Comscore Tracker

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do Revenge

Dibintangi Mia Wasikowska hingga Maya Hawke

Pernah mendengar istilah hitchcockian? Dalam dunia perfilman, istilah tersebut digunakan untuk menyebut film-film yang mempunyai gaya dan tema yang serupa dengan karya-karya klasik Alfred Hitchcock.

Ya, meski telah lama tiada, sineas yang dijuluki Master of Suspense tersebut tetap menjadi teladan bagi para sutradara Hollywood dalam membuat film yang bermutu. Oleh karena itu, tak heran jika plot, karakter, hingga latar dalam film-film buatan Hitchcock selalu dijadikan sumber inspirasi.

Pastinya kamu penasaran, dong, apa saja, sih, film-film hitchcockian tersebut? Jangan khawatir, sepuluh film yang terinspirasi dari karya Alfred Hitchcock di bawah ini bisa banget dijadikan referensi tontonan. Penuh plot twist menggigit!

1. Dalam What Lies Beneath (2000), nama karakter Norman (Harrison Ford) diambil dari antagonis di Psycho (1960), Norman Bates. Ada yang nyadar?

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeHarrison Ford dan Michelle Pfeiffer dalam film What Lies Beneath (dok. 20th Century Fox/What Lies Beneath)

2. David Fincher menyebut jika Panic Room (2002) terinspirasi dari sejumlah film klasik, salah satunya Rear Window (1954) karya Alfred Hitchcock

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeKristen Stewart dan Jodie Foster dalam film Panic Room (dok. Columbia Pictures/Panic Room)

3. Disturbia (2007) juga memakai Rear Window sebagai sumber inspirasi, lho. Tertarik menonton ulang film yang dibintangi Shia LaBeouf ini?

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeShia LaBeouf dan Sarah Roemer dalam film Disturbia (dok. DreamWorks Pictures/Disturbia)

4. Selain plot twist yang dahsyat, Shutter Island (2010) dapat pujian kritikus atas tema dan visual yang mengingatkan pada karya-karya Hitchcock

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeBen Kingsley, Mark Ruffalo, dan Leonardo DiCaprio dalam film Shutter Island (dok. Phoenix Pictures/Shutter Island)

5. Nasib protagonis di Source Code (2011) serupa dengan karakter di The Wrong Man (1956) dan North by Northwest (1959), lho

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeJake Gyllenhaal dalam film Source Code (dok. Summit Entertainment/Source Code)

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Karya Wes Anderson dengan Visual Estetis

6. Layaknya film-film Hitchcock, Side Effects (2013) dipenuhi dengan sejumlah karakter yang bersifat ambigu. Plot twist-nya berlapis!

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeRooney Mara dalam film Side Effects (dok. FilmNation Entertainment/Side Effects)

7. Kecintaan Park Chan Wook pada Alfred Hitchcock dapat disimak di Stoker (2013), film debut Hollywoodnya yang dibintangi Nicole Kidman

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeMatthew Goode dan Mia Wasikowska dalam film Stoker (dok. Scott Free Productions/Stoker)

8. Psycho jadi acuan Fede Álvarez untuk mengembangkan karakter Rocky (Jane Levy) dalam Don't Breathe (2016). Dilema moralnya ngena!

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeJane Levy dalam film Don't Breathe (dok. Screen Gems/Don't Breathe)

9. A Simple Favor (2018) campurkan ketegangan ala Hitchcock dengan komedi menggelitik. Salah satu karya Paul Feig yang gak boleh dilewatkan, nih

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeAnna Kendrick dan Blake Lively dalam film A Simple Favor (dok. Bron Creative/A Simple Favor)

10. Dibintangi Camila Mendes dan Maya Hawke, Do Revenge (2022) meminjam plot dari Strangers on a Train (1951). Bisa ditonton di Netflix, lho

10 Film yang Terinspirasi dari Karya Alfred Hitchcock, Ada Do RevengeMaya Hawke dan Camila Mendes dalam film Do Revenge (dok. Likely Story/Do Revenge)

Meski terinspirasi dari karya Alfred Hitchcock, sepuluh film di atas tetap terasa orisinal berkat sentuhan khas dari para sutradaranya. Gimana, setelah menyimak rekomendasi di atas, kamu jadi pengin nonton semua filmnya atau malah tertarik binge watch semua karya klasik Hitchcock, nih?

Baca Juga: 7 Film Kriminal Korea dengan Plot Twist Berlapis, Bikin Bergidik

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Movies and series enthusiast. Feel free to read my reviews on Insta @satriaphile90 or Letterboxd @satriaphile. Have a wonderful day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya