Comscore Tracker

Sebelumnya Dilarang, 5 Film Horor Ini Akhirnya Dapat Izin Tayang 

Tapi dengan sensor yang cukup banyak #IDNTimesHype

Film horor yang identik dengan suasana seram dan mengerikan memang menjadi daya jual utama untuk bikin penonton ikut merasakan adrenalinnya. Namun, beberapa film horor memang sarat akan adegan menjijikkan yang kadang bikin mual.

Seperti 5 film horor Hollywood di bawah ini yang akhirnya boleh tayang setelah sebelumnya dilarang karena mengandung konten menjijikkan.

1. A Serbian Film tahun 2010 

https://www.youtube.com/embed/ddwrbcMmzlc

Pemerkosaan, pembunuhan bayi yang baru lahir, seks dengan mayat dan pelecehan seksual dengan anak sendiri membuat A Serbian Film menjadi film paling ekstrem yang pernah dibuat. Itu juga yang menyebabkannya dilarang tayang di berbagai negara termasuk Singapura dan Korea Selatan. Namun, setelah dipotong 49 scene, A Serbian Film akhirnya boleh tayang di Inggris dan berbagai negara lainnya.

2. The Texas Chainsaw Massacre tahun 1974 

https://www.youtube.com/embed/Ju_7DwlRO8Y

Bercerita tentang keluarga kanibal bertopeng kulit yang banyak memakan korban, The Texas Chainsaw Massacre dilarang tayang karena mengandung adegan sadis yang mengerikan. Film ini sempat tayang sebentar di Inggris namun akhirnya dilarang sampai akhir tahun 1990an. Bahkan, film besutan sutradara Tobe Hooper ini baru menayangkan versi uncutnya pada tahun 2001.

3. Possession tahun 1981 

https://www.youtube.com/embed/hPMFz2R25EQ

Film horor psikologi Possession mendapat julukan film menjijikan karena mengandung banyak adegan kekerasan sadis yang bikin bergidik. Karena adegan itulah, Possession dilarang tayang di berbagai negara seperti Amerika dan Inggris. Film ini baru diperbolehkan tayang belasan tahun kemudian tepatnya tahun 1999 namun tetap gak boleh tayang di bioskop.

Baca Juga: Dianggap Bawa Kutukan, 5 Film Horor Ini Tewaskan Aktor dan Kru 

4. Cannibal Holocaust tahun 1980 

https://www.youtube.com/embed/cZ-Xp6VC7RQ

Film Italia yang disutradarai oleh Ruggero Deodato ini bercerita tentang pembuatan film dokumenter suku kanibal yang ada di pedalaman hutan. Mengambil adegan pembunuhan hewan yang benar-benar nyata, Cannibal Holocaust dilarang tayang di 50 negara di antaranya Amerika, Inggris, Australia, Norwegia, Finlandia dan masih banyak lagi.

Setelah lima tahun perilisannya, akhirnya film ini diperbolehkan tayang di Amerika, Inggris, dan Australia dengan melewati proses sensor dan pemotongan beberapa menit dari film.

5. The Exorcist tahun 1973 

https://www.youtube.com/embed/a8g3h2JaVE4

Merupakan salah satu film horor terpopuler dan terkenal sepanjang masa, kengerian film The Exorcist memang terasa sangat nyata. Film yang mengisahkan tentang ritual pengusiran setan yang terjadi pada seorang gadis ini dilarang tayang oleh British Board of Film Classification selama lebih dari satu dekade. Akhirnya, film yang berhasil meraih Oscar ini boleh tayang pertama kali di televisi Inggris pada tahun 2001 yakni hampir 30 tahun dari pertama kali perilisannya.

Itu dia tadi daftar film horor Hollywood yang sempat dilarang tayang dan akhirnya boleh rilis dengan berbagai syarat dan sensor. Kamu sudah pernah nonton yang mana aja nih?

Baca Juga: Tegang Abis, Ini 15 Rekomendasi Film Horor Korea

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya