Comscore Tracker

5 Film Unik yang Mengisahkan Seluk-beluk Pembuatan Film

Cerita di balik layar sebuah film

Hollywood senang menampilkan dapurnya di depan kamera. Kisah yang mengangkat tema proses pembuatan film membuat sutradara bisa membuat lelucon tentang betapa anehnya pekerjaan mereka, sisi gelap ambisi, dan cerita tentang sebuah era. Berikut lima film terbaik yang menampilkan beragam sisi proses pembuatan film.

1. The Disaster Artist (2017)

https://www.youtube.com/embed/rir1WzZqwxE

Berkisah tentang Tommy Wiseau, seorang aktor ambisius yang menghadapi beragam penolakan dan akhirnya memutuskan untuk menyutradarai sebuah film berjudul The Room. Namun, kegagalan proses kreativitas justru menghasilkan satu film yang dianggap terburuk sepanjang masa.

2. Saving Mr. Banks (2013)

https://www.youtube.com/embed/a5kYmrjongg

Menceritakan kisah Pamela Travers, seorang penulis asal London yang mengarang Mary Poppins dan sedang kesulitan finansial. Dia diundang ke Los Angeles oleh Walt Disney  yang tertarik untuk mengadaptasi Mary Poppins menjadi film. Tapi sayang metode yang dipakai Disney tidak cocok dengan selera Travers.

3. Hitchcock (2012)

https://www.youtube.com/embed/SMrKtVZtrP4

Untuk meredam rumor tentang keputusannya pensiun, sutradara Alfred Hitchcock dan istrinya Alma memutuskan untuk membuat sebuah film berdasarkan novel horror berjudul Psycho, yang kelak dikenal sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Namun banyak masalah muncul, Alma sangat jengkel pada Hitchcock dan keluar dari proses pembuatan Psycho dan mengerjakan proyek lain.

Baca Juga: 6 Film Bollywood Ini Kisahkan Perjuangan Cinta yang Ditentang Keluarga

4. Tropic Thunder (2008)

https://www.youtube.com/embed/9Pl4JNnqNaE

Kisah tentang sekelompok aktor yang sedang syuting sebuah film perang berbujet besar. Mereka berperan jadi tentara AS yang dikirim ke Vietnam. Namun kejadian tak terduga muncul, mereka diserang sekelompok warga lokal kartel obat-obatan terlarang karena kesalahpahaman identitas dan dianggap sebagai ancaman.

5. Shadow of the Vampire (2000)

https://www.youtube.com/embed/_B15iesNMa8

Cerita tentang sutradara Jerman F.W Murnau yang membawa kru ke sebuah lokasi di Eropa Timur untuk syuting film Nosferatu, sebuah film horror yang mengadaptasi novel Dracula karya Bram Stoker.

Murnau membiarkan kru buta tentang film yang mereka kerjakan dan dia merekrut aktor misterius yang akan berperan sebagai vampir Count Orlok, yakni aktor teater Jerman tidak terkenal bernama Max Schreck.

Dengan alasan agar dapat mendalami peran vampir sepenuhnya, Max hanya diizinkan muncul di lokasi syuting dalam riasan vampir supaya tidak merusak karakternya.

Itulah lima film terbaik tentang pembuatan film. Apakah kamu sudah nonton salah satu atau bahkan semuanya?

Baca Juga: 6 Film Adaptasi Anime Terburuk yang Pernah Dibuat oleh Hollywood

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya