Comscore Tracker

8 Fakta di Balik Pembuatan Lagu 'Lathi' yang Viral Saat Ini

Lirik bahasa Inggrisnya ditulis dalam waktu singkat

Lathi merupakan sebuah lagu hasil kolaborasi Weird Genius dengan Sara Fajira yang merupakan rapper asal Surabaya. Lathi resmi dirilis pada 28 Februari 2020 yang lalu. Sampai pada artikel ini ditulis, video musik dari Lathi telah mencapai 42 juta tayangan di Youtube. Tak heran memang, musik dari Lathi ini enak didengar dan bertaraf internasional.

Weird Genius sendiri merupakan grup musik EDM yang terdiri dari Reza Arap, Eka Gustiwana dan Gerald Liu. Pada lagu Lathi, ketiga anggota Weird Genius ini turut serta dalam pembuatan lagunya. Di balik pembuatan lagu Lathi ini terdapat pula beberapa fakta menarik. Berikut 8 fakta menarik di balik pembuatan lagu Lathi

1. Musiknya merupakan perpaduan dari musik tradisional dengan musik kekinian

8 Fakta di Balik Pembuatan Lagu 'Lathi' yang Viral Saat IniInstagram/weird.genius

Pada lagu 'Lahti', Weird Genius memadukan musik EDM dengan musik tradisional. Walaupun beat dari lagu 'Lathi' cukup kuat tetapi mereka menambahkan instrumen gamelan ke dalam musiknya. Jika kita mendengar lagu ini secara saksama, pada bagian built up lagu ini juga terdapat lirik nyinden yang dinyanyikan oleh Sara Fajira. Lagu 'Lathi' ini memang menjadi salah satu bukti bahwa perpaduan musik kekinian dan musik tradisional ternyata sangat bagus.   

2. Lirik lagu terdiri dari bahasa Inggris dan bahasa Jawa  

8 Fakta di Balik Pembuatan Lagu 'Lathi' yang Viral Saat IniPexels/Elina Sazonova

Lirik dari lagu 'Lathi' terdiri dari bahasa Inggris dan bahasa Jawa. Lirik bahasa Inggrisnya ditulis oleh Reza Arap, Eka Gustiwana sementara lirik bahasa Jawanya ditulis oleh Sara Fajira. Lirik bahasa Inggrisnya sendiri bercerita tentang toxic relationship dan arti dari lirik bahasa Jawanya adalah "Kamu tak bisa lari dari kesalahan, harga dirimu ada pada mulutmu". 

3. Reza Arap menulis lirik awal hanya dengan waktu 10 menit 

8 Fakta di Balik Pembuatan Lagu 'Lathi' yang Viral Saat IniInstagram/weird.genius

Pada awalnya, Sara Fajira juga diminta untuk menulis lirik bahasa Inggrisnya. Setelah di coba untuk memperdengarkan lirik yang ditulis oleh Sara, mereka merasa liriknya terlalu panjang, tidak sesuai dengan jati diri dari Weird Genius yang liriknya sedikit tapi bermakna. Oleh karena itu, Reza Arap memutuskan mengganti liriknya. Reza Arap menulis lirik dengan versinya sendiri. Arap menulis liriknya hanya dengan waktu 10 menit. Setelah lirik tersebut dinilai cocok, Arap dan Eka Gustiwana kemudian menyempurakan lirik tersebut. 

4. Musiknya diproduksi langsung oleh Eka Gustiwana dengan Gerald Liu

8 Fakta di Balik Pembuatan Lagu 'Lathi' yang Viral Saat IniInstagram/ekagustiwana

Seperti musik-musik lain dari Weird Genius, 'Lathi' ini juga diproduksi langsung oleh mereka. Ide dari 'Lahti' ini sendiri berasal dari Eka Gustiwana. Setelah Eka melempar konsep yang diinginkannya, Gerald mencoba memperbaiki serta menyempurnakan apa yang telah dibuat Eka. Saling bertukar ide dan pendapat tentang apa yang kurang dalam musiknya hingga jadilah lagu 'Lathi' seperti sekarang ini. 

Baca Juga: Hype Abis, 10 Cover 'Lathi' yang Gak Kalah Sama Original Version

5. Pembuatan lagu memakan waktu 7 hari

8 Fakta di Balik Pembuatan Lagu 'Lathi' yang Viral Saat IniInstagram/ekagustiwana

Proses pembuatan lagu 'Lathi' ini terbilang cukup singkat. Proses pembuatan musiknya memerlukan waktu empat hari, penulisan liriknya sehari, recording sehari dan mixing sehari. Total waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan lagu 'Lathi' ini adalah tujuh hari. 

6. Lagunya sendiri terdiri atas 90 audio track

8 Fakta di Balik Pembuatan Lagu 'Lathi' yang Viral Saat IniInstagram/ekagustiwana

Pembuatan dari lagu 'Lathi' ini juga terbilang cukup rumit. Lagu 'Lathi' ini sendiri terdiri atas sembilan puluh audio track. Semua audio itu sudah terdiri dari instrumen, melodi, beserta suara vocal. 

7. Pada drop dari lagu ini terdapat suara starter mobil

8 Fakta di Balik Pembuatan Lagu 'Lathi' yang Viral Saat IniInstagram/ekagustiwana

Pada drop dari lagu 'Lathi' ini terdapat suara yang unik. Eka Gustiwana menambahkan suara starter mobil yang direkam secara langsung oleh ia. Tetapi suara itu sedikit diubah dari aslinya agar tidak terlalu merusak musik dari 'Lathi' sendiri. 

8. Saat proses rekaman, Sara Fajira sangat menjiwai lagunya sehingga ia sempat menitihkan air mata 

8 Fakta di Balik Pembuatan Lagu 'Lathi' yang Viral Saat IniInstagram/sarafajira

Pada saat take vocal pertama lagu 'Lathi' ini, Sara Fajira terlihat masih belum menghayati lagunya. Setelah selesai take vocal pertama, Sara diajak oleh vocal director untuk konseling, Sara diharapkan mengeluarkan semua hal-hal yang menghambat pikirannya dan untuk take vocal  kedua berharap Sara dapat memasukkan sisi emosionalnya pada lagu 'Lathi' ini.

Hingga pada saat take vocal kedua, Sara Fajira mulai menghayati lagu tersebut dengan membayangkan ia berada di toxic relationship. Karena terlalu menghayati, Sara sempat menangis pada saat proses rekaman sehingga ada beberapa bagian yang harus dihapus dan direkam kembali. 

Itulah 8 fakta menarik dari lagu 'Lathi' karya Weird Genius ft. Sara Fajira. Fakta nomor berapa nih yang kamu kagumi dari pembuatan lagu 'Lathi' ini?

https://www.youtube.com/embed/8uy7G2JXVSA

Baca Juga: Selain Lathi, 5 Lagu Karya Weird Genius ini Wajib Masuk Playlist-mu

Ricky Alexander Lumban Tobing Photo Writer Ricky Alexander Lumban Tobing

Mencoba berkarya sendiri daripada hanya menikmati karya orang lain saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya