Comscore Tracker

9 Lagu Hits Ini Ternyata Hasil Kolaborasi Personel RAN dan Maliq

Hampir semua lagunya sudah jadi soundtrack kisah hidup nih!

Lima tahun menjadi pencipta lagu sekaligus produser musik pop andal, musisi Lale, Ilman dari Maliq & D'Essentials dan Nino RAN atau lebih dikenal dengan Laleilmanino ini, ternyata sempat dicibir bahwa proyek mereka hanya euforia sesaat.

Sepanjang tahun 2018 lalu, mereka telah membuat lebih dari 70 karya lagu, baik itu menciptakan lirik lagu, menggubah musik dan juga memproduseri musisi.

Kerennya, beberapa lagu bikinan mereka ini, berhasil masuk menjadi lagu top yang mewarnai telinga masyarakat. Apa satu diantaranya ada di musik playlist kamu?

1. Marion Jola - Jangan feat Rayi Putra (2018)

https://www.youtube.com/embed/Y5q7etvf8_o

Video klip 'Jangan' yang dinyanyikan Marion Jola bareng Rayi RAN ini, ternyata sempat menjadi trending di Youtube dan sudah ditonton 45 juta orang saat artikel ini ditulis.

Nggak heran, lewat lagu yang dikemas ringan dan energik ini, Laleilmanino pun berhasil meraih predikat sebagai produser rekaman terbaik dari AMI Awards tahun lalu.

Menariknya, lagu 'Jangan' ini sudah ditulis sejak tahun 2016, yang justru dinyanyikan oleh penyanyi baru yang dirasa cocok, yaitu di tahun 2018 bersama Marion Jola. Kabar baiknya, album dan semua lagu Marion Jola yang rencananya akan dirilis tahun ini, bakal ditulis dan diproduseri sama Laleilmanino. Wah, nggak sabar!

2. Ahmad Abdul - Bukan Cintaku (2019)

https://www.youtube.com/embed/j4IGi5C-Izk

Dirilis 1 Maret lalu, Runner up Indonesian Idol 2018 ini, sangat cocok membawakan lagu 'Bukan Cintaku'. Dengan suaranya yang tinggi dan karakter suara yang sekilas mirip penyanyi Adam Levine ini, lagu Bukan Cintaku berhasil bikin netizen yang dengar jadi agak baper nih.

3. Lalahuta - Tunggu Apalagi (2018)

https://www.youtube.com/embed/op3m-KdDNVk

Siapapun yang pertama kali mendengar lagunya di platform musik digital, tentu sukses membuat pendengar penasaran. "Siapa nih yang nyanyi?" nggak jarang, beberapa orang pun tertarik cari tahu siapa composer dari lagu 'Tunggu Apalagi' ini, yang ternyata trio composer mudayaitu Laleilmanino.

Karena keberhasilan lagu yang diciptakan sejak 2017 ini pun, Lalahuta sempat masuk nominasi AMI Awards 2018 dalam kategori Duo/Grup/Vokal Grup/Kolaborasi Pop.

4. Vidi Aldiano - Tak Sejalan (2018)

https://www.youtube.com/embed/aDq6X79yt-Q

Lagu 'Tak Sejalan' ini bercerita tentang seseorang yang yakin dengan orang yang dia cintai, tapi ternyata keinginannya tuk bersama nggak berjalan dengan baik karena mau bagaimanapun ada yang mengatur cerita manusia, yaitu Tuhan.

Meskipun lagunya bertema patah hati, tapi musiknya nggak bikin kamu patah hati beneran. Justru lagu ini malah membuat siapa saja yakin bahwa patah hati itu jalan untuk menemukan jodoh sesungguhnya. Salut untuk Laleilmanino!

Baca Juga: Bikin Adem, 6 Lagu Lawas Maliq D'essentials yang Eksis Hingga Sekarang

5. Widi Mulia - Wahai Kau Tuan (2017)

https://www.youtube.com/embed/s8jigmtcmVI

Lagu yang dibuat oleh Laleilmanino dalam rangka merayakan 10 tahun pernikahan Widi B3 dan Dwi Sasono, sungguh terasa hangat dan romantis.

Sekilas, musiknya pun dibuat dengan karakter musik Guruh Soekarno Putra, yang membawa telinga pendengar makin hanyut dibuai rasa cinta kepada pasangannya. Hasil kerja Laleilmanino ini pun cocok banget lho jadi soundtrack resepsi pernikahan kamu.

6. HIVI! - Pelangi (2016)

https://www.youtube.com/embed/bBjENsfyvFs

Lagu yang videonya sudah dilihat oleh 17 juta penonton YouTube ini, ternyata juga menjadi soundtrack film Dear Nathan. Gara-gara menjadi original soundtrack pula, makin banyak yang mendengar lagu ini karena liriknya yang memang dekat dengan pengalaman cinta seseorang.

Meski telah membuat banyak lagu, Laleilmanino nggak pernah kehilangan ide kreatifnya menciptakan musik yang berkualitas. Dengar saja, chord lagu 'Pelangi' ini yang hampir semuanya minor dan berganti tiap dua ketuk, bikin kamu makin ngidolain Lale, Ilman dan Nino.

7. BCL - Memilih Dia (2019)

https://www.youtube.com/embed/Q7nx7Mz0enI

Lagu yang dirilis bertepatan dengan ulang tahun BCL ke-36 tahun ini, sudah mendapat 2,3 juta penonton YouTube selama sebulan lebih. Tidak sedikit netizen yang senang akhirnya BCL kembali menyanyikan lagu ballad, karena musiknya identik dengan lagu galau.

Proses rekaman lagu ini pun, cuma berlangsung sekitar dua jam. Mungkin karena lagu dan liriknya yang memang mengena di hati BCL ya. Apalagi kalau dimainkan pas lagi hujan, tambah sedap deh nih ciptaannya Laleilmanino.

8. Armand Maulana - Sebelah Mata (2016)

https://www.youtube.com/embed/Qt_Dj2MzroQ

Seorang Armand Maulana saja bahkan mempercayakan single 'Sebelah Mata' pada tahun 2016 lalu untuk diaransemen dan dikarang liriknya oleh Laleilmanino.

Kecerdasan bermusik mereka terlihat dari lirik lagu ini. Bercerita tentang seseorang yang jatuh cinta kepada orang yang malah meremehkannya. Tapi tidak ada rasa sedih dalam lirik tersebut, hanya sebuah ungkapan cinta seseorang yang tidak perlu pembalasan dari yang dicintai. Ah keren!

9. Rizky Febian - Menari (2018)

https://www.youtube.com/embed/m_pS_N88Z8Q

Meski hanya sebagai produser dan pengaransemen musik, Laleilmanino selalu mampu menghadirkan karakter musik gubahan mereka. Dengar saja, petikan gitar akustik di awal lagu 'Menari' yang liriknya diciptakan oleh Rizky Febian ini, sangat terasa kental meski full musik. Lagu Menari pun hingga detik ini berhasil menembus 8,4 juta penonton YouTube.

9 Lagu Hits Ini Ternyata Hasil Kolaborasi Personel RAN dan Maliqinstagram.com/ninokayam

Dari 9 lagu yang hits ini, tentu mereka ingin menunjukkan bahwa meski masih muda, jangan pernah meremehkan hasil karya Laleilmanino, yang suatu saat bisa saja mendunia. Bahkan dari caption di foto Nino RAN, ia berharap bahwa karya Laleilmanino bisa menjadi soundtrack kisah pendengarnya, entah itu galau atau lagi jatuh cinta.

Selain 9 lagu ini, ada yang tahu lagu apalagi yang mereka sudah ciptakan?

Baca Juga: Gandeng Pacar Baru, Ini 10 Potret Mesra Nino RAN & Merdianti Octavia

Ribka Damanik Photo Community Writer Ribka Damanik

Nulis demi kepuasan batin | @er.ers & @yanabring.bags anak kesayangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You