Comscore Tracker

13 Rekomendasi Film Horor dan Thriller Bertema Musikal

Bikin ikutan nyanyi sekaligus tegang!

Baru-baru ini, publik dibuat terperangah oleh pengumuman Warner Bros terkait penggarapan sekuel dari Joker (2019), yakni Joker: Folie à Deux. Seakan belum tuntas, para sinefil kembali dibikin heboh soal rencana Todd Phillips, selaku sutradara, menjadikan sekuel tersebut sebuah musikal.

"PLEASE, YES!," tulis salah satu penggemar di laman media sosial The Hollywood Reporter. Namun, ada juga fans yang kontra dengan keputusan tersebut dengan menuliskan, "Please, don't be a musical."

Sebenarnya, ini bukanlah pertama kalinya bagi Hollywood mencampurkan genre musikal ke dalam sebuah film horor maupun thriller. Sebelum Joker: Folie à Deux, diketahui ada belasan film horor dan thriller yang berani bereksperimen dengan genre tersebut, lho.

1. Dikenal sebagai sineas spesialis thriller, Brian de Palma ternyata pernah garap horor musikal berjudul Phantom of the Paradise (1974). Sudah tahu?

https://youtube.com/embed/T9yof8cwli4

2. The Rocky Horror Picture Show (1975) tampilkan Tim Curry dan Susan Sarandon sebagai pemeran utama. Film yang sangat ikonik pada zamannya, nih

https://youtube.com/embed/4plqh6obZW4

3. Kisahkan tanaman karnivora pemakan manusia, semua lagu dalam Little Shop of Horrors (1986) digarap oleh Alan Menken, komposer Beauty and The Beast (1991)

https://youtube.com/embed/QqFZuR6UzjA

4. The Phantom of the Opera (2004) berhasil sabet tiga nominasi di Academy Awards ke-77. Bertabur bintang, ada Gerard Butler hingga Patrick Wilson

https://youtube.com/embed/oJOIhEdakkA

5. Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007) hadirkan Johnny Depp sebagai tukang cukur pembunuh. Chemistry-nya dengan Helena Bonham Carter juara!

https://youtube.com/embed/s_OJ8zBPqRM

6. Diadaptasi dari musikal panggung, Repo! The Genetic Opera (2008) diisi oleh deretan soundtrack cadas, salah satunya yakni At the Opera Tonight

https://youtube.com/embed/bj1-ZcKqH34

7. Don't Go in the Woods (2010) ikuti sekelompok musisi yang kemah di dalam hutan untuk cari inspirasi. Namun, suasana berubah jadi horor ketika ada yang terbunuh

https://youtube.com/embed/djLBZDaYnc0

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film India Thriller, Bergidik Ngeri!

8. Sukses lewat Repo! The Genetic Opera, Darren Lynn Bousman kembali telurkan horor musikal berjudul The Devil's Carnival (2012). Soundtrack-nya gak kalah kece!

https://youtube.com/embed/WlR3Y79HZpc

9. Suka film slasher bertema summer camp? Kamu wajib saksikan Stage Fright (2014) yang gaet penyanyi legendaris Meat Loaf sebagai salah satu pemainnya

https://youtube.com/embed/CmzxIBTPfJA

10. Raih skor sebesar 89 persen di Rotten Tomatoes, The Lure (2015) merupakan versi horor dari The Little Mermaid. Yakin, berani nonton?

https://youtube.com/embed/WgWe9QVqrl0

11. Tema kiamat zombie juga bisa kawin sama genre musikal, lho. Gak percaya? Anna and the Apocalypse (2017) ini buktinya!

https://www.youtube.com/embed/dfWIfwKJ7vA

12. Dibintangi oleh Donald Glover, Letitia Wright, dan Rihanna, Guava Island (2019) tak hanya menegangkan, tetapi juga sajikan misteri yang menarik

https://www.youtube.com/embed/Of3U-TX9MmQ

13. Baru-baru ini, berembus kabar kalau sekuel Joker, yakni Joker: Folie à Deux (TBA), bakal berformat musikal. Lady Gaga jadi kandidat pemeran Harley Quinn?

13 Rekomendasi Film Horor dan Thriller Bertema MusikalLady Gaga dan Joaquin Phoenix dalam film Joker (instagram.com/ladygaga | dok. Warner Bros. Pictures/Joker)

Dengan hasil yang tak mengecewakan, deretan film di atas berhasil membuktikan kalau musikal juga bisa serasi dengan horor dan thriller. Sebagai pencinta film, kamu sendiri setuju, gak, kalau Joker: Folie à Deux disajikan secara musikal? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: Sudah Tahu? 5 Film Horor Pertama di Dunia, Kiblat Film Horor Saat Ini 

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Movies and series enthusiast. Feel free to read my reviews on Insta @satriaphile90 or Letterboxd @satriaphile. Have a wonderful day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya