Comscore Tracker

7 Film Terbaik yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa Ini Wajib Kamu Tonton

Supaya lebih peduli dengan mental illness juga

Institusi mental dapat menjadi latar yang bagus untuk film-film naratif. Namun masih banyak yang berpikir bahwa lembaga psikiatris bisa menimbulkan sebagian besar kemarahan, kecemasan, dan ketakutan. Bukan cara yang sepenuhnya adil untuk melihat institusi seperti itu, dengan stigma yang mengelilingi mereka, karena ada juga tradisi panjang tentang ketidakadilan di tempat-tempat ini.

Paparan penting itu menarik audien ke pasien di institusi klinis yang terpinggirkan. Film nonfiksi seperti ini memiliki banyak hal yang bisa dikritisi, seperti mengungkap pelanggaran kebebasan sipil. Namun tidak semua film berlatar instusi soaial lekat dengan genre horor dan thriller, tetapi ada juga romansa yang bisa menimbulkan tawa juga. Dari sekian banyak film yang menyangkut mental illness, berikut 7 film terbaik yang berlatar di institusi mental.

1. Stoker

7 Film Terbaik yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa Ini Wajib Kamu Tontonnpr.org

Pembuat film asal Korea Selatan Park Chan-wook (Oldboy, The Handmaiden) melakukan debut film berbahasa Inggrisnya dengan Stoker. Penuh dengan segala macam simbolisme dan referensi sastra, film teka-teki yang menggairahkan ini dibuat sebagai penghormatan kepada Shadow of a Doubt karya Alfred Hitchcock, dengan tambahan dongeng gothic serta plot keluarga.

Menceritakan tentang Stoker India (Mia Wasikowska) yang terguncang setelah ayah tercintanya Richard (Dermot Mulroney) meninggal dalam kecelakaan mobil. Kekesalan emosional India bertambah saat ibunya menjadi tidak stabil Evelyn (Nicole Kidman), dan kedatangan/kembalinya Paman Charlie (Matthew Goode) yang tiba-tiba, yang bahkan tidak dia ketahui ada.

India segera mencurigai Charlie memiliki beberapa motif tersembunyi di benaknya, dan menyimpan rahasia di sebuah institusi. Sepanjang film ini, cerita tidak sepenuhnya terlepas dari sebuah institusi, dan hal itu menjadi inti dari misteri dalam film ini.

2. Stonehearst Asylum

7 Film Terbaik yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa Ini Wajib Kamu Tontonempireonline.com

Didasarkan pada cerita pendek oleh Edgar Allan Poe, Stonehearst Asylum adalah film yang berlatar pada pergantian abad ke-20. Bercerita tentang Edward Newgate (Jim Sturgess), seorang dokter yang kuliah di Universitas Oxford dan tertarik dengan seorang gadis muda bernama Eliza Graves (Kate Beckinsale) dalam sebuah demonstrasi langsung tentang efek kegilaan.

Penasaran tentang keadaan wanita cantik itu, Edward melakukan perjalanan dari Oxford ke Stonehearst Asylum yang terpencil, tempat Eliza ditahan, berharap untuk belajar di bawah pengawasnya, Dr. Silas Lamb (Ben Kingsley) yang bermuka masam tapi sangat cerdas. Newgate kemudian mengetahui bahwa Eliza lebih waras daripada sebagian besar penghuni fasilitas, dan dia mulai jatuh cinta padanya.

Namun, tidak semua hal seperti yang terlihat. Edward segera mencurigai Dr. Lamb dan operasinya. Ketika dia menemukan suatu ruangan di bawah tanah, dia menyadari bahwa dia dalam bahaya yang sangat besar.

3. One Flew Over The Cuckoo's Nest

7 Film Terbaik yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa Ini Wajib Kamu Tontonintofilm.org

Film klasik tahun 1975 karya Milos Forman memberikan Jack Nicholson Oscar pertamanya untuk penampilannya yang luar biasa sebagai RP McMurphy, seorang penjahat yang berhasil memohon kegilaan pada persidangan kriminal terbarunya untuk menghindari penjara dan berakhir di rumah sakit jiwa.

Menyaksikan pelecehan dan penindasan yang terjadi pada pasien-pasien di fasilitas itu, McMurphy mengumpulkan rekan-rekannya untuk memberontak melawan staf dan mengambil kembali martabat mereka. Dengan penggambaran kehidupan yang brilian dan mengharukan di dalam bangsal psikiatris, One Flew Over The Cuckoo's Nest dianggap sebagai salah satu film klasik terbaik sepanjang masa.

Baca Juga: Kreatif, 5 Film Sedikit Pemeran Ini Sukses Mencuri Perhatian Penonton!

4. Shutter Island

7 Film Terbaik yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa Ini Wajib Kamu Tontoncsmonitor.com

Film thriller Martin Scorsese ini berdasarkan novel Dennis Lehane dengan nama yang sama, yang dibintangi Leonardo Di Caprio, Mark Ruffalo, dan Ben Kingsley. Bercerita tentang marshall federal Teddy Daniels, yang dipanggil untuk menyelidiki Rumah Sakit Ashecliffe, sebuah fasilitas yang menampung para penjahat gila di sebuah pulau di pelabuhan Boston.

Masalah bermula saat salah satu pasiennya, Rachel Solando, hilang dan meninggalkan satu-satunya petunjuk dalam bentuk catatan rahasia. Ketika Daniels meminta untuk melihat file dokter dan ditolak aksesnya, ia mulai mencurigai adanya konspirasi di antara staf rumah sakit yang melibatkan beberapa orang petinggi institusi.

Tak lama kemudian dia mulai tidak mempercayai semua orang, termasuk partner barunya, ingatannya dan bahkan kewarasannya sendiri. Penuh liku-liku, Shutter Island akan membuat kamu terus menebak-nebak sampai adegan terakhir.

5. Girl, Interrupted

7 Film Terbaik yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa Ini Wajib Kamu Tontonglamour.pl

Film ini memenangkan Angelina Jolie sebuah Oscar untuk peran pendukungnya sebagai Lisa. Selain Jolie, Girl, Interrupted juga dibintangi oleh Winona Ryder sebagai Susanna, seorang wanita muda yang ditempatkan di Rumah Sakit Claymore karena berupaya melakukan bunuh diri, meskipun Susanna menyangkal ini.

Dia berteman dengan Lisa, seorang narapidana yang sering membuat masalah, dan staf melihatnya sebagai pengaruh buruk pada gadis-gadis lain di dalam fasilitas. Gadis-gadis itu kemudian membuat rencana untuk mencuri catatan medis rahasia mereka dan melarikan diri dari Claymore untuk selamanya. Film yang disutradai oleh James Mangold ini penuh dengan pertunjukan hebat, dan tetap menjadi salah satu kisah kehidupan paling menakjubkan di rumah sakit jiwa.

6. Awakenings

7 Film Terbaik yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa Ini Wajib Kamu Tontonacinemanias.com

Dibintangi oleh Robert De Niro dan Robin Williams, film ini didasarkan pada memoar nyata milik dokter Oliver Sacks, tentang eksperimennya pada akhir 1960-an dengan obat L-Dopa yang menyebabkan terobosan dalam perawatan jangka panjang. Subjek ujiannya, Leonard Lowe (De Niro), merasa dirinya sepenuhnya terbangun dari kondisi katatoniknya untuk pertama kalinya dalam hampir 30 tahun.

Namun, mereka segera menemukan bahwa efek obat hanya sementara, tidak peduli berapa banyak dosis ditingkatkan. Awakenings adalah film yang benar-benar memilukan dengan pertunjukan luar biasa dari Williams dan De Niro. Walaupun bukan film bergenre romansa, kamu harus menyiapkan sekotak tisu untuk film yang satu ini.

7. It's Kind of a Funny Story

7 Film Terbaik yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa Ini Wajib Kamu Tontonplaybuzz.com

It's Kind of a Funny Story adalah film komedi romantis yang dibintangi Keir Gilchrist, Zach Galifianakis, Emma Roberts, dan Viola Davis. Film ini diadaptasi dari buku novel dengan judul yang sama karya Ned Vizzini ini sudah terbit tahun 2006. Film ini mengisahkan remaja 16 tahun bernama Craig Gilner yang gagal bunuh diri, namun ia malah lari ke sebuah rumah sakit dan menjalani psikoterapi dari Dr. Mahmoud dan menemukan teman, cinta, serta pengalaman hidup di tempat tersebut.

Nah itu tadi 7 film terbaik yang berlatar di institusi mental. Tertarik untuk menontonnya?

Baca Juga: 5 Film Romantis Komedi Ashton Kutcher yang Dijamin Bikin Baper

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I always tell the truth, even when I lie." For further reading: trakteer.id/shandy-pradana, qureta.com/next/profile/Shandy_Pradana49003 and jurnalshandy.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya