Comscore Tracker

Bakal ke Jakarta, 7 Alasan Kamu Harus Ngefans Band Korea DAY6

#YOUTHinJKT KPop gak melulu identik dengan boyband lho

Kenalin nih grup band pertama besutan JYP Entertainment, DAY6. Band yang mengusung genre rock ini, debut pada 7 September 2015 dengan mini album "The Day". DAY6 yang beranggotakan 5 orang (Sungjin, Jae, Young-K, Wonpil dan Dowoon) ini akan menggelar DAY6 1st World Tour Concert 'Youth' yang diselenggarakan di The Kasablanka Main Hall, 8 Desember mendatang.

Kalau kamu butuh angin segar di dunia permusikan Korea, saatnya kamu mengenal DAY6 lebih dalam nih. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. So, let's check it out!

1. Setiap member punya cerita unik tersendiri sebelum akhirnya debut di DAY6

Bakal ke Jakarta, 7 Alasan Kamu Harus Ngefans Band Korea DAY6Wattpad

Main vocalist sekaligus leader bagi DAY6, Park Sungjin ialah pemenang dari "JYP Vocal Audition 2010" bersama dengan Kim Wonpil yang saat ini berperan sebagai synthesizer, keyboardist dan vocalist. Sedangkan member tertua Park Jaehyung (guitarist, rapper, vocalist) atau yang akrab dipanggil Jae ialah jebolan SBS K-Pop Star season 1, meski hanya menduduki peringkat 6 namun Jae berhasil dikontrak ekslusif oleh JYP. FYI, sebelum menjadi K-Pop star, Jae ialah seorang youtubers yang aktif ngecover lagu. Ssst, kini Jae masih aktif ngevlog lho, coba aja tengok channel Youtubenya, Jaesix.

Beralih ke member selanjutnya, Kang Young Hyun (bassist dan guitarist). Member yang dulunya pernah bersekolah di Kanada ini, memiliki band bernama Third Degree yang beranggotakan 3 orang. Sebelum mengganti nama panggungnya menjadi Young-K, di Kanada dia lebih dikenal dengan nama Brian Kang. Sampai sekarang MyDay (sebutan fans untuk DAY6) masih sering iseng manggil Young-K dengan Brian, sampai-sampai Young-K suka kesel sendiri tuh. Yak, lanjut ke uri maknae Yoon Do Woon. Dowoon bukan termasuk line up asli dari DAY6 lho, dirinya bergabung untuk posisi drummer saat DAY6 sudah debut di pertengahan 2015.

2. Siapa sangka kalau awalnya DAY6 bernama 5LIVE dan line up aslinya tanpa Dowoon lho

Bakal ke Jakarta, 7 Alasan Kamu Harus Ngefans Band Korea DAY6Twitter/@PJaehyung

Sebelum bernama DAY6, Park Jinyoung (CEO JYP Entertainment) sempat ngasih mereka nama 5LIVE. Line up asli dari DAY6 juga sebenarnya tanpa Dowoon, melainkan hanya Sungjin, Wonpil, YoungK, Jae dan Junhyeok. Dan untuk posisi awal, Sungjin gak berperan sebagai guitarist tapi cajonist (sejenis alat musik yang dipukul seperti gendang) dan Young-K sebagai guitarist.

Saat debut sebagai 5LIVE, mereka tampil pertama kali di layar kaca sebagai bintang tamu untuk variety show "Who is Next : Win" di episode 5 bersama GOT7 dan Winner (yang saat itu juga masih menjadi trainee di JYP dan YG) pada 2014 lalu. Dan 5LIVE juga ngeluarin single "Lovely Girl" untuk ost drama Pretty Man.

3. Kerja keras mereka terbayarkan dengan debut official dan berganti nama jadi DAY6

Bakal ke Jakarta, 7 Alasan Kamu Harus Ngefans Band Korea DAY6OneHallyu

Finally! Pada 7 September 2015 5LIVE resmi mengganti nama mereka menjadi DAY6 yang memiliki artian 6 member mewakili 6 hari dalam seminggu, sedangkan MyDay mewakili hari ke-7 dalam seminggu. Intinya DAY6 dan MyDay saling melengkapi, uh so sweet banget gak sih?

DAY6 debut secara official dengan mengeluarkan album mini pertama "The Day" dan single utamanya "Congratulations". Dentuman drum dan alunan gitar yang sangat ear catching, menjadikan lagu debut DAY6 sukses besar di pasaran! Buat kamu yang suka dengan genre rock, IDN Times sangat merekomendasikan lagu ini untuk kamu chingu.

https://www.youtube.com/embed/x3sFsHrUyLQ

Baca Juga: Bakal ke Indonesia, 10 Lagu Winner yang Wajib Hafal Sebelum Nonton!

4. Bakat mereka terbukti dengan penjualan tiket concert pertama di Seoul yang ludes hanya dalam hitungan menit!

Bakal ke Jakarta, 7 Alasan Kamu Harus Ngefans Band Korea DAY6Korea.com

Setelah resmi debut di 2015, DAY6 aktif melakukan busking di beberapa tempat terkenal di Korea. Sebut saja seperti Hongdae, tempat favorit hangout anak gaul Seoul. Hal ini dilakukan mereka untuk lebih menarik minat pendengar, mengingat JYP gak mempromosikan DAY6 di program musik mingguan, seperti M! Countdown, Music Bank atau Inkigayo.

Meski begitu, kualitas bermusik DAY6 patut diacungi jempol. Buktinya mereka menggelar “DAY6 1st Live Concert” pada 20 November 2016 di Seoul Yes24 Movie Hall dan tiket yang terjual habis hanya dalam hitungan menit! Daebak.

5. Di tahun kedua setelah debut, DAY6 harus struggle meski tanpa Junhyeok

Bakal ke Jakarta, 7 Alasan Kamu Harus Ngefans Band Korea DAY6DailyKpopNews

Kabar mengejutkan datang dari Junhyeok (keyboardist, vocalist). Setelah dua tahun debut official bersama DAY6 dirinya memutuskan untuk hengkang dari band yang telah membesarkan namanya tersebut. JYP pun dengan berat hati memberikan statement bahwa keputusan Junhyeok keluar ialah karena masalah pribadi.

Tapi banyak fans yang berspekulasi bahwa Junhyeok telah melanggar salah satu pasal di kontrak, yakni soal larangan dating. Rumor yang beredar Junhyeok berpacaran dengan salah satu fans. Terlepas dari kontroversi yang beredar, kini Junhyeok sudah sukses meniti karirnya sebagai soloist setelah sebelumnya mengikuti survival show "The Unit". Sukses terus ya Im Jun Hyeok!

6. Membuat project Every DAY6 hanya untuk MyDay tersayang

Bakal ke Jakarta, 7 Alasan Kamu Harus Ngefans Band Korea DAY6Aminoapps.com

Project Every DAY6 merupakan bukti keloyalan mereka terhadap bermusik, gimana gak? Setiap bulannya dari Januari hingga Desember 2017, DAY6 merilis 2 lagu dan rutin ngadain mini konser. Project ini diawali dengan lagu "I Wait" dan "Goodbye Winter" yang lagunya di produce langsung oleh member DAY6.

Setelah project Every DAY6 ini selesai, lagu yang rilis pada Januari sampai Juni dikemas dalam album studio "Sunrise" dengan total 14 lagu (termasuk versi reboot "Letting Go" dan versi final "Congratulations"). Sedangkan untuk lagu yang rilis Juli-Desember dikemas dalam album Moonrise. FYI, di album ini mereka juga memasukkan 5 lagu utama di album pertama "The Day" dengan versi final (alias rekaman ulang tanpa suara merdunya Junhyeok).

Kalau kalian penasaran, coba deh intip MV "I Wait" yang keren banget ini! Diawali dengan suara lembut Jae ngebuat kamu jadi makin pengen deket dengan cowok yang memiliki tinggi badan 182 cm dan mempunyai nama panggilan chicken little ini! Uwu...

https://www.youtube.com/embed/O3nFopIjmjI

7. Untuk pertama kalinya, akhirnya DAY6 menggelar 1st World Tour 'Youth' 2018 hingga ke Eropa!

Bakal ke Jakarta, 7 Alasan Kamu Harus Ngefans Band Korea DAY6Kpopping.com

Wow, sebagai MyDay siapa sih yang gak bangga melihat band kesayangannya sudah tumbuh besar seperti sekarang ini? Setelah bekerja keras sejak debut di 2015 akhirnya DAY6 ngadain 1st World Tour 'Youth' di Asia, Australia, North America dan Canada. Sedangkan pada 2019 akan menyusul jadwal konser di Eropa!

Kabar gembiranya Indonesia juga menjadi salah satu negara yang akan mereka tuju. Bertempat di Kasablanka Hall yang memiliki kapasitas 10.000 penonton, DAY6 akan menyapa MyDay setelah gak bertemu sejak 2017 di Saranghaeyo Indonesia. Sebelum mengumumkan jadwal world tour mereka, DAY6 terlebih dulu comeback dengan album Youth Part 1 dengan lagu andalannya "Shoot Me". So, tunggu apalagi stan talent stan DAY6!

https://www.youtube.com/embed/kEJJue7_lyA

Baca Juga: 13 Transformasi Member Seventeen, Menggemaskan & Berbakat dari Kecil!

Topic:

  • Qatrunnada Rahmatika
  • Erina Wardoyo

Just For You