Comscore Tracker

5 Film Asia Favorit Quentin Tarantino, Wajib Masuk Watchlist!

Dari film Jackie Chan sampai Bong Joon Ho #IDNTimesHype

Siapa yang tak kenal Quentin Tarantino? Sineas yang terkenal dengan ciri khas alur cerita non-linier, humor gelap, dan adegan brutal yang stylish ini telah melahirkan beberapa karya masterpiece yang ikonik. Sebut saja Pulp Fiction, seri film Kill Bill, hingga yang terbaru Once Upon a Time in Hollywood.

Jika kalian suka dengan karya-karyanya, film-film yang menjadi favorit Quentin Tarantino selama ini wajib banget masuk watchlist-mu, lho! Tak hanya Hollywood, ternyata banyak juga film Asia yang menjadi favoritnya. Penasaran? Simak di bawah, yuk!

1. Police Story 3: Supercop (1992)

https://www.youtube.com/embed/L_Fa2C6egY8

Jika biasanya seri film Police Story diarahkan sendiri oleh sang bintang, Jackie Chan, maka kursi penyutradaraan film ketiganya ini diambil alih oleh Stanley Tong (Rumble in the Bronx). Masih memerankan karakter polisi kocak yang ahli bela diri bernama Kevin, Jackie Chan ditemani oleh Michelle Yeoh yang berperan sebagai Inspektur Jessica.

Misi mereka kali ini adalah menyusup ke organisasi Chaibat, gembong narkoba terbesar di Hong Kong. Masalah bertambah runyam ketika May (Maggie Chung), pacar Kevin, disandera oleh organisasi tersebut.

2. Audition (1999)

https://www.youtube.com/embed/EBQHp2__AVQ

Audition diarahkan oleh Takashi Miike yang piawai membuat penonton tak nyaman lewat film-filmnya seperti Ichi the Killer dan Visitor Q. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ryu Murakami. 

Audition sendiri menceritakan tentang Shigeharu Aoyama (Ryo Ishibashi), seorang duda yang bertemu dengan wanita bernama Asami (Eihi Shiina) lewat audisi palsu untuk mencari calon istri. Awalnya, semuanya berjalan sangat lancar. Hingga ia merasa ada sesuatu yang tak beres dengan wanita tersebut.

Selain menampilkan adegan gore yang brutal, film ini juga menjadi ajang Eihi Shiina memamerkan ketotalannya dalam berakting. Dijamin bikin gak bisa tidur!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Romcom Paling Hits di Era 2000-an, Masih Ingat? 

3. Battle Royale (2000)

https://www.youtube.com/embed/N0p1t-dC7Ko

Pernah menonton The Hunger Games? Kalian pasti familiar dengan tema yang diusung oleh film arahan Kinji Fukasaku ini. Film ini ditulis skenarionya oleh sang anak, Kenta Fukasaku, berdasarkan novel berjudul sama karya Koushun Takami.

Alurnya berfokus pada sekelompok murid SMP yang dipaksa bertarung hingga mati oleh pemerintah. Karena temanya tersebut, Battle Royale sempat menuai kontroversi, lho!

Toei Company menolak untuk mendistribusikan film ini ke negara manapun. Hingga pada tahun 2010 lalu, Anchor Bay Entertainment merilisnya dalam bentuk video. Tertarik menontonnya?

4. Memories of Murder (2003)

https://www.youtube.com/embed/0n_HQwQU8ls

Memories of Murder dibuat oleh Bong Joon Ho, sineas yang sukses membawa nama harum Korea Selatan di ajang perfilman bergengsi sekelas Oscar lewat karyanya berjudul Parasite. Dibintangi oleh sang aktor langganan, Song Kang Ho, film ini terinspirasi dari Hwaseong serial murders, kasus pembunuhan berantai pertama dalam sejarah Korea, yang terjadi antara tahun 1986 dan 1991 di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi.

Film ini berhasil menyabet beberapa penghargaan bergengsi di Korea Selatan. Seperti Best Screenplay dan Best Director di Busan Film Critics Awards untuk Bong Joon Ho. Gimana, kamu sudah nonton?

5. The Host (2006)

https://www.youtube.com/embed/1HRTy26s4hw

The Host menjadi film kedua dari Bong Joon Ho sekaligus film Asia terakhir yang menjadi favorit Quentin Tarantino dalam daftar ini. Jika dalam Memories of Murder Bong Joon Ho terinspirasi dari kasus pembunuhan berantai pertama di Korea, maka The Host terinspirasi dari insiden pembuangan formaldehida oleh petugas Korea yang bekerja untuk militer AS di Seoul.

Kali ini, Song Kang Ho berperan sebagai seorang ayah yang berusaha menyelamatkan putrinya dari monster misterius yang muncul dari Sungai Han. Bagi kalian yang suka film monster dengan cita rasa drama Korea yang kuat, The Host sangat recommended banget buat ditonton.

 

Itulah 5 film Asia favorit Quentin Tarantino yang wajib kalian tonton. Dari deretan film Asia yang menjadi favoritnya di atas, adakah yang menjadi favoritmu? Komen di bawah, ya!

Baca Juga: Masterpiece, 9 Film Karya Quentin Tarantino Ini Gak Boleh Dilewatkan!

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Wake up. Eat. Work. Movies. Sleep. Repeat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya