Comscore Tracker

6 Film Ini Menggambarkan Kegilaan Suporter Sepak Bola

Gambaran "gilanya" suporter garis keras sebuah klub

Suporter adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari sepak bola, tanpa mereka sebuah pertandingan akan terasa hambar. Mereka tak ubahnya pemain ke dua belas sebuah klub. Karena itu keberadaan mereka sangatlah vital.

Kecintaan mereka terhadap klub terkadang diekspresikan secara berlebihan dan menimbulkan gesekan dengan suporter lain. Berikut beberapa film yang menggambarkan dengan baik ulah para suporter itu.

1. Green Street Hooligans (2005)

6 Film Ini Menggambarkan Kegilaan Suporter Sepak Bolasiff.bg

Kalau mau lihat si Frodo Baggins jadi suporter bola tonton aja film ini. Di sini Frodo (Elijah Wood) berperan sebagai Matt Buckner, mahasiswa Amerika yang baru saja di drop out dari Harvard, kemudian dia pergi ke London dan bergabung dalam barisan suporter garis keras West Ham.

Setelah itu kegilaan ala hooligans pun dimulai. Perkelahian, aksi kejar-kejaran, dan saling maki antar suporter pun tak terhindarkan.

2. I.D (1995)

6 Film Ini Menggambarkan Kegilaan Suporter Sepak Bolaimdb.com

Untuk mengetahui siapa otak di balik kerusuhan yang banyak terjadi, empat orang polisi harus membaur dengan suporter klub bernama Shadwell Town. Mereka menyamar menjadi suporter klub itu hingga salah seorang dari mereka lupa pada misi yang tengah dijalankan. Polisi tersebut malah menjelma menjadi hooligans sejati. Nah lho!

3. The Football Factory (2004)

6 Film Ini Menggambarkan Kegilaan Suporter Sepak Bolaimdb.com

Suporter Chelsea wajib nonton nih. Film yang diadaptasi dari novel John King ini menuturkan tentang suporter Chelsea yang menamakan kelompoknya Chelsea Headhunters. Selain sibuk mendukung tim kesayangannya, kelompok itu juga sibuk melakukan berbagai kegilaan lainnya seperti berkelahi, mabuk-mabukan, dan aksi brutal lainnya.

Baca Juga: Review Film Searching, Cermin Kehidupan Sosial Masa Kini

4. Ultra (1991)

6 Film Ini Menggambarkan Kegilaan Suporter Sepak Bolaciakmagazine.it

Bercerita tentang mantan ketua suporter klub AS Roma bernama Principe yang baru saja keluar dari penjara. Ia harus menerima kenyataan pahit karena kepemimpinan suporter telah diambil alih oleh Red, sahabatnya sendiri.

Tak hanya itu, Red juga berselingkuh dengan kekasihnya. Hal ini membuat pergolakan besar di dalam kelompok suporter itu. Sampai akhirnya salah seorang anggota mereka meninggal setelah bentrok dengan suporter tim lain dan perseteruan mereka pun makin memanas.

5. Cass (2008)

6 Film Ini Menggambarkan Kegilaan Suporter Sepak Bolarottentomatoes.com

Cass Pennant seorang hooligan berkulit hitam yang mengalami banyak perlakuan rasis dari lingkungannya yang mayoritas berkulit putih. Cass yang kemudian bergabung dalam ICF kelompok suporter West Ham United dan banyak terlibat dalam bentrokan dengan suporter klub lain. Film ini merupakan kisah nyata dari pria keturunan Jamaica tersebut.

6. Romeo Juliet (2009)

6 Film Ini Menggambarkan Kegilaan Suporter Sepak Bolapunyaucup.wordpress.com

Kisah perseteruan antara suporter dua klub besar Pesib dan Persija. Salah seorang suporter Persija bernama Rangga justru jatuh cinta pada Desi, salah satu suporter Persib yang ternyata adalah adik dari ketua suporter Persib. Ia melakukan apa saja untuk menemui Desi, meski nyawa taruhannya.

Nah itu tadi beberapa film yang mewakili aksi berlebihan para suporter sepakbola. Jangan ditiru ya soal rusuh-rusuhnya. Kita ambil aja pelajaran tentang loyalitasnya.

Baca Juga: Begini Cara Persib Hormati Mendiang Haringga

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya