Comscore Tracker

5 Film Terbaru yang Menggunakan Single-Shot Selain 1917!

Sudah pernah nonton 1917?

Film pemenang banyak penghargaan, 1917 dipuji oleh banyak kalangan. Para penonton terkagum-kagum melihat pergerakan kamera yang single-shot berkelanjutan tanpa putus. Sebenarnya film 1917 bukanlah yang pertama menggunakan metode ini. Berikut ini 5 film terbaru yang menggunakan single-shot selain 1917.

1. Timecode (2000)

https://www.youtube.com/embed/NZBMN_DkLk0

Timecode merupakan film eksperimental yang ditulis dan disutradarai oleh Mike Figgis. Film ini memakai banyak aktor termasuk Salma Hayek, Stellan Skarsgard, Jeanne Tripplehorn, Suzy Nakamura, dan lain-lain. Ada empat kameramen yang mengambil gambar secara berkelanjutan dalam 93 menit. Kisahnya sendiri bertempat di perusahaan produksi film.

2. Russian Ark (2002)

https://www.youtube.com/embed/ZV1kphEEXn8

Russian Ark disutradarai oleh Alexander Sokurov. Dalam film ini dikisahkan seorang narator yang menunjukkan bahwa ia meninggal karena suatu insiden dan menjadi hantu yang mendiami Winter Palace di Saint Petersburg. Ia bertemu dengan berbagai orang baik fiksi maupun nyata dari beragam zaman.

3. Silent House (2012)

https://www.youtube.com/embed/VD88EFBFuos

Silent House merupakan film horor psikologi yang disutradarai oleh Chris Kentis dan Laura Lau. Dibintangi oleh Elizabeth Olsen, film ini berkisah tentang seorang wanita muda yang diteror saat berada di rumah liburan milik keluarganya. Film ini merupakan remake dari film Uruguay berjudul La casa muda.

Baca Juga: 5 Film Unik yang Mengisahkan Seluk-beluk Pembuatan Film

4. Birdman (2014)

https://www.youtube.com/embed/uJfLoE6hanc

Birdman (The Unexpected Virtue of Ignorance) disutradarai oleh Alejandro G. Iñárritu dan dibintangi Michael Keaton. Berkisah tentang seorang aktor Hollywood yang dikenal karena berperan sebagai superhero “Birdman”. Film yang direkam secara single-shot ini memenangkan Academy Award untuk sinematografi terbaik.

5. Blind Spot (2018)

https://www.youtube.com/embed/pv2p5HFq-mE

Film asal Norwegia, Blind Spot atau Blindsone disutradarai dan ditulis oleh Tuva Novotny. Ini merupakan salah satu dari tiga film Norwegia yang masuk dalam Best Foreign Language Film pada 91st Academy Awards. Direkam dalam one-shot, Blind Spot menceritakan tentang seorang ibu yang berjuang dalam merawat anaknya yang menderita gangguan mental.

Selain film-film tersebut, ada beberapa film lain yang juga direkam dengan metode yang sama. Tentu saja perlu ada persiapan yang matang dari segi setting tempat ataupun pemain sehingga bisa direkam sekali secara berkelanjutan.

Baca Juga: 7 Film Omnibus Indonesia yang Harus Kamu Tonton, Unik dan Menarik

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya