webtoon berjudul Do it One More Time karya Hong Seung Pyo ini mengisahkan pasangan Choi Ban Do (diperankan oleh Son Ho Jun) dan Ma Jin Jo (diperankan oleh Jang Na Ra) yang telah menikah selama lebih dari 10 tahun dan dikaruniai seorang putra. Mereka pertama kali bertemu saat kuliah di universitas yang sama.

Suatu hari, mereka bertengkar hingga mengaku menyesal telah menikah muda dan berharap bisa kembali ke masa lalu di saat keduanya belum bertemu. Namun, mereka justru terbangun di masa lalu sebagai mahasiswa.

Jang Ki Yong yang sedang membintangi drama My Roommate Is a Gumiho ikut serta dalam drama ini sebagai senior keduanya yang menyukai Jang Na Ra.

9. My ID is Gangnam Beauty (2018) 

https://www.youtube.com/embed/pBwTLwHzV8I

Selain tentang dunia perkuliahan, My ID is Gangnam Beauty juga mengangkat fenomena standar kecantikan di Korea Selatan yang sangat tinggi. Sering diejek karena parasnya yang dianggap jelek, Kang Mi Rae (diperankan oleh Im Soo Hyang) memutuskan untuk melakukan operasi plastik sebelum masuk universitas.

Namun, kecantikan baru Mi Rae membuatnya mendapat julukan “Gangnam Beauty” karena kecantikannya juga dimiliki oleh orang yang melakukan operasi plastik di Gangnam. Ia juga bertemu dengan Do Kyung Seok (diperankan oleh Cha Eun Woo) yang merupakan teman SMP Kang Mi Rae sekaligus rekannya di jurusan yang sama.

Drama JTBC ini juga diramaikan oleh kehadiran Jo Woo Ri dan Kwak Dong Yeon.

10. Twenty Twenty (2020) 

https://www.youtube.com/embed/6IutKNk_zLE

Menghadirkan pemain A Teen 2 sebagai cameo di awal drama, Twenty Twenty merupakan web drama yang diproduksi oleh Playlist. Web drama ini bercerita tentang mahasiswa berusian 20-an yang sedang meraih mimpinya. Tak semudah yang didambakan, para mahasiswa tersebut menghadapi masalah nyata saat menjadi dewasa.

Twenty Twenty merupakan drama debut Kim Woo Seok. Ia memerankan karakter bernama Lee Hyun Jin yang menjadi mandiri dan kesepian karena kesibukan orang tuanya. Member UP10TION sekaligus Eks X1 tersebut juga beradu akting dengan Han Sung Min, Park Sang Nam, Jin Ho Eun, Chae Won Bin, dan Chan A.C.E.

11. Law School (2021) 

https://www.youtube.com/embed/IR9cIGXbYLk

Setelah comeback di Tale of the Nine Tailed, Kim Bum langsung meramaikan drama Law School sebagai karakter yang bernama Han Joon Hwi. Ia adalah mahasiswa hukum tahun pertama yang paling cerdas.

Law School sendiri bercerita tentang para mahasiswa dan profesor sekolah hukum terbaik di Korea Selatan yang terlibat dengan kasus tak biasa. Han Joon Hwi bersama profesor dan teman-temannya berusaha memecahkan kasus tersebut dengan pengetahuan hukum yang dimiliki mereka.

Pemain Reply 1988, yakni Ryu Hye Young ikut serta dalam Law School sebagai mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang berhasil masuk sekolah hukum dengan mendapat beasiswa. Kim Myung Min dan Lee Jung Eun pun hadir dengan memerankan profesor yang membantu para mahasiswa.

12. My Roommate Is a Gumiho (2021)

https://www.youtube.com/embed/oFhcqyih048

Disutradarai oleh Nam Sung Woo, drama tersebut menceritakan tentang seorang mahasiswi jurusan sejarah bernama Lee Dam (diperankan oleh Lee Hye Ri) yang harus berurusan dengan Gumiho bernama Shin Woo Yeo (diperankan oleh Jang Ki Yong) yang ingin menjadi manusia. Masih berlangsung, My Roommate Is a Gumiho tayang setiap hari Rabu dan Kamis hingga berjumlah 16 episode.

Selain mereka, My Roommate Is a Gumiho juga dibintangi oleh Kang Han Na dan Kim Do Wan yang sebelumnya beradu akting di drama Start-Up bersama Suzy dan Nam Joo Hyuk.

13. At a Distance, Spring Is Green (2021) 

https://www.youtube.com/embed/iWZAEcAPCDg

Menggantikan slot drama Youth of May, drama yang diadaptasi dari webtoon populer berjudul Blue Spring from a Distance ini mengisahkan perjuangan mahasiswa menghadapi kenyataan pahit dari dunia yang keras.

Park Ji Hoon berperan sebagai mahasiswa bisnis bernama Yeo Joon yang hidupnya terlihat indah dan sempurna tetapi sebenarnya memiliki hidup yang dingin dan keras. Ia pun bertemu dengan seniornya yang bernama Kim So Bin (diperankan oleh Kang Min Ah) dan Nam Soo Hyun (diperankan oleh Bae In Hyuk).

At a Distance, Spring Is Green juga menghadirkan Kwon Eun Bin CLC yang memerankan sosok yang bernama Wang Young Ran. Sementara aktor yang naik daun berkat drama Mr. Queen, yakni Na In Woo juga ikut meramaikan sebagai seorang profesor sekaligus kakak dari Yeo Joon.

14. Dear. M

https://www.youtube.com/embed/hZItZCMOQAw

Belum menetapkan tanggal tayang, Dear. M merupakan drama spin off dari web drama Love Playlist. Drama tersebut menceritakan tentang perjuangan empat mahasiswa mencari sosok “M” yang membuat kampus geger dengan tulisan anonimnya di situs komunitas Universitas Soyeon. Keempat mahasiswa tersebut adalah Ma Joo Ah (Park Hye Soo), Cha Min Ho (Jaehyun NCT), Seo Ji Min (Noh Jung Ui), dan Park Ha Neul (Bae Hyun Sung).

Namun, setelah Park Hye Soo dituduh telah melakukan bullying terhadap temannya, netizen pun meminta Park Hye Soo mundur dari Dear. M. Hal tersebut membuat penayangan drama ini ditunda dan belum ada kelanjutan mengenai kapan drama Dear. M akan ditayangkan.

Dari empat belas drama Korea di atas mungkin sudah tak asing lagi buat kamu. Setelah menontonnya, bikin nostalgia masa-masa indah saat kuliah gak nih?

Baca Juga: 5 Drama Korea Underrated Paruh Pertama 2021 Ini Bagus Banget!

Queena Sekar Jasmine Photo Verified Writer Queena Sekar Jasmine

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya