Comscore Tracker

10 Film Hollywood Ini Dinantikan Versi Director's Cut-nya oleh Fans

Kamu fans film yang mana, nih? #IDNTimesHype

Bagi orang awam, sutradara dianggap memegang kendali penuh terhadap film yang dibuatnya. Ternyata, hal itu tak sepenuhnya benar. Sebab, sebelum film tersebut dirilis, pihak studio melakukan penyuntingan agar film tersebut layak ditonton audience.

Hal tersebut tentunya mempengaruhi sukses atau tidaknya sebuah film. Ada yang sukses meraih box office, ada juga yang mendapat kritikan pedas dari kritikus. Menyusul kesuksesan Zack Snyder's Justice League kemarin, 10 film Hollywood ini dinantikan versi director's cut-nya oleh para fans. Apa saja? Simak di bawah.

1. Dune (1984)

https://www.youtube.com/embed/WHh8dzxTSNw

Dune dibuat oleh David Lynch, sineas yang ahli membuat film-film surreal seperti Blue Velvet dan Mullholland Drive. Bergenre fiksi ilmiah, film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Frank Herbert.

Tak hanya gagal secara box office, film ini juga mendapat respon negatif dari para kritikus. David Lynch menyatakan bahwa ada tekanan dari pihak produser yang menahan visi artistiknya. Ia bahkan menolak mengakui Dune sebagai karyanya.

2. The Breakfast Club (1985)

https://www.youtube.com/embed/BSXBvor47Zs

Film yang hits di kalangan remaja tahun 80-an ini menampilkan para aktor remaja yang pernah bersinar di era-nya yaitu Emilio Estevez, Anthony Michael Hall, Judd Nelson, Molly Ringwald, dan Ally Sheedy. Kabarnya, sebelum dilakukan pemotongan, film ini mempunyai durasi 2,5 jam.

Tentu saja hal ini membuat para fans penasaran. Sayangnya, pemilik sah dari versi director's cut-nya, John Hughes, sang sutradara, telah meninggal dunia pada 2009 silam.

3. Alien 3 (1992)

https://www.youtube.com/embed/KUTaNMJJBa8

David Fincher jarang membuat film berkualitas buruk. Sebab, dari 11 judul film yang ia pernah arahkan, hanya Alien 3 yang mendapatkan respon negatif dari para kritikus.

Setelah dirilis, David Fincher tak puas dengan hasil akhirnya dan tak mau mengakui film tersebut. Meskipun pada tahun 2003 silam versi assembly cut dari Alien 3 sempat dirilis, namun David Fincher mengaku tak tahu menahu tentang hal itu. Hal itu membuat para fans yakin, bahwa konsep asli dari Alien 3 masih ada.

4. Batman Forever (1995)

https://www.youtube.com/embed/ROLvjRB4E_Q

Kisah The Caped Crusader alias Batman, telah berkali-kali diangkat dalam film dan serial. Salah satunya adalah Batman Foverer arahan mendiang Joel Schumacher.

Meskipun sukses secara komersial, namun film tersebut mendapat respon negatif dari para kritikus. Penulis skenario Marc Bernardin mengungkapkan bahwa versi 170 menit dari Batman Forever itu ada. Pihak studio pun tak menyangkal tentang keberadaannya.

5. American History X (1998)

https://www.youtube.com/embed/XfQYHqsiN5g

Bergenre drama kriminal, film ini dibintangi oleh Edward Norton dan Edward Furlong sebagai sepasang saudara yang terlibat dalam gerakan neo-Nazi. Meskipun mendapat pujian dari para kritikus, versi asli dari film tersebut ternyata berdurasi 20 menit lebih pendek, lho!

Perihal hal tersebut, Toni Kaye, sang sutradara, sempat bersitegang dengan Edward Norton. Ia bahkan tak mau mengakui versi panjang American History X yang rilis di bioskop.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Film Kemarin Versi Director's Cut

6. The Thin Red Line (1998)

https://www.youtube.com/embed/mKl5_OxKBn8

Film ini menjadi penanda comeback-nya Terrence Malick di industri perfilman setelah 20 tahun absen sebagai sutradara. Bergenre epic war, film ini bertabur bintang terkenal seperti Sean Penn, George Clooney, hingga John Travolta.

Sukses secara komersial dan kritikal, kabarnya penampilan Bill Pullman, Mickey Rourke, dan Viggo Mortensen dihapus sepenuhnya dari film tersebut. Bahkan, peran yang dimainkan oleh John Travolta dan George Clooney dipotong hingga terkesan seperti cameo.

Menurut fans, akan sangat menyenangkan melihat mereka semua berada dalam satu film. Setuju?

7. The 13th Warrior (1999)

https://www.youtube.com/embed/Ui7GUCzlBTM

Disutradarai oleh John McTiernan, film ini adalah adaptasi novel berjudul Eaters of the Dead karya Michael Crichton yang juga bertindak sebagai produser. Sebelum rilis di bioskop, film tersebut mengalami pengeditan ulang setelah dilakukan screening test kepada beberapa penonton.

Michael Crichton mengambil alih dan menambahkan beberapa adegan. Bagaimana Hasilnya? Selain gagal box office, film ini juga mendapat respon negatif dari kritikus. Sampai saat ini, para fans yakin bahwa versi John McTiernan jauh lebih baik.

8. Terminator Salvation (2009)

https://www.youtube.com/embed/-Czz-TcWCkA

Sekuel Terminator 3: Rise of the Machines sekaligus prekuel The Terminator ini, memasang para bintang papan atas untuk bermain di dalamnya seperti Christian Bale dan Bryce Dallas Howard. Walaupun tak sampai gagal di box office, namun sang sutradara, McG, mengungkapkan kekecewaannya ketika versi yang dilihat oleh penonton bukan seperti yang ia pikirkan.

Tahun lalu, ia berkata bahwa versi director's cut miliknya mungkin akan menjawab pertanyaan para fans. Jadi bikin makin penasaran, kan?

9. The Sucide Squad (2016)

https://www.youtube.com/embed/zy6sy8bPOJA

Berisi geng supervillain dari komik DC seperti Harley Quinn (Margot Robbie), Joker (Jared Leto), hingga Deadshot (Will Smith), The Suicide Squad merupakan impian menjadi kenyataan bagi para penggemar komik DC. Meski sukses secara box office, film tersebut mendapat kritikan pedas baik dari kritikus maupun fans.

Semenjak Zack Snyder's Justice League dirilis, para fans pun heboh membuat gerakan #ReleaseTheAyerCut di media sosial. Sang sutradara, David Ayer, mengonfirmasi adanya versi director's cut dari The Suicide Squad melalui cuitan dalam akun Twitter pribadinya. Kamu nungguin juga, gak?

10. Star Wars: The Rise of the Skywalker (2019)

https://www.youtube.com/embed/8Qn_spdM5Zg

Sampai saat ini, fim ketiga dari trilogi sekuel Star Wars ini menempati urutan ke-33 dalam daftar film terlaris sepanjang masa. Semenjak filmnya dirilis, fans terpecah menjadi dua kubu.

Sama seperti fans The Suicide Squad, para fans Star Wars pun berkampanye untuk versi director's cut dari film ini. Pemeran Beaumont Kin (Dominic Monaghan) mengungkapkan bahwa ada adegan yang tak dimasukkan ke dalam versi teatrikalnya. Para fans menduga, adegan yang dimaksud adalah ketika Kylo Ren (Adam Driver) menyiksa Chewbacca dan ketika Finn (John Boyega) menggunakan The Force.

Tahun ini, ada film baru dari The Suicide Squad dan Dune yang akan dirilis. Apakah lebih baik? Mari kita tunggu sama-sama!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Film Kemarin Versi Director's Cut

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Wake up. Eat. Work. Movies. Sleep. Repeat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya