Comscore Tracker

7 Lagu Terkenal yang Di-Cover oleh Musisi Rock, Ada Favoritmu?

Gak kalah keren dari versi aslinya! #IDNTimesHype

Puluhan lagu cover telah membanjiri stasiun radio setiap tahunnya. Terkadang, para musisi menyanyikan lagu cover dengan harapan untuk menghidupkan kembali popularitas mereka atau sebagai penghormatan kepada penyanyi aslinya yang sudah meninggal. Dari sekian banyak cover, versi rock dari lagu-lagu terkenal sangatlah populer di dunia permusikan.

Artikel ini akan membahas beberapa lagu terbaik yang di-cover oleh para musisi rock. Berikut daftarnya!

1. I Heard It Through The Grapevine - Creedence Clearwater Revival 

https://www.youtube.com/embed/wCCfc2vAuDU

Lagu I Heard It Through The Grapevine ditulis pada tahun 1966 dan pertama kali dirilis pada tahun 1967. Ketika Marvin Gaye merekam dan merilisnya sebagai single pada tahun 1968, lagu ini menduduki puncak tangga lagu Amerika selama tujuh minggu.

Versi Gaye akhirnya masuk dalam "The 500 Greatest Songs of All Time" versi majalah Rolling Stone dan telah di-cover oleh beberapa musisi berbeda setelahnya. Salah satunya adalah band rock asal Amerika, Creedence Clearwater Revival. Pada tahun 1970, CCR meng-cover lagu ini selama 11 menit dan memasukkannya ke dalam album mereka, Cosmo Factory.

2. (Oh) Pretty Woman - Van Halen 

https://www.youtube.com/embed/FWQRDI7mTyw

Pada tahun 1982, Van Halen memutuskan untuk meng-cover lagu Roy Orbison, (Oh) Pretty Woman, sambil mengerjakan album terbaru mereka. Tak hanya itu, band ini juga merekam video klip yang cukup aneh untuk lagu tersebut, yang awalnya enggan ditayangkan oleh MTV.

Namun, lagu cover ini menjadi hit besar dan label rekaman band meminta mereka untuk merilis album baru secepatnya. Hasilnya adalah album Diver Down yang berisi campuran dari beberapa lagu cover, termasuk lagu ini, dan lagu original mereka.

3. The Man Who Sold The World - Nirvana 

https://www.youtube.com/embed/fregObNcHC8

Diciptakan oleh David Bowie, disempurnakan oleh Kurt Cobain. Itulah kalimat singkat untuk menggambarkan lagu cover ini. Seperti yang telah diketahui, Bowie adalah salah satu musisi paling berpengaruh di abad ke-20. Dia dikenal karena bakat musik dan ekspresi dirinya yang ditampilkan dalam berbagai alter egonya, seperti "Ziggy Stardust."

Sedangkan Cobain adalah pentolan band grunge yang tenar di tahun 90-an, Nirvana, di mana musik mereka juga sangat memengaruhi musik modern. Pada tahun 1993, Nirvana meng-cover lagu ini selama penampilan mereka di acara MTV Unplugged.

4. Stand By Me - U2 ft. Bruce Springsteen 

https://www.youtube.com/embed/qHNbvIplvVQ

Ben E. King menulis Stand By Me dan pertama kali membawakannya pada tahun 1961. Lagu ini langsung menjadi instant classic dan digunakan sebagai soundtrack film di tahun 1986 dengan judul yang sama. Selama bertahun-tahun, lebih dari 400 artis telah meng-cover lagu ini, termasuk John Lennon, Tracy Chapman, Tina Turner dan Meat Loaf.

Pada tahun 1987, tepatnya saat melakukan tur di Amerika, bahu vokalis U2, Bono, terkilir sehingga tidak bisa bermain gitar. Menjelang akhir penampilan mereka di JFK Stadium, Philadelphia, pada 25 September 1987, Bono bertanya kepada para penonton, "Apakah Bruce Springsteen ingin memainkan gitar untuk saya?"

Ketika Springsteen muncul, para penonton yang ada saat itu menjadi liar. Terlebih lagi ketika Bono dan Springsteen meng-cover Stand By Me di atas panggung tersebut.

5. I Feel Love - Red Hot Chilli Peppers 

https://www.youtube.com/embed/lVXN4g4r8zk

Bisa dibilang kalau lagu ini, yang dinyanyikan oleh Donna Summer, menjadi salah satu rekaman paling berpengaruh yang pernah dibuat dan sangat populer selama era disko di tahun 80-an. Lagu ini telah memengaruhi musisi-musisi hebat seperti David Bowie dan Blondie, dan telah di-cover oleh banyak musisi hebat, salah satunya adalah Sam Smith.

Pada tahun 2004, Red Hot Chilli Peppers meng-cover lagu ini. Uniknya, yang menyanyikan lagu ini bukanlah sang vokalis utama, Anthony Kiedis, melaikan gitaris mereka, John Frusciante, yang memakai teknik falsetto yang luar biasa di dalamnya.

Baca Juga: 10 Quotes Bintang Rock Dunia yang Bikin Kamu Lebih Tangguh

6. Rolling In The Deep - Linkin Park 

https://www.youtube.com/embed/dHtwZ07N1ic

Hybrid Theory adalah salah satu album terpopuler di dunia, sekaligus menjadi awal dari kesuksesan Linkin Park di dunia musik pada tahun 2000-an. Untuk album-album berikutnya, Chester Bennington dan rekan-rekannya lebih bereksperimen dengan musik pop, elektronik dan heavy rock yang semakin mengukuhkan kesuksesan mereka.

Namun, hati para penggemar (dan kita semua) harus hancur pada tahun 2017 ketika mendengar kabar kalau Bennington mengambil nyawanya sendiri dan membuat band ini hiatus untuk sementara waktu.

Selama masa jayanya, Linkin Park sempat menghibur para penggemar di Festival iTunes 2011. Pada saat itu, mereka meng-cover lagu Adele, Rolling In The Deep. Vokal Chester Bennington sangat sempurna, yang ditambah dengan permainan keyboard yang luar biasa dari Mike Shinoda. Video di atas sendiri telah ditonton sebanyak 48 juta kali di YouTube.

7. Nothing Compares 2 U - Chris Cornell 

https://www.youtube.com/embed/IuUDRU9-HRk

Chris Cornell adalah vokalis dan gitaris Soundgarden dan Audioslave. Kemampuan vokalnya sangat luar biasa karena ia memiliki rentang vokal hampir empat oktaf. Namun sayangnya, Cornell bunuh diri pada 18 Mei 2017. Dia dan Bennington adalah teman dekat, di mana Bennington menyanyikan lagu Hallelujah pasa saat pemakamannya.

Bennington sendiri bunuh diri dua bulan kemudian pada hari ulang tahun Cornell, 20 Juli 2017. Namun sebelum kematian tragisnya, Cornell telah memberikan dunia banyak pertunjukan yang tak terlupakan, beberapa di antaranya termasuk cover dari lagu-lagu terkenal seperti A Day in the Life karya The Beatles dan Billie Jean karya Michael Jackson.

Pada tahun 2015, Cornell menyanyikan cover dari Nothing Compares 2 U versi Prince selama pertunjukan live di SiriusXM.

Nah, itu tadi 7 lagu populer yang di-cover oleh musisi rock terkenal. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk memasukkan semuanya ke dalam daftar putar kalian?

Baca Juga: 5 Penyanyi Korea yang Pernah Cover BLACKPINK 'Lovesick Girls', Daebak!

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya