Comscore Tracker

Hidden Gem! 5 Manga Shounen yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui!

Ada yang berburu keabadian di pulau misterius?

Shounen sudah menjadi salah satu genre yang paling populer di kalangan para penggemar. Dari sekian banyak judul yang keluar setiap tahunnya, kadang terdapat beberapa manga dengan cerita yang menarik, tetapi tertutupi oleh manga yang sedang tinggi hype-nya.

Nah, bagi kamu yang kehabisan list manga shounen dan butuh bacaan baru, berikut rekomendasi manga hidden gem terbaik! Simak, ya!

1. Kaiju No. 8

Hidden Gem! 5 Manga Shounen yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui!Kaiju No. 8 (dok. Viz Media/Kaiju No. 8)

Kaiju no. 8 merupakan manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Naoya Matsumoto. Manga ini dipublikasikan sejak Juli 2020 di web Shonen Jump. Dapat dikatakan sukses besar, manga ini telah berhasil mengedarkan sekitar 550 ribu kopi di seluruh dunia, termasuk penjualan digitalnya, hanya dengan 23 chapters.

Hampir sama seperti manga shounen yang lain, manga ini juga mengambil tema perlawanan manusia melawan para monster yang ingin menghancurkan kota. Namun, ada yang unik dalam manga ini. Kalau biasanya sang tokoh utama merupakan anak muda yang memiliki semangat yang berapi api, sang tokoh utama dalam manga ini merupakan seorang om-om yang berumur 32 tahun yang sudah menyerah terhadap mimpinya menjadi pasukan pertahanan.

Kafka Hibino sang tokoh utama merupakan salah satu pekerja yang membersihkan sisa-sisa mayat monster hasil pertempuran pasukan pertahanan. Hari demi hari, dia menjalankan pekerjaannya dengan rasa menyesal karena tidak berhasil menjadi apa yang diimpikannya. Namun, secercah harapan untuk mengejar mimpinya kembali muncul setelah terjadi insiden yang tidak terduga.

Apakah setelah kejadian tersebut Kafka dapat berhasil dalam meraih impian yang sudah lama ditinggalkannya? Silakan kamu cek langsung di web MANGA plus maupun aplikasinya secara gratis!

2. Blue Lock

Hidden Gem! 5 Manga Shounen yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui!Blue lock tim Z (dok. Kodansha/Blue Lock)

Setelah kekalahan Jepang dalam ajang Piala Dunia, Asosiasi Sepak Bola Jepang memulai program untuk mencari bibit unggul untuk menghadapi piala dunia selanjutnya. Namun, program ini hanya difokuskan untuk mencari penyerang terbaik saja. Posisi lain seperti bek dan penjaga gawang tidak termasuk dalam program ini. Nama program mencari penyerang terbaik ini disebut dengan Blue Lock.

Dalam program ini, beratus-ratus peserta, termasuk Yoichi Asagi sang tokoh utama, harus menjalani pelatihan secara tertutup. Dalam pelatihan tersebut, mereka nantinya akan diseleksi kembali sampai tersisa satu orang peserta yang kelak akan dinyatakan sebagai penyerang terbaik di seluruh dunia. 

Yang membedakan manga ini dengan manga sport lain adalah dalam manga ini, keegoisan individu sangat dijunjung tinggi, bukan kerja sama tim yang biasanya dilakukan dalam permainan olahraga. Di sini, semakin egois, semakin kuat kamu menjadi penyerang! 

Bagi kamu yang sedang mencari manga sport dengan tema yang unik, Blue Lock dapat menjadi satu pilihan yang tepat untukmu!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kieta Hatsukoi, Drama Jepang Populer Adaptasi Manga

3. Mashle

Hidden Gem! 5 Manga Shounen yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui!Dari kiri, Whalberg, Mash, dan Lemon (dok. Viz Media/Mashle)

Mashle atau Magic and Muscle adalah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hajime Komoto. "Apabila One Punch Man dan Harry Potter bertemu" adalah kesan para penggemar yang sudah membacanya. 

Mashle bercerita tentang dunia dengan sihir yang menjadi segala-galanya. Jauh di dalam hutan, ada seorang anak laki laki yang tidak memiliki sihir, tapi mempunyai kekuatan yang sangat kuat karena latihan otot yang terus dijalaninya. Tentu ini membuat banyak orang terkejut. Pada akhirnya, kehidupan tenangnya mulai terganggu oleh orang-orang yang memburunya.

Manga ini cocok bagi kamu yang menyukai manga seperti One Punch Man. Ceritanya penuh komedi, tapi terdapat momen seriusnya juga. Pokoknya seru, deh!

4. Chainsaw Man

Hidden Gem! 5 Manga Shounen yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui!Denji dan Pochita (dok. Viz Media/Chainsaw Man)

Manga ini bercerita tentang seorang anak yang hidup di dunia dengan berbagai macam devil. Denji sang tokoh utama merupakan seorang anak yatim piatu yang tinggal di tempat yang kumuh. Ia pun dipaksa membayar utang yang ditinggalkan oleh ayahnya. Karena masa kecilnya jauh dari kenormalan, menjadi normal menjadi impian yang ia dambakan. Namun, semua mulai berubah ketika dia bertemu dengan salah satu devil.

Chainsaw man merupakan salah satu karya Tatsuki Fujimoto yang paling unik. Sang tokoh utama tidak memiliki keinginan yang mulia seperti kebanyakan tokoh utama shounen yang lain. Keinginan Denji hanyalah hidup seperti manusia biasa: makan dengan makanan yang layak atau tidur dengan kasur yang empuk.

Hal-hal sederhana seperti ini membuat perjalanan Denji menjadi sangat menarik. Perjuangannya dalam meraih tujuan, perkembangan karakternya, unsur komedi, dan interaksi yang terjadi benar-benar membuat para pembaca tidak bisa berhenti untuk membaca. Bagi yang suka adegan gore, manga ini wajib kamu baca!

5. Hell's Paradise

Hidden Gem! 5 Manga Shounen yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui!Sagiri dan Gabimaru (dok. Viz Media/Hell's Paradise)

Hell's Paradise ditulis dan diilustrasikan oleh Yuji Kaku. Dulu, ia pernah menjadi asisten dari Tatsuki Fujimoto. Manga ini telah dimuat sejak Januari 2018 di platform Shounen Jump dan telah selesai di chapter 127. Meskipun digadang-gadang sebagai salah satu dari dark trio bersama Jujutsu Kaisen dan Chainsaw Man, Hell's paradise lebih underrated.

Hell's Paradise bercerita tentang Gabimaru yang merupakan shinobi pembunuh yang paling ditakuti dan terkuat. Karena suatu alasan, Gabimaru berhasil ditangkap dan kemudian akan dieksekusi. Karena ingin bebas dari penjara dan melihat istrinya kembali, Gabimaru menerima tawaran yang diajukan oleh para algojo. Tawaran yang diberikan oleh para algojo tersebut adalah dia harus menemukan ramuan keabadian untuk kaisar dari pulau misterius. Setelah itu, mereka berjanji akan melepaskannya apabila dia berhasil.

Secara garis besar, manga ini merupakan salah satu yang terbaik dari manga new gen. Namun, perlu diperhatikan, manga ini mengandung beberapa konten gore, horror graphic, dan sedikit nudity. Jadi, bagi yang tidak cocok sama manga yang mengandung konten seperti ini, mungkin kamu bisa skip dulu manga yang satu ini.  

Nah, apakah ada salah satu dari lima rekomendasi manga di atas yang bakal kamu masukkan dalam daftar bacaanmu? Kalau bisa, baca semua aja, deh.

Baca Juga: [REVIEW] Fena: Pirate Princess—Petualangan Tuan Putri Mencari Eden

Ronggo Semedi Photo Writer Ronggo Semedi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya