Comscore Tracker

5 Rekomendasi Serial Netflix Bertema Kriminal dari Berbagai Negara 

Tidak kalah seru dengan serial dari Hollywood, lho

Menonton Netflix bisa jadi salah satu kegiatan paling ampuh untuk melepas penat. Namun, dengan banyaknya judul film maupun serial yang tersedia, tidak jarang kita bingung memilih tontonan yang tepat.

Beragam genre bisa kamu dapatkan dari serial di Netflix. Nah, untuk kamu penggemar tontonan bertema kriminal, namun ingin mencari jalan cerita yang unik, gak perlu khawatir.

Ada lima serial Netflix bertema kriminal dari berbagai negara yang bisa kamu tonton. Meski gak diproduksi atau dibintangi nama-nama besar Hollywood, serial ini juga tidak kalah menarik untuk diikuti. Selamat menyaksikan!

1. Giri/Haji (2019)

5 Rekomendasi Serial Netflix Bertema Kriminal dari Berbagai Negara Kenzo Mori dan Yuto Mori di serial TV Giri/Haji (Sister Pictures/Giri/Haji)

Serial Giri/Haji, atau yang diterjemahkan sebagai Duty/Shame dalam Bahasa Inggris, mengambil latar belakang di dua negara sekaligus, yakni Jepang dan Inggris. Terdiri dari 8 episode, serial ini menceritakan perjalanan Kenzo Mori, detektif asal Tokyo yang pergi ke London untuk mencari adiknya, Yuto Mori.

Yuto yang sebelumnya diduga telah meninggal, ternyata terlibat pertikaian dengan keluarga Yakuza di Tokyo dan melebar pada konflik kriminal di London. Tak hanya mengangkat cerita kriminal di dua negara, serial ini semakin menarik ditonton karena juga disisipi cerita tentang keluarga, eksplorasi diri, dan dunia LGBT.

Jumlah episode yang tidak terlalu banyak juga membuat serial ini cocok untuk kamu yang tidak suka tontonan berdurasi panjang. Sayangnya, BBC sebagai produser serial ini telah memastikan bahwa tidak akan ada musim kedua dari Giri/Haji.

2. The Valhalla Murders (2019)

5 Rekomendasi Serial Netflix Bertema Kriminal dari Berbagai Negara cuplikan serial TV The Valhalla Murders (dok. Truenorth Prodcution/The Valhalla Murders)

Untuk kamu penggemar cerita kriminal, The Valhalla Murders dengan genre nordic noir ini gak boleh dilewatkan. Genre nordic noir merupakan aliran cerita kriminal khas negara-negara Nordik, seperti Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia.

Berlatar di Islandia, The Valhalla Murders menceritakan kasus pembunuhan berantai. Tak disangka, penyelidikan yang dilakukan justru mengungkap kejadian mengerikan yang terjadi puluhan tahun sebelumnya di sebuah rumah asuh.

Menariknya, cerita ini terinspirasi dari kejadian serupa yang terjadi di Islandia sekitar 1940-an. Tak hanya jalan cerita, pemandangan khas negara Nordik yang diselimuti salju dan terkesan suram membuat serial ini semakin menegangkan untuk diikuti.

3. The Innocent (2021)

5 Rekomendasi Serial Netflix Bertema Kriminal dari Berbagai Negara cuplikan serial TV The Innocent (dok. Sospecha Films/The Innocent)

Meski diadaptasi dari novel karya penulis Amerika Serikat, Harlan Coben, The Innocent berlatarkan di Spanyol karena serial ini disutradarai oleh Oriol Paulo. Ia adalah seorang penulis naskah dan sutradara asal Spanyol yang dikenal karena karya filmnya ber-genre thriller. Bahkan karya-karyanya telah banyak di remake di negara lain.

Serial The Innocent mengisahkan sosok Mateo Vidal yang tidak sengaja terlibat perkelahian hingga membunuh seorang laki-laki. Setelah menjalani masa hukuman, Mateo berusaha untuk menata kembali hidupnya bersama sang istri hingga akhirnya suatu kejadian membawanya kembali ke masa lalunya yang kelam.

Satu demi satu misteri terungkap seiring berjalannya cerita akan membuat penonton semakin penasaran mengetahui akhirnya. Selesai menyaksikan The Innocent, kamu juga bisa menyaksikan karya Oriol Paulo lainnya yang tidak kalah menegangkan di Netflix, salah satunya adalah The Invisible Guest (2017).

Baca Juga: 10 Serial Bertema Distopia yang Bisa Ditonton di Netflix, Seru!

4. Signal (2016)

5 Rekomendasi Serial Netflix Bertema Kriminal dari Berbagai Negara cuplikan serial TV Signal (AStory/Signal)

Para penggemar KDrama sudah tidak asing lagi dengan Lee Je Hoon. Selain aktingnya yang memukau di serial Move to Heaven, sebelumnya Lee Je Hoon pernah membintangi serial beraliran thriller-fantasy berjudul Signal.

Berlatar di Korea Selatan, serial ini terinspirasi dari beberapa kasus kriminal nyata, khususnya kasus yang disebut cold case, seperti pembunuhan berantai Hwaseong. Pada serial ini, Lee Je Hoon berperan sebagai seorang criminal profiler bernama Park Hae Young yang berusaha memecahkan sebuah kasus penculikan.

Tak sendiri, Park Hae Young secara misterius terhubung dengan detektif yang ada di masa lalu melalui walkie talkie. Berawal dari satu kasus, akhirnya mereka bekerja sama memecahkan satu demi satu cold case yang terjadi meski terpisah dimensi waktu. Dinilai sukses, serial ini pun dibuat versi remake di Jepang dan Tiongkok.

5. Sacred Games (2018)

5 Rekomendasi Serial Netflix Bertema Kriminal dari Berbagai Negara cuplikan serial TV Sacred Games (Phantom Films/Sacred Games)

Jika biasanya India dikenal dengan drama Bollywood, di Netflix kamu bisa menemukan serial kriminal yang menarik untuk diikuti. Terdiri dari dua musim, Sacred Games diadaptasi novel berjudul sama karya Vikram Chandra.

Ternyata, serial ini mendapatkan respons baik secara internasional. Bahkan, serial ini masuk dalam daftar 30 Serial TV Internasional Terbaik Abad Ini versi The New York Times.

Sacred Games menceritakan Sartaj Singh, polisi di Mumbai, India, yang menerima telepon dari seorang kriminal yang menghilang belasan tahun. Telepon tersebut kemudian membawa Sartaj ke misi menyelamatkan Mumbai yang turut mengungkap banyak rahasia kelam dunia kriminal di India. Serial ini dijamin akan memberikan perspektif berbeda dari film-film India lain yang lebih dulu dikenal publik.

Kelima serial di Netflix dengan tema kriminal dari berbagai negara di atas bakal memukaumu. Tidak hanya jalan cerita yang menegangkan, kamu juga bisa menyaksikan keunikan latar belakang cerita dari tiap negara. Serial mana yang menarik untukmu?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film dan Serial Netflix tentang Psikopat, Ada YOU

Saraya Adzani Photo Writer Saraya Adzani

Formula 1 enthusiast. I write in my free time.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya