Comscore Tracker

Begini Cara Persib Hormati Mendiang Haringga

Tak ada kemenangan yang sebanding dengan nyawa

Jakarta, IDN Times - Meninggalnya suporter Persija, Haringga Sirla menyisakan duka mendalam. Tak hanya bagi keluarga, Jakmania, dan Persija saja, Persib pun juga merasakan kesedihan yang sama.

Peristiwa mengerikan ini mengingatkan lagi dengan kutipan yang pernah diutarakan striker Persija, Bambang Pamungkas. Setiap ada nyawa suporter sepakbola Indonesia yang melayang, lelaki yang identik dengan nomor 20 itu selalu mengingatkan bahwa tak ada kemenangan yang sebanding dengan nyawa.

Lalu, apa saja yang dilakukan Maung Bandung untuk mengenang Haringga?

1. Media sosial serba hitam, tabur bunga, dan pita hitam tanda berduka

Begini Cara Persib Hormati Mendiang HaringgaInstagram/@nahrawi_imam

Setelah peristiwa mencekam itu, akun Instagram resmi Persib sudah mengunggah lima foto dan satu video. Tak seperti biasanya, enam materi yang diunggah bernuansa hitam putih. Caption yang digunakan pun menunjukan sedihnya jawara Liga Super Indonesia 2014 itu.

Selain itu, para pemain dan tim pelatih Persib juga mengikat pita hitam di masing-masing lengan saat menjalani latihan, Selasa (25/9). Setelah latihan, Atep Rizal dkk juga mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) di gerbang biru Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Di sana mereka menaburkan bunga dan mendoakan mendiang Haringga. Melansir laman resmi Persib, Supardi Nasir pun terlihat menahan air matanya.

2. Umuh Muchtar doakan almarhum Haringga

Begini Cara Persib Hormati Mendiang HaringgaInstagram.com/@hilmiazis02_

Manajer Persib, Umuh Muchtar pada saat itu juga menyampaikan rasa duka citanya atas peritiwa mengerikan tersebut. Dirinya berharap keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran atas tragedi yang terjadi.

"Saya sangat menyesalkan ini, sangat berduka, ya. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dari Allah SWT. Saya sangat merasakan kesedihan yang mereka alami," ujar Umuh seperti dilansir laman resmi Persib.

Baca Juga: Cerita Sang Kakak Soal Haringga, Suporter Persija yang Tewas Dikeroyok

3. Semua perlu introspeksi

Begini Cara Persib Hormati Mendiang Haringga(Tersangka pengeroyok suporter persija di Polrestabes Bandung) ANTARA FOTO/Prabu Kencana

Semuanya telah terjadi, hanya sesal yang menghampiri. Tubuh Haringga telah bersemayam di Jatibarang, Jawa Barat. Sebagian pelakunya pun telah ditangkap kepolisian.

Tak perlu saling menyalahkan maupun membela diri, saatnya kita semua introspeksi agar ini tak lagi terjadi.

Baca Juga: Sahabat Kenang Haringga: Kita Tidak Bisa Bercanda Lagi

Topic:

  • Gregorius Aryodamar P
  • Dwifantya Aquina
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya