Comscore Tracker

8 Lagu Cinta Ini Sebenarnya Tidak Bercerita Tentang Cinta Lho!

Jangan sampai salah kasih kode cinta ke doi

Setiap orang pasti memiliki lagu favorit mereka, baik lagu yang membuat mereka tersenyum atau bernostalgia dengan hal-hal yang telah dilalui. Begitu juga bagi sebagian pasangan, terutama yang sedang dimabuk asmara, ketika lagu cinta menjadi sarana untuk menyampaikan perasaan mereka. Tetapi tidak semua lagu cinta menceritakan masalah cinta, karena beberapa lagu yang tampaknya tentang cinta pada awalnya ditulis tentang sesuatu yang lain.

Kamu pasti tidak ingin momen khusus dengan pasangan hancur karena tidak tahu arti lagu "cinta" yang sebenarnya. Oleh karena itu, mari periksa ulang semua lagu di daftar putarmu, dan cari makna tersembunyinya. Berikut delapan lagu cinta yang tidak menceritakan tentang cinta.

1. Got to Get You Into My Life - The Beatles

https://www.youtube.com/embed/bxhhFOnXs2M

Tampaknya Got to Get You Into My Life adalah sebuah lagu cinta tentang keinginan untuk bersama seseorang. Bahkan John Lennon berpikir ini adalah karya terbaik McCartney. Kenyataannya, lagu cinta ini menceritakan tentang pemakaian ganja. Tentu saja banyak lagu Beatles yang berkaitan dengan drugs, tapi yang satu ini sepertinya cukup polos, dan lagipula dipakai sebagai soundtrack dalam film The Minions.

Tidak ada referensi drugs yang jelas dalam lagu ini, yang ada hanyalah seorang lelaki yang sangat mencintai seseorang. Paul McCartney kemudian menjelaskan hal ini dalam bukunya, Many Years From Now, bahwa lagu ini bukan tentang orang tertentu, tetapi keinginannya untuk merokok.

2. Slide - Goo Goo Dolls

https://www.youtube.com/embed/yP4qdefD2To

Lagu cinta klasik tahun 90an ini memang terdengar tentang merawat seorang kekasih yang sedang mengalami masa-masa sulit. Namun makna sebenarnya dari Slide adalah aborsi. Ya, aborsi.

Johnny Rzeznik, vokalis Goo Goo Dolls, mengatakan "Lagu ini sebenarnya menceritakan tentang dua anak remaja, sang gadis hamil, dan mereka mencoba memutuskan apakah dia harus melakukan aborsi, atau mereka harus menikah, atau apapun yang harus dilakukan." Jadi, jangan berdansa dengan lagu ini di pernikahanmu nanti ya.

3. There She Goes - The La's

https://www.youtube.com/embed/CZXLLMbJdZ4

Dari liriknya, terlihat seperti seorang pria yang tergila-gila dengan seorang wanita yang tidak bisa ia lepaskan dari kepalanya. Lalu, tentang apa lagu ini sebenarnya? Heroin. Terlihat dari liriknya, "There she goes again/Racing through my brain" dan "There she goes again/Pulsing through my veins."

Vokalis dan penulis lagu La's, Lee Mavers, telah lama menjadi sosok misterius dan belum mengomentari arti lagu tersebut. Banyak yang bilang lagu ini terinspirasi dari There She Goes Again milik Velvet Underground walau tidak ada bukti definitif yang mendukungnya.

4. More Than Words - Extreme

https://www.youtube.com/embed/UrIiLvg58SY

Ditulis oleh Gary Cherone dan gitaris Nuno Bettencourt, lagu ini seperti seorang pria yang mencintai seorang gadis dan tahu dia juga mencintainya, tetapi dia ingin sang kekasih menunjukkannya lebih dari sekadar mengatakan "I love you." Namun satu hal yang pasti, lagu ini sebenarnya merujuk ke tahapan percintaan selanjutnya: seks.

Balada yang lembut, dihiasi dengan harmoni Everly Brothers yang indah, sebenarnya adalah desingan agresif pasif oleh seseorang yang sedang "ingin" tetapi gagal. Lirik seperti "Saying I love you is not the words I want to hear from you" dan "More than words is all I ever needed you to show" sudah menjadi bukti yang cukup jelas, kan?

Baca Juga: Kelewat Enak, 5 Grup Musik Korea Ini Lagunya Wajib Masuk Playlistmu!

5. Marry You - Bruno Mars

https://www.youtube.com/embed/Ykgxgmd0moM

Beberapa lagu hit tidak memiliki makna yang sangat tersembunyi, tetapi tetap saja dapat membuat orang yang mendengarnya salah paham. Lagu cinta dari Bruno Mars ini adalah salah satunya. Dalam lagu ini, sang pria sebenarnya hanya merasa bosan, dia tidak benar-benar ingin menikah. Dia sedang mabuk, dan bagaimana pun akan senang jika pernikahan itu tetap terjadi. Sayangnya, lagu ini tetap menjadi lagu yang banyak diminta di acara pernikahan yang sebenarnya.

6. Every Breath You Take - The Police

https://www.youtube.com/embed/OMOGaugKpzs

Sempat menjadi lagu wajib dalam acara penikahan, lagu ini sebenarnya memiliki cerita yang cukup suram. Jika kamu perhatikan liriknya lebih dalam, lagu ini sebenarnya menceritakan tentang seorang stalker yang sangat tergila-gila terhadap seorang wanita, hingga tiap langkah yang dibuat si wanita pun akan diperhatikan oleh sang stalker. Bahkan sang penyanyi, Sting, menyebut lagu ini "sangat seram" dan "jelek".

7. I Will Always Love You - Dolly Parton

https://www.youtube.com/embed/aDqqm_gTPjc

Dolly Parton menulis I Will Always Love You sebagai persembahan damai untuk Porter Wagoner, pasangan duet dan pria yang telah membimbing dan membantunya membangun kariernya. Meninggalkan Wagoner tidaklah mudah, namun Parton harus tetap pergi dengan caranya sendiri.

Pada tahun 1973, Parton menjelaskan mengapa dia menulis lagu ini. "Saya menulis lagu itu untuk mengatakan, 'Begini perasaan saya. Saya akan selalu mencintaimu, tetapi saya harus pergi.'" Lagu ini menjadi hit saat dinyanyikan ulang oleh Whitney Houston sebagai soundtrack film The Bodyguard.

8. Kiss From A Rose - Seal

https://www.youtube.com/embed/AMD2TwRvuoU

Lupakan lirik-lirik tentang "ciuman" dan "mawar." Lagu ini hanyalah obsesi, tentang sensasi yang bersilangan antara kesenangan dan rasa sakit. Kiss from a Rose bukanlah lagu tentang cinta yang gelap (karena dipakai sebagai soundtrack film Batman Forever). Seal sendiri tidak pernah menjelaskan tentang lagu tersebut, dan hanya memberi petunjuk bahwa ada "semacam hubungan yang menginspirasi lirik lagu itu."

Nah itu tadi delapan lagu cinta yang tidak menceritakan tentang cinta. Sekarang kamu sudah tahu kan makna sebenarnya dari lagu-lagu di atas. Ada lagu lain yang seharusnya masuk ke dalam daftar ini?

Baca Juga: 8 Lagu Rock Ini Terinspirasi Dari Kejadian Nyata yang Mengerikan

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You